Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Terapkan Rp10 Ribu Tiap Bulan, Begini Pengalaman Pakai Jenius BTPN | Review

        Terapkan Rp10 Ribu Tiap Bulan, Begini Pengalaman Pakai Jenius BTPN | Review Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Mulai Januari 2021, Jenius menerapkan biaya Rp10 ribu setiap bulannya; demi inovasi dan membangun bisnis digital berkelanjutan.

        Untuk saat ini, tidak ada pilihan bagi para pengguna Jenius; mereka perlu membayar Rp10 ribu demi menikmati berbagai fitur di aplikasi Jenius.

        Dengan adanya biaya bulanan seperti itu, bagaimanakah kualitas layanan Jenius? Berlandaskan pengalaman pemakaian Jenius sejak April 2019 dan data dari sejumlah narasumber, tim Warta Ekonomi akhirnya merangkum ulasan aplikasi Jenius.

        Baca Juga: Yuan Digital Gak Akan Tantang Dominasi Dolar, yang Benar?

        Baca Juga: Huawei Perbarui Aplikasi Peta Saingan Google Maps

        Kenalan dengan Jenius

        Jenius rilis pada Agustus 2016, membuatnya hampir berusia 5 tahun. Dengan Jenius, Anda bisa membuka rekening bank tanpa pergi ke kantor cabang--karena semuanya berlangsung melalui aplikasi.

        Aplikasi Jenius menawarkan berbagai fitur seperti tabungan (Flexi SaverDream SaverSend ItIn & OutPay Me, Split Bill, Maxi Saver); x-Card, Jenius Pay, pusat dompet digital, dan aktivasi berdasarkan permintaan; aktivasi lewat panggilan video; saldo mata uang asing; akun Jenius Bisnis, Moneytory, serta kode QR Jenius.

        Nah, dengan fitur-fitur tersebut Anda bisa menabung tanpa perlu pergi ke bank, menyusun tabungan untuk sejumlah kepentingan, isi ulang saldo dompet digital, hingga bayar Spotify dan Netflix. Nilai bunga tabungannya mencapai 3% p.a.

        Cara Daftar Jenius

        1. Pasang aplikasi Jenius;

        2. Klik Register;

        Anda perlu menyiapkan: (1) Kartu Tanda Penduduk (KTP); dan (2) Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

        3. Klik Mulai;

        Pastikan untuk mengisi informasi pribadi berupa: (1) surat elektronik/pos-el; dan (2) nomor ponsel. Kemudian lakukan proses autentikasi nomor telepon.

        4. Foto KTP;

        5. Isi Data Pribadi;

        Data pribadi ini berupa nama lengkap, tanggal lahir, dan jenis kelamin, serta jumlah pendapatan bulanan Anda.

        6. Setujui Syarat dan Ketentuan;

        7. Buat $cashtag dan tentukan nama di kartu;

        8. Atur PIN dan kata sandi;

        9. Aktivasi akun;

        Aktivasi akan berlangsung di aplikasi, tepatnya melalui panggilan video dengan pihak Jenius.

        10. Jenius akan mengirim kartu ke alamat yang Anda masukkan;

        11. Aktifkan kartu.

        Pengalaman Penggunaan Aplikasi

        - Kecepatan

        Nilai: 3,5/5

        Tim WE merasa terbantu dengan aplikasi Jenius, karena memudahkan urusan perbankan tanpa harus datang ke bank. Akan tetapi, berdasarkan pengalaman penggunaan sejak April 2019, tim WE menilai respons aplikasi tidak terlalu cepat.

        Setelah memasukkan PIN misalnya, perlu waktu beberapa lama untuk mengakses laman utama aplikasi. Beberapa rekan tim WE juga merasakan kelambatan setiap membuka aplikasi tersebut.

        Dalam beberapa kesempatan, aplikasi mengalami gangguan sehingga tak bisa melakukan isi ulang saldo dompet digital, terkendala mengirim uang, dan kegagalan fitur lainnya. Hal seperti itu menghambat urusan pengguna, khususnya jika sedang buru-buru.

        - Keamanan Aplikasi Jenius

        Nilai: 4/5

        Ada dua kata sandi di aplikasi Jenius, yakni: kata sandi akun dan PIN aplikasi. Sebelum mengirim uang ke nomor rekening baru, Anda perlu memasukkan kata sandi akun. Sementara PIN aplikasi perlu Anda masukkan tiap ingin mengakses aplikasi Jenius.

        Jika tak sengaja meninggalkan aplikasi Jenius dalam keadaan terbuka selama sekitar 2 menit, maka Anda perlu kembali memasukkan PIN untuk mengakses aplikasi.

        Selama menggunakan Jenius, tim WE tak mengalami masalah keamanan. Akan tetapi, sudah ada sejumlah cerita dari pengguna internet yang mengalami kebobolan akun Jenius. Kecemasan itulah yang jadi masalah di kalangan pengguna--termasuk sejumlah rekan yang tim WE kenal.

        - Poin Unik Aplikasi Jenius

        Nilai: 4/5

        Tahukah Anda? Pengguna Jenius bisa menambahkan kartu baru sesuai kebutuhan di luar kartu utama yang telah Anda terima pada awal pendaftaran. Fitur tersebut memungkinkan pengguna memiliki sejumlah nomor rekening Jenius dalam satu akun.

        Selain itu, nomor rekening Jenius juga bisa Anda gunakan sebagai kartu VISA. Sebagai contoh, tim WE menggunakan kartu elektronik Jenius sebagai sistem pembayaran platform streaming daring.

        Berbagai fitur tabungan memungkinkan Anda menabung untuk sejumlah keperluan dalam satu waktu. Misalnya, membuka tabungan untuk usaha; menabung biaya kuliah semester depan; dan sebagainya.

        Nilai Keseluruhan

        Secara keseluruhan, nilai aplikasi Jenius dari Warta Ekonomi ada di angka 4,3 dari total 5 poin. Kelambatan aplikasi dan keamanan jadi beberapa poin penting yang harus pihak Jenius perhatikan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tanayastri Dini Isna
        Editor: Tanayastri Dini Isna

        Bagikan Artikel: