Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Intip 5 Fitur DANA yang Paling Diminati

        Intip 5 Fitur DANA yang Paling Diminati Kredit Foto: DANA
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pemanfaatan teknologi digital di Indonesia tengah menjamur seiring dengan berlangsungnya pandemi Covid-19. Tren ini juga berimbas pada meningkatnya transaksi digital yang umumnya juga memanfaatkan dompet digital sebagai metode pembayarannya.

        Dalam proyeksinya, Bank Indonesia (BI) memperkirakan transaksi e-commerce pada 2002 mencapai Rp253 triliun dan mencapai Rp337 triliun pada 2021. Sementara transaksi uang elektronik diperkirakan mencapai Rp201 triliun di 2020 dan melonjak hingga Rp266 triliun pada 2021.

        Vice President Corporate Communications DANA, Steve Saerang mengatakan bahwa DANA sebagai salah satu dompet digital di Indonesia, menyediakan infrastruktur pembayaran yang memungkinkan masyarakat Indonesia melakukan pembayaran dan transaksi secara nontunai dan nonkartu.

        Baca Juga: Kabar Gembira, OJK Buka Kembali Perizinan Layanan Urun Dana

        "Sepanjang 2020, DANA meluncurkan sejumlah fitur maupun beragam inisiatif untuk bisa membantu dan menjadi solusi bagi masyarakat di masa pandemi maupun menghadapi tantangan ke depan serta ikut mendorong perekonomian nasional," kata Steve dalam webinar online, Jumat (4/12/2020).

        Steve mencatat, ada lima fitur DANA yang paling diminati masyarakat. Antara lain, QRIS Payment, Online Merchants, Send Money, Biller (Listrik, Air, BPJS, dan lain-lain), dan DANA Bisnis.

        Dalam masa pandemi ini, DANA juga menghadirkan sejumlah fitur untuk mendukung program pemerintah menangani pandemi Covid-19.

        1. Siap Siaga Covid-19

        Merupakan miniprogram dalam aplikasi dompet digital DANA yang memungkinkan pengguna DANA bisa memeroleh beragam informasi edukatif terkait Covid-19, melakukan diagnosis kesehatan secara mandiri, hingga melakukan donasi digital guna membantu penyediaan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan serta pembiayaan pengobatan masyarakat yang terdampak Covid-19.

        2. Fitur Pendataan Warung

        Fitur ini ada dalam miniprogram Siap Siaga Covid-19 dan merupakan dukungan terhadap kampanye #BelanjadiWarungTetangga yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM. Pengguna DANA dapat mendaftarkan warung-warung di sekitar tempat tinggalnya yang mengalami kesulitan, misalnya penurunan omzet, akibat pandemi. Warung-warung yang terdaftar kemudian akan diverifikasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM untuk selanjutnya mendapatkan bantuan.

        3. Aksi kemanusiaan #TempatSinggah

        PejuangMedisDANA bersama Kitabisa.com dan BenihBaik.com membantu penggalangan donasi untuk program penyediaan tempat singgah bagi tenaga kesehatan yang bertugas memerangi Covid-19 yang diinisiasi oleh Habitat for Humanity.

        4. Miniservice Warung Pangan

        DANA bersinergi dengan PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics menghadirkan layanan yang memudahkan masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga yang normal dan terjangkau sekaligus membantu UMKM.

        5. DANA Delivery

        DANA berkolaborasi dengan agregator logistik Shipper menghadirkan fitur yang akan memudahkan masyarakat maupun UMKM melakukan pengiriman barang.

        6. Mitra Kartu Prakerja

        DANA dipercaya menjadi salah satu platform digital untuk menyalurkan dana insentif Program Kartu Prakerja.

        7. DANA Bisnis

        DANA secara aktif mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat digitalisasi UMKM. Sepanjang 2020, DANA telah melakukan sejumlah roadshow ke Banyuwangi, Lombok dan Minahasa Utara untuk membantu UMKM terhubung dengan ekosistem digital dengan memanfaatkan fitur DANA Bisnis. Hingga saat ini, sudah 200.000 UMKM yang menjadi pengguna DANA Bisnis.

        8. Program 11.11 #SemingguJadiSultan

        DANA ikut mendukung program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dengan menggelar program #SemingguJadiSultan untuk mendorong perekonomian nasional yang terdampak Covid-19.

        9. Dukungan terhadap UMKM dan Produk Dalam Negeri

        DANA bekerja sama dengan Lazada mendukung kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi pemerintah untuk membantu UMKM dengan menggelar promo menarik bagi pengguna yang membeli produk-produk UMKM.

        Baca Juga: BNI Syariah Gandeng PT Digital UMKM Indonesia Bidik Pembiayaan Mikro Rp1 Miliar

        Selain itu, DANA juga bersinergi dengan Visa dan Bukalapak melakukan kampanye mendukung UMKM dengan memberikan penawaran baik bagi UMKM maupun pengguna yang membeli produk-produk UMKM.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Mochamad Rizky Fauzan
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: