Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        'Saya Tidak Memerintahkan Anda untuk Menyerang, Saya Memerintahkan Anda untuk Mati!'

        'Saya Tidak Memerintahkan Anda untuk Menyerang, Saya Memerintahkan Anda untuk Mati!' Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Turki memperingati 82 tahun kematian Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki sekaligus pemimpin perang kemerdekaan. Pada pukul 09.05 pagi waktu setempat, sirine akan berbunyi untuk menandai momen tepat Ataturk menghembuskan nafas terakhirnya di usia 57 tahun.

        Warga Turki akan mengheningkan cipta selama dua menit untuk menghormati dan mengenang jasa sang bapak bangsa. Ataturk lahir pada 1881 di kota Thessaloniki, Yunani, yang saat itu merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman.

        Pendidikan militernya dimulai pada 1893 ketika dia terdaftar di sekolah militer di Thessaloniki. Selain keterampilan militer, Ataturk juga belajar bahasa Prancis.

        Ia melanjutkan pendidikannya di Sekolah Militer Istanbul dan kemudian lulus sebagai letnan pada 1902. Dengan keterampilannya yang luar biasa, Ataturk dengan cepat naik pangkat militer, menjadi kapten staf pada 1905.

        Tahun 1911 adalah momen paling bersejarah dalam hidup Ataturk, saat ia melawan Italia di Tripoli dan membawa kemenangan yang menentukan, membuktikan keahliannya di bidang militer. Dia menarik perhatian bawahannya dengan jasanya yang luar biasa setelah dimulainya Perang Balkan pada 1912.

        Sebagai seorang mayor, dia memainkan peran penting dalam merebut kembali provinsi Dimetoka dan Edirne. Pada 1914, ketika Ataturk menjadi atase militer di Sophia, Perang Dunia I dimulai dan aliansi mengerahkan tentara di semenanjung Gallipoli dan pertempuran Dardanella (Canakkale) dimulai. Dalam surat kepada Penjabat Komandan Kepala Enver Pasha, Ataturk meminta untuk berada di lapangan, menangguhkan tugasnya di Sophia.

        Tentara Ataturk dan Turki membuat sejarah dengan menunjukkan perlawanan yang luar biasa. Perintah Ataturk kepada tentaranya di perang masih bergema di hati semua orang Turki.

        Mengenal Pendiri Bangsa Turki Mustafa Kemal Ataturk

        "Saya tidak memerintahkan Anda untuk menyerang, saya memerintahkan Anda untuk mati!" ujarnya.

        Prestasinya terus bersinar selama pengabdiannya di provinsi Edirne barat laut dan provinsi Diyarbakir tenggara pada 1916, mendapatkan gelar jenderal utama pada tahun yang sama. Dia bertempur melawan tentara Inggris di Damaskus pada 1918, dan memimpin perlawanan yang berhasil melawannya.

        Setelah pendudukan Istanbul oleh sekutu pada 1919, Ataturk pergi ke provinsi Samsun utara sebagai inspektur tentara ke-9, yang mengubah hidupnya sepenuhnya, dan membentuk Turki. Dia mengorganisir dua kongres, di provinsi Sivas dan Erzurum, di mana pertempuran kemerdekaan dan masa depan negara dibahas.

        Pada 23 April 1920, Majelis Agung Nasional Turki berdiri, dan Ataturk terpilih sebagai kepala pemerintahan dan ketua parlemen, yang memungkinkannya untuk mengadopsi undang-undang yang penting untuk mengalahkan pasukan pendudukan. Pertempuran kemerdekaan Turki dimulai pada 15 Mei 1919 ketika peluru pertama terhadap pasukan Yunani ditembakkan oleh Hasan Tahsin, seorang jurnalis Turki yang menjadi martir tak lama setelah tindakannya.

        Tentara Turki, di bawah kepemimpinan Ataturk, memenangkan pertempuran yang luar biasa melawan pasukan penjajah. Perang termasuk Pertempuran Inonu pertama dan kedua, Sakarya, Serangan Hebat hingga 1923 ketika Perjanjian Lausanne ditandatangani pada 24 Juli.

        Prestasi luar biasa di medan perang membuahkan kemerdekaan bagi Turki, dan Republik Turki didirikan pada 29 Oktober 1923. Ataturk menjadi presiden pertama republik itu hingga 10 November 1938 ketika dia meninggal dunia di Istanbul pada usia 57 tahun karena penyakit sirosis. Sebagai tradisi, orang Turki mengunjungi makamnya di Ankara setiap 10 November dan memberi penghormatan kepada Ataturk.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: