Pandemi memaksa untuk bisnis beroperasi dengan menggunakan sarana digital agar tetap bertahan. Di Indonesia sendiri jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sudah go digital pun perlahan bertambah.
Per Maret 2021, jumlah UMKM yang sudah go digital menyentuh angka 4,8 juta UMKM.
Baca Juga: Akun Instagram ini bongkar Strategi Digital Marketing Gratis di Instagram
Ketua Umum Asosiasi e-Commerce (idEA) Bima Laga mengatakan bahwa melesatnya pertumbuhan UMKM yang go digital merupakan dampak dari pandemi.
Sebelumnya, per Desember 2020, UMKM yang go digital tercatat di angka 3,8 juta.
"Karena mayoritas pandemi orang di rumah dan mayoritas orang membeli secara online," katanya dalam diskusi daring, Rabu (28/4/2021).
Bima menambahkan selain meningkatkan jumlah UMKM yang go digital, pandemi juga meningkatkan nilai transaksi belanja online yang dilakukan.
"Secara transaksi e-commerce menurut data dari Bank Indonesia itu juga mengalami kenaikan," katanya.
Menurutnya, kenaikkan jumlah UMKM yang go digital akan menjadi tren sepanjang pandemi dan kedepannya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bernadinus Adi Pramudita
Editor: Alfi Dinilhaq