Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kurang Sehat, Pangeran Philip yang Berusia 99 Tahun Dirawat di Rumah Sakit

        Kurang Sehat, Pangeran Philip yang Berusia 99 Tahun Dirawat di Rumah Sakit Kredit Foto: AFP
        Warta Ekonomi, London -

        Suami Ratu Inggris Elizabeth, Pangeran Philip yang berusia 99 tahun, dirawat di rumah sakit pada Selasa (16/2/2021) sebagai tindakan pencegahan setelah merasa sakit dengan penyakit yang tidak terkait COVID-19.

        “Pangeran yang gelar resminya adalah Duke of Edinburgh itu berjalan tanpa bantuan ke Rumah Sakit King Edward VII di London, Inggris, setelah merasa tidak enak badan untuk waktu yang singkat,” papar pernyataan sumber kerajaan.

        Baca Juga: Top! Dari 67 Juta Penduduk Inggris, Sudah 15 Juta Orang Disuntik Vaksin Covid-19

        Ratu Elizabeth, 94, tetap berada di Kastil Windsor dekat London, tempat pasangan itu tinggal selama pandemi virus corona di Inggris.

        Keduanya menerima dosis pertama vaksin COVID-19 pada Januari.

        "Pengakuan Duke adalah tindakan pencegahan, atas saran dokter Yang Mulia, setelah merasa tidak enak badan," ungkap pernyataan Istana Buckingham.

        “Duke diperkirakan akan tetap di rumah sakit selama beberapa hari untuk observasi dan istirahat,” papar pernyataan Istana Buckingham.

        Seorang sumber kerajaan mengatakan Philip tidak memiliki penyakit terkait COVID-19 dan itu bukan keadaan darurat.

        Dalam satu jam setelah kedatangannya, kru kamera dan fotografer dari Inggris, Australia, Prancis, dan Jerman telah berkumpul di luar rumah sakit tempat polisi berjaga.

        "Sangat menyesal mendengar Yang Mulia, Duke of Edinburgh ada di rumah sakit. Mengiriminya harapan terbaik saya agar cepat sembuh," ujar Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock.

        Philip adalah seorang mantan perwira angkatan laut yang terkenal karena tingkah lakunya yang kadang kasar dan humoris. Dia menikahi Elizabeth pada 1947, lima tahun sebelum Elizabeth menjadi ratu.

        Philip sekarang menjadi permaisuri terlama dari raja Inggris mana pun.

        Pernikahan pasangan itu dan kehidupan keluarganya dengan empat anak telah ditayangkan dalam beberapa tahun terakhir oleh drama Netflix The Crown.

        Philip sekarang jarang terlihat di depan umum. Dia mengundurkan diri dari kegiatan resmi kerajaan pada Agustus 2017 setelah menyelesaikan lebih dari 22.000 acara solo dan ribuan agenda lainnya bersama Ratu Inggris.

        Selama pandemi, keluarga kerajaan telah mengunjungi rumah sakit dan pekerja garis depan, baik secara online atau secara langsung, untuk berterima kasih atas upaya mereka.

        Pangeran Charles, pewaris takhta, mengunjungi staf di rumah sakit Birmingham pada Rabu pagi.

        Keluarga kerajaan juga menjadi berita dalam beberapa hari terakhir setelah cucu Philip, Pangeran Harry dan istrinya yang berkebangsaan Amerika Serikat (AS), Meghan mengumumkan bahwa mereka sedang mengandung anak kedua, dan bahwa mereka telah setuju wawancara dengan Oprah Winfrey.

        Di antara topik yang akan mereka diskusikan adalah mengapa pasangan itu keluar dari keluarga kerajaan untuk menghabiskan lebih banyak waktu di AS tahun lalu.

        Philip yang kelahiran Yunani itu telah beberapa kali dirawat di rumah sakit selama dekade terakhir, termasuk perawatan untuk infeksi pada 2017 dan operasi penggantian pinggul.

        Dia sebelumnya dirawat di rumah sakit pada akhir 2019.

        Duke akan berusia 100 tahun pada Juni. Sejumlah media telah melaporkan bahwa dia tidak ingin ada keramaian publik dalam peringatan ulang tahunnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: