Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        PMS Gelar Donar Darah, Catat! Orang Sembuh Dari Covid-19 Jangan di Kucilkan

        PMS Gelar Donar Darah, Catat! Orang Sembuh Dari Covid-19 Jangan di Kucilkan Kredit Foto: Dok. PMS
        Warta Ekonomi, Surabaya -

        Anak perusahaan PT Pelindo III (persero) PT Pelindo Marine Service (PMS) menggelar aksi sosial Marines Peduli Donor Darah dan Screening Donor Plasma Konvalesen di atas Kapal Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga saat bersandar di palabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (30/3/2021) kemarin. Kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian PMS pada masyarakat di saat pandemi Covid-19 khususnya yang membutuhkan darah.

        Direktur Kapal Rumah Sakit Terapung Airlangga, Agus Harianto mengatakan, pihaknya bersama masyarakat luas untuk tidak mengucilkan bagi orang yang sudah sembuh dari Covid-19 atau disebut penyintas Covid-19. Bahkan kata Agus, dalam kondisi pandemi Covid-19 melanda pasokan stok darah di kota-kota besar di Indonesia menurun antara 30 % hingga 50 %.   Baca Juga: Duet Bareng, PT BIMA Eratkan dan Pelindo IV Kolaborasi Engineering Pelabuhan

        “Mereka untuk mendonorkan plasma konvalesen sudah sepatutnya diapresiasi dengan tangan terbuka dari kita semua untuk kembali beraktivitas bersama dalam keseharian. Tanpa perlu kekhawatiran yang berlebihan, yang terpenting kita semua disiplin menjalankan Protokol Kesehatan 5M,” tegas dokter yang baru kembali dari misi sosial membantu korban Gempa Majene di Sulawesi beberapa waktu lalu ini. Baca Juga: Pelindo 1 Target Layani Bongkar Muat Peti Kemas 1,5 Juta TEUs di 2021

        Sementara itu Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Mohamad Zaenal mengungkapkan, upaya bersama untuk menghapus stigma pada penyintas tersebut dan langkah dalam memerangi Covid-19 harus terus dilakukan. 

        ”Saya berkeyakinan, dengan kemudahan informasi publik yang mengedukasi masyarakat secara continue (berkelanjutan), persepsi terhadap penyintas Covid-19 akan semakin obyektif. Sudah menjadi komitmen TNI AL dalam hal ini Lantamal V, untuk terus memerangi pandemi dengan melakukan berbagai upaya Percepatan Penanganan Covid-19. Salah satunya terus bersinergi bersama komponen lainnya, seperti yang saat ini kita lakukan”, ujar Laksma TNI Mohamad Zaenal. 

        Terkait hal itu Direktur Utama Pelindo Marines, Umar mengatakan, pihaknya (PMS) dan grup usahanya berinisiatif untuk menggelar aksi sosial donor darah dan donor plasma konvalesen. Gagasan aksi sosial ini kata Umar, disambut antusias oleh intansi lain seperti, Yayasan Ksatria Medika Airlangga, Palang Merah Indonesia, dan Lantamal V Surabaya dan para relawan dari Komunitas Pendonor Plasma Konvalesen dan Relawan Pendamping Keluarga Pasien Covid-19. 

        “Salah satu hal yang luar biasa dari pelaksanaan aksi sosial hari ini, selain solidaritas para relawan pendonor darah dan plasma konvalesen, adalah juga solidaritas berbagai organisasi yang berkolaborasi mendukung agenda donor ini. Semua bekerja sama mulai dari institusi militer, entitas bisnis, hingga organisasi dan komunitas sosial. Kolaborasi ini mencerminkan core value BUMN, AKHLAK. Kolaborasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan amanah, sebagai perpanjangan tangan Pemerintah dalam membantu masyarakat luas. Agar bangsa bisa beradaptasi pada kehidupan new normal dan tetap harmonis melampaui Pandemi Covid-19,” kata Umar yang kini PMS dan grup usaha Pelindo III lainnya telah membentuk Satgas Pengendalian Covid-19 di masing-masing kantor ini.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Mochamad Ali Topan
        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: