Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Siap-Siap Facebook Cs, Sebentar Lagi Pajak Baru Bakal Diteken Pemerintahan Joe Biden

        Siap-Siap Facebook Cs, Sebentar Lagi Pajak Baru Bakal Diteken Pemerintahan Joe Biden Kredit Foto: Reuters/Stephen Lam
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tampaknya, perusahaan teknologi Silicon Valley seperti Facebook, Amazon, Google dan lain sebagainya segera menghadapi undang-undang pajak global baru tahun ini. Hal ini karena perubahan di Gedung Putih memicu optimisme di antara para pejabat Eropa bahwa kesepakatan akan segera dicapai.

        Dilansir dari CNBC International di Jakarta, Jumat (29/1/12) Menteri Keuangan Jerman Olaf Scholz mengatakan sangat mungkin bahwa kesepakatan tentang pajak akan dicapai sebelum musim panas di tingkat OECD.

        "Saya sangat yakin bahwa kita akan mendapatkan kesepakatan," katanya, hanya satu hari setelah berbicara dengan Menteri Keuangan AS yang baru Janet Yellen melalui telepon.

        Baca Juga: Bos Apple Sindir Model Bisnis Facebook, 'Eksploitasi Data'

        Yellen mendukung seruan untuk pungutan pajak global baru pada raksasa teknologi selama sidang konfirmasi Senat pekan lalu. Dia juga berjanji bahwa AS akan secara aktif berpartisipasi dalam negosiasi dengan negara-negara OECD lainnya, setelah pemerintahan sebelumnya memutuskan untuk menarik diri dari pembicaraan tersebut pada musim panas 2020.

        OECD ingin memiliki kesepakatan internasional tentang cara mengenakan pajak kepada raksasa teknologi pada musim panas mendatang. Sejumlah negara Eropa berharap untuk mengenakan pajak pada perusahaan digital di atas ambang pendapatan tertentu, yang akan mencapai sebagian besar perusahaan teknologi AS mengingat ukurannya.

        Reformasi pajak ini terdiri dari dua pilar. Pilar satu mengacu pada ekonomi digital dan dapat melihat keuntungan dikenakan pajak di tempat pelanggan berada. Pilar dua mengacu pada tarif pajak global minimum yang akan mengabaikan kantor pusat perusahaan secara fisik.

        Menteri Jerman memuji mitranya yang baru di AS setelah percakapan mereka pada hari Rabu. Dia mengatakan pendekatan pragmatis dalam hubungan AS-Eropa tampaknya kembali, menambahkan bahwa ada peluang bagus untuk kemitraan transatlantik baru.

        Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire juga menyambut baik dukungan dari pemerintahan Presiden Joe Biden atas usulan pajak global. Dia mengatakan bahwa dia yakin perjanjian multilateral dapat mulai berlaku segera setelah musim semi ini.

        "Saya pikir kami berada di jalur yang benar. Ada kemungkinan untuk menemukan kesepakatan tentang sistem perpajakan internasional baru ini pada akhir musim semi 2021 ini. Dan saya dapat memberitahu Anda bahwa kami akan melakukan upaya terbaik kami untuk membuka jalan bagi kesepakatan," kata Le Maire kepada Geoff Cutmore dari CNBC.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: