Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jangan Kaget! Oppo A12 Jadi Smartphone Paling Ciamik dengan Harga Terjangkau

        Jangan Kaget! Oppo A12 Jadi Smartphone Paling Ciamik dengan Harga Terjangkau Kredit Foto: Dok. Oppo Indonesia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ketika mendengar merek “Oppo”, hal pertama yang sering terbersit adalah produk smartphonenya yang mumpuni namun tersedia dengan harga mahal. Namun, hal tersebut tidak selalu benar. Karena Oppo juga telah beberapa kali meluncurkan seri smartphone mid-range yang ditujukan bagi kalangan pasar menengah ke bawah. Biarpun demikian, kualitas spesifikasi yang ditawarkan pun tak kalah gahar. Salah satu produk smartphone mid-range terbaru dari Oppo adalah Oppo A12. Perangkat gawai ini diluncurkan pada tanggal 20 April 2020 yang lalu. Namun, ia baru memasuki Indonesia sehari setelahnya.

        Dijual dengan harga 2,5 juta, membuat smartphone ini sangatlah terjangkau bagi Anda yang tidak memiliki budget terlalu banyak untuk membeli smartphone. Dilirik dari spesifikasi, smartphone ini cukup unggul. Baca Juga: Diakuisisi TCL, Alcatel Kembali ke Indonesia dan Hadirkan Dua Smartphone Inovatif

        Berikut ulasan lengkap tentang spesifikasi, beserta dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Oppo A12, seperti dirangkum, Senin (1/2/2021).

        1. Tampilan Body 

        Walaupun memiliki kisaran harga 2 jutaan, Oppo A12 mengusung penampilan yang elegan. Smartphone ini memiliki ketebalan sekitar 8.3 mm dengan berat sekitar 165 gram. Walaupun memilik body yang cukup tebal, namun Oppo A12 ini tetap terasa sangat nyaman di genggaman. Smartphone canggih ini hadir dengan dua pilihan warna, yaitu: warna Black dan Blue.

        2. Tampilan Layar

        Oppo A12 didukung dengan layar berpanel IPS LCD seluas 6.22 inch. Resolusi yang dihasilkan oleh layar smartphone ini juga cukup memuaskan, yaitu sekitar 720 x 1520 pixel. Dengan resolusi layar tersebut, Anda akan semakin puas dalam menjalankan berbagai aplikasi. Smartphone Oppo ini juga cukup nyaman digunakan untuk bermain game online maupun streaming film-film menarik Baca Juga: Kabar Baik, Francis Ford Coppola Ogah Kembangkan Lagi The Godfather sebab....

        3. Dapur Pacu 

        Untuk mendukung kinerja perangkat, Oppo membekali smartphone terbarunya ini dengan chipset Mediatek MT6765. Chipset yang didukung dengan prosesor Octa-core ini memilliki kinerja yang mengagumkan. Tak hanya itu, dari segi pengolahan grafis, Oppo A12 didukung dengan GPU PowerVR GE8320. Sedangkan untuk OS, Oppo menyematkan Android 9.0 terbaru sebagai OS yang dipadukan dengan User Interface ColorOS 6.1.

        4. Kapasitas Memori 

        Dari segi kapasitas memori RAM, Oppo A12 hadir dengan varian 3GB dan 4GB. Tentunya, Anda bebas untuk memilih varian manapun yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, Anda juga dapat memilih variasi memori internal 32 GB dan 64 GB pada smartphone ini. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kapasitas memori internal yang lebih luas, dapat memanfaatkan slot microSD untuk memori eksternal. 

        5. Dukungan Kamera

        Bukan Oppo namanya jika tidak hadir dengan dukungan kamera yang mumpuni. Seri Oppo A12 pun hadir dengan spesifikasi kamera yang akan memanjakan Anda. Pada bagian belakang gawai ini, Oppo menyematkan dual camera dengan masing-masing resolusi 13 MP dan 2 MP. Sedangkan, untuk kamera depan, Oppo A12 ini hadir dengan satu lensa kamera beresolusi 5 MP. Tentunya, cukup mumpuni bagi Anda yang gemar melakukan selfie atau membuat video TikTok. Baik foto maupun video sama-sama memiliki resolusi HDR.

        6. Dukungan Baterai

        Untuk tipe smartphone yang diluncurkan dengan harga 2.5 juta, kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo A12 ini cukup memuaskan. Smartphone Oppo ini hadir dengan baterai berkapasitas 4230 mAh yang perkasa. Anda dapat menjalankan berbagai macam aplikasi dengan leluasa tanpa perlu khawatir baterai cepat habis. Oppo tidak menerapkan fitur pengisian daya cepat pada smartphone ini.

        Kelebihan Oppo A12

        Sejak diluncurkan, Oppo A12 disambut cukup meriah oleh para penggemar gadget. Pasalnya, tidak hanya memiliki harga yang murah. Smartphone Oppo terbaru ini juga mengusung sejumlah kelebihan. Berikut adalah beberapa keunggulan Oppo A12 yang menarik untuk Anda ketahui:

        1. Kapasitas Baterai yang Cukup Perkasa

        Salah satu keunggulan Oppo A12 terletak pada kapasitas baterainya yang melegakan. Dengan kapasitas baterai sebesar 4230 mAh, Anda dapat menjalankan berbagai macam aplikasi dengan leluasa. Bahkan, Anda juga tidak perlu khawatir baterai akan cepat habis. Kapasitas baterai yang besar tersebut mendukung smartphone ini terus menyala hingga 17 jam hingga baterai benar-benar habis. 

        2. Fitur Audio Dirac untuk Kualitas Suara yang Memanjakan Telinga

        Aktivitas bermain game, mendengarkan lagu, maupun streaming film akan terasa semakin menyenangkan dengan menggunakan perangkat ini. Smartphone Oppo A12 ini dibekali dengan fitur Audio Dirac untuk memaksimalkan pengalaman audio Anda. Fitur ini aktif secara otomatis dan akan mengganti mode audio yang ada untuk memberikan pengalaman terbaik untuk kedua telinga Anda. Tentunya, aktivitas hiburan apapun yang Anda lakukan akan terasa semakin memuaskan.

        3. Fitur Smart Assistant untuk memudahkan Navigasi

        Bagi Anda yang perlu untuk mengakses aplikasi saat sedang berkendara, dapat memanfaatkan fitur Smart Assistant. Oppo A12 dibekali dengan fitur asisten AI yang mampu membantu Anda dalam membuka aplikasi maupun membuat panggilan ke nomor kontak yang diinginkan. Bagi Anda yang sering berkendara, tentunya akan sangat terbantu dengan adanya fitur ini.

        4. Adanya Slot Khusus untuk Memori SDCard

        Dari segi memori internal, Oppo A12 memang memiliki kapasitas yang kecil. Namun, Oppo mengkompensasi hal tersebut dengan memberikan slot khusus untuk memori eksternal. Memori ini dapat Anda gunakan tanpa harus mengorbankan slot untuk SIM Card kedua. Jadi, Anda dapat memanfaatkan 2 kartu SIM sekaligus memasang kartu memori eksternal untuk memori tambahan. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan lebih banyak file lagu, musik, maupun berbagai foto dengan leluasa. Slot eksternal untuk Oppo A12 ini mampu menampung memori SDCard hingga 256 GB.

        5. Memiliki Ukuran Layar yang Memuaskan

        Untuk mendukung segala aktivitas yang Anda lakukan, Oppo A12 tidak hanya hadir dengan fitur audio dan baterai yang memuaskan. Anda juga akan semakin dimanjakan dengan ukuran layar smartphone ini yang cukup luas. Ukuran layar seluas 6.22 inch dengan rasio screen-to-body sebesar 82.0% memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai macam aplikasi yang ada di dalamnya. Terlebih, dengan tampilan waterdrop notch yang memungkinkan Anda untuk memperoleh tampilan layar yang lebih luas. Layar smartphone ini juga akan senantiasa terlihat awet berkat perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3.

        6. Adanya Fitur Face Unlock untuk Sistem Pengamanan

        Keamanan data Anda yang tersimpan di dalam perangkat ini akan terjamin berkat dukungan fitur Face Unlock. Fitur ini menggunakan sensor dengan berteknologi AI yang mampu memetakan fitur-fitur wajah Anda secara lebih akurat. Fitur tersebut bahkan mampu mendeteksi kurang lebih 128 biometric point yang ada pada wajah Anda. Dengan pengamanan ini, pihak-pihak jahil akan semakin kesulitan dalam mendapatkan data pribadi Anda. Sensor pemindai ini juga sangat sensitif dan akurat. Fitur ini dapat membuka kunci smartphone dalam jangka waktu 0.08 detik saja. Jadi, Anda tidak perlu melakukan pemindaian wajah ulang. 

        7. Desain Smartphone yang Unik dan Tahan Lama

        Dari segi desain, smartphone ini memiliki tampilan yang sangat elegan. Aksen permata yang ada pada bagian punggung Oppo A12 ini mengesankan perpaduan warna dan motif yang elegan. Walaupun bagian body terbuat dari material plastik, bahan tersebut cukup tahan terhadap panas dan pastinya anti gores. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir punggung smartphone akan tergores saat perangkat ini tak sengaja terjatuh ke lantai. Dua pilihan warna yang sederhana namun tetap memukau dapat Anda pilih sesuai dengan selera.

        Kekurangan Smartphone Oppo A12

        Walaupun memiliki sejumlah kelebihan, Oppo A12 tentunya juga tak luput dari kekurangan. Berikut adalah ulasan beberapa aspek yang menjadi kekurangan dari perangkat smartphone Oppo terbaru ini:

        1. Panel Layar Masih Jenis IPS LCD

        Salah satu hal yang paling disayangkan dari seri Oppo A12 adalah jenis panel layarnya. Smartphone ini memang masih menggunakan jenis panel layar IPS LCD. Padahal, banyak pesaingnya yang sudah menggunakan panel layar tipe AMOLED atau bahkan SUPER AMOLED untuk perangkat mereka. Dibandingkan jenis panel layar AMOLED, layar IPS LCD memang memiliki sejumlah kekurangan. Terutama, dari segi penghematan daya baterai. Panel layar ini tidak mampu menghasilkan warna hitam yang sesungguhnya. Tak hanya itu, dalam kondisi mati sekalipun, panel layar ini masih tetap menghantarkan backlight. Hal tersebut tentunya mengakibatkan penggunaan daya pada smartphone ini menjadi boros.

        2. Tidak Adanya Fitur Fast Charging

        Dari segi baterai, Oppo A12 ini memang unggul. Smartphone ini mengusung baterai jumbo berkapasitas 4230 mAh. Namun, sayangnya gawai ini tidak dibekali dengan fitur pengisian daya cepat. Hal tersebut sangatlah disayangkan, dan menjadi salah satu kekurangan yang cukup fatal. Pasalnya, pengisian daya cepat akan sangat membantu baterai jumbo tersebut untuk terisi kembali tanpa mengkonsumsi waktu lama. Namun, dengan tidak adanya fitur tersebut, maka pengisian daya baterai Oppo ini akan terasa lama. Tentunya, itu membuat aktivitas Anda menjadi sedikit terhambat. 

        3. Spesifikasi Kamera Belakang yang Kurang Mumpuni

        Tentu saja, bagi beberapa orang, spesifikasi kamera belakang tidak terlalu berpengaruh. Namun, ketidakhadiran fitur kamera, paling tidak triple camera untuk smartphone Oppo A12 ini cukup mengejutkan. Terlebih lagi, dengan banyaknya perangkat smartphone dengan harga setara yang mendukung triple atau bahkan quad-camera. Sedangkan, Oppo A12 hanya mengusung dual-camera untuk kamera belakang. Fitur-fitur pendukung fotografi yang dimiliki smartphone ini juga terkesan biasa-biasa saja. Fitur-fitur tersebut adalah 6x Digital Zoom, AR Stickers, Professional Mode, dan time-lapse photography. Untuk lensanya, kamera belakang Oppo A12 ini hanya dibekali dengan kamera utama beresolusi 13 MP dan lensa depth beresolusi 2 MP.

        4. Tidak Dibekali dengan Versi Android Terbaru

        Dengan semakin banyaknya seri smartphone yang menggunakan OS Android terbaru, tentunya Anda berekspektasi bahwa Oppo A12 akan melakukan hal yang sama. Namun, sayangnya hal tersebut tidak terjadi. Oppo justru membekali perangkat smartphone terbarunya ini dengan versi Android 9.0 (Pie) dengan User Interface ColorOS 6.1. Ini artinya,fitur-fitur yang ada di dalam perangkat ini mungkin tidak selengkap jika mereka menggunakan OS Android 10 atau Android 11. Biarpun demikian, poin ini tidak terlalu memberikan pengaruh. Terutama, jika Anda hanya menggunakan smartphone ini untuk kebutuhan berkomunikasi saja.

        Demikianlah ulasan spesifikasi beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Oppo A12. Tentunya, ulasan di atas dapat membantu Anda untuk lebih obyektif sebelum memutuskan untuk membeli perangkat gawai ini. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: