Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Diskon?

        Apa Itu Diskon? Kredit Foto: Antara/Raisan Al Farisi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Diskon adalah potongan harga yang diberikan oleh penjual agar pembeli tertarik untuk membeli produk yang didiskon tersebut. Adapun diskon yang diberikan oleh penjual juga beragam macamnya mengikuti situasi yang sedang terjadi.

        Diskon juga berarti pengurangan harga produk atau layanan dari harga biasa. Diskon akan dilakukan dengan pengurangan harga sebab penjual memotong diskon dari harga kotor atau total. Sehingga, pembeli seharusnya membayar dengan harga bersih yang sudah dipotong tersebut.

        Baca Juga: Apa Itu Disinvestasi?

        Keuntungan Diskon

        Adanya diskon dapat membawa keuntungan sendiri pada suatu bisnis. Keuntungan itu adalah sebagai berikut:

        1. Menarik Pelanggan

        Diskon akan menarik lebih banyak pelanggan. Hal ini karena orang-orang cenderung akan melihat-lihat sehingga dapat menarik mereka untuk bertanya kepada karyawan atau langsung membelinya.

        2. Mengosongkan Penyimpanan Produk

        Barang-barang yang belum terjual biasanya disimpan di ruang penyimpanan. Dengan adanya diskon, maka penyimpanan dapat lebih luas hal itu karena produk yang didiskon dapat disimpan ke depan toko untuk pajangan. Dengan demikian, ruang penyimpanan akan kosong dari produk tersebut. Terlebih, apabila produk itu sudah tak akan lagi dijual.

        3. Meningkatkan Reputasi

        Bisnis yang menawarkan diskon maka akan meningkatkan reputasi. Hal ini karena bisnis tersebut menolong orang-orang yang tengah sulit keuangannya sehingga dapat membeli hal yang mereka inginkan atau bahkan mereka butuhkan.

        Dengan memberikan diskon pada kalangan masyarakat tersebut menunjukkan bahwa bisnis itu berupaya membantu orang.

        4. Meningkatkan Penjualan

        Kehadiran diskon akan menarik lebih banyak orang, sehingga toko akan memiliki lebih banyak pembeli potensial. Hal ini juga akan menyebabkan orang melihat-lihat produk sebelum melakukan pembelian sehingga mendorong peningkatan penjualan.

        5. Mencapai Target Penjualan

        Dalam setiap bisnis biasanya memiliki target penjualan, baik harian, mingguan, bulanan, trimester, semester hingga tahunan. Maka, menawarkan diskon dapat membantu bisnis dalam mencapai bahkan melampaui target penjualan yang direncanakan karena akan lebih banyak menarik pelanggan.

        Di saat sudah paham keuntungan dari diskon untuk suatu bisnis, maka harus paham juga jenis-jenis diskon agar tidak salah paham. Berikut ulasannya!

        1. Discount up to ...%

        Discount up to sekian persen memiliki arti bahwa diskon yang akan didapatkan pelanggan 'bisa' mencapai angka tersebut, semisal 70%. Namun pada kenyataan, bisa saja ada potongan harga yang tidak sampai angka segitu. Bisa jadi diskon yang diberikan hanya sampai 10%, 20%, 30%, dan lainnya hingga di bawah nilai 70%.

        Pelanggan bisa saja mendapatkan produk dengan diskon 70% tetapi biasanya jarang, sekalipun dapat produk tersebut biasanya produk lama yang harus segera terjual.

        2. Buy One Get One

        Buy One Get One berarti membeli satu barang dan mendapatkan satu barang lainnya. Namun, sayangnya, biasanya produk tersebut mahal sehingga untuk menarik pelanggan membelinya, harus disisipi marketing Buy One Get One.

        Selain itu, biasanya juga promo ini diberlakukan ketika suatu bisnis ingin menghabiskan suatu produk. Dengan beli satu gratis satu, maka setiap pembeli akan keluar toko dengan 2 barang sehingga produk tersebut akan lebih cepat habis.

        3. Voucher Belanja

        Voucher belanja biasanya memiliki batas waktu kadaluarsa. Karena itulah biasanya pelanggan seakan 'dipaksa' untuk membeli sesuatu karena kehadiran voucher belanja ini.

        4. Diskon di waktu tertentu

        Diskon di waktu tertentu hanya akan membuat banyak orang saling sikut demi mendapatkan barang yang diinginkan. Biasanya, produk yang akan didiskon juga terbatas demi mencapai target penjualan.

        Begitulah berbagai macam diskon dengan keuntungan diskon itu sendiri. Meski demikian, pelanggan juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan di balik diskon ini. Jadi, win win solution tetapi tetap harus berhati-hati jangan sampai kalap ya!

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: