Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jembatan Gantung di Jawa Barat Dongkrak Perekonomian Warga Terpencil

        Jembatan Gantung di Jawa Barat Dongkrak Perekonomian Warga Terpencil Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Garut -

        Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bersama Yayasan Budha Tzu Chi membangun jembatan gantung "Simpai Asih" guna meningkatkan perekonomian warga di desa terpencil. 

        Semula jembatan yang menghubungkan dua desa yakni desa Depok dan Paas Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini ambruk akibat terjangan banjir pada Oktober 2020 lalu

        Baca Juga: Risma Effect, Kolong Jembatan Usai Didatangi Berubah Drastis

        Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan keberadaan jembatan Gantung tersebut, bagi warga masyarakat sangat penting dan strategis bukan hanya sebatas sebagai sarana akses penghubung antara wilayah. 

        “Jembatan ini, sangat berpengaruh besar terhadap aktivitas sosial ekonomi masyarakat,"katanya kepada wartawan di Kabupaten Garut, Rabu (6/1/2021)

        Uu mengungkapkan dengan berfungsinya kembali jembatan gantung ini diharapkan mampu memberikan inspirasi serta motivasi kepada warga masyarakat untuk meraih kehidupan dan kesejahteraan yang lebih baik, sekaligus bisa menjadi model bentuk kepedulian sosial yang solutif dalam membantu menyelesaikan kesulitan warga masyarakat di daerah terpencil.

        Dia mengakui jika kemampuan pemerintah yang masih terbatas dan belum bisa menjangkau ke seluruh pelosok wilayah, sehingga keterlibatan masyarakat melalui program kepedulian, baik yang bersifat fisik maupun non fisik sangat dibutuhkan.

        “Untuk itu, saya sangat memberikan apresiasi kepada Yayasan Budha Tzu Chi yang memiliki komitmen untuk membantu warga masyarakat dengan berbagai program dan aksi kepeduliannya yang satu diantaranya adalah membangun jembatan gantung ini," jelasnya.

        Sampai saat ini kebutuhan jembatan di Jabar sangat banyak. Setidaknya wilayah desa Depok membutuhkan 7 unit jembatan  Untuk itu, Pemprov Jabar menggulirkan program jembatan gantung yang setiap tahun dibangun sekitar 40 unit. 

        "Tahun ini permintaan pembangunan jembatan sangat banyak. Kami juga memohon maaf jika belum bisa terpenuhi. Oleh karena itu kami mengetuk para pengusaha untuk membantu program pemerintah,"jelasnya

        Adapun, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menambahkan stabilitas pertahanan wilayah, khususnya warga masyarakat yang berada di Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut.

        Selain kepada Yayasan Budha Tzu Chi, Pangdam juga menyampaikan terimakasihnya kepada Satgas Kodim 0611/Garut dan Vertical Rescue Indonesia serta kepada semua pihak yang telah berinisiatif dan bekerja sama dalam membangun Jembatan Gantung Simpay Asih, hingga mulai hari ini bisa digunakan.

        “Kepada warga masyarakat, terutama warga Desa Depok dan Desa Paas Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, saya titipkan Jembatan Gantung Simpay Asih ini, untuk dimanfaatkan sebaik mungkin serta juga dirawat dan dipelihara agar tetap kokoh berdiri dan berfungsi sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Bagikan Artikel: