Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Menanti Keberanian Erdogan CS Balas AS dengan Akui Genosida Suku Indian Amerika?

        Menanti Keberanian Erdogan CS Balas AS dengan Akui Genosida Suku Indian Amerika? Kredit Foto: Reuters/Bernadett Szabo
        Warta Ekonomi, Ankara -

        Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah resmi mengakui bahwa pembantaian pasukan Kekaisaran Ottoman terhadap orang-orang Armenia pada 1915 sebagai genosida. Pemerintah Turki marah dan mengancam akan membalas.

        "Rakyat Amerika menghormati semua orang Armenia yang tewas dalam genosida yang dimulai 106 tahun lalu hari ini," kata Biden dalam sebuah pernyataan memperingati Hari Peringatan Genosida Armenia, Sabtu pekan lalu.

        Baca Juga: Perkataan Biden Terkait Peristiwa 1915 Spontan Dibalas Parlemen Turki

        Itu adalah langkah yang datang terlalu lama, ditunda selama bertahun-tahun untuk memelihara apa yang telah menjadi hubungan yang hancur dengan Turki.

        Juru bicara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Ibrahim Kalin, mengatakan Ankara akan membalas dalam beberapa bulan mendatang.

        "Akan ada reaksi dalam berbagai bentuk, jenis dan derajat dalam beberapa hari dan bulan mendatang," kata Kalin kepada Reuters.

        Kalin tidak merinci apakah salah satu pembalasan itu adalah Ankara akan membatasi akses AS ke pangkalan udara Incirlik di Turki selatan. Pangkalan itu telah digunakan untuk mendukung koalisi internasional dalam memerangi ISIS di Suriah dan Irak.

        Presiden Erdogan sendiri telah membahas masalah tersebut setelah rapat kabinet pada hari Senin, namun belum jelas pembalasan seperti apa yang akan dilakukan Ankara terhadap Washington.

        "Pada waktu dan tempat yang kami anggap tepat, kami akan terus menanggapi pernyataan yang sangat disayangkan dan tidak adil ini," kata Kalin.

        Ketua Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bahceli mengatakan hubungan Ankara dengan Washington berada di persimpangan sejarah setelah penggunaan kata "genosida" oleh Presiden Biden dalam peringatan tahunan peristiwa 1915.

        Dalam peristiwa 1915, sekitar 1,5 juta orang Armenia dilaporkan dibantai oleh pasukan Kekaisaran Ottoman sebagai respons atas pembantaian komunitas Muslim di Anatolia timur oleh geng-geng kriminal Armenia.

        Bahceli menuduh AS mencoba menggunakan peringatan 24 April sebagai alat untuk menekan Turki. Dia juga mengingatkan genosida yang dilakukan oleh AS terhadap orang Indian Amerika selama abad ke-19, termasuk orang Indian Seminole di Florida.

        Setelah deklarasi Biden, sebuah artikel dari 2019 mulai beredar di Twitter. Saat itu, setelah Senat mengeluarkan resolusi yang mengakui genosida Armenia, Presiden Turki Recep Tayyip Erdo?an, mengancam akan memberi AS obatnya.

        Berbicara di saluran berita A Haber yang pro-pemerintah, Erdogan kala itu berkata: “Kita harus menentang [AS] dengan membalas keputusan seperti itu di parlemen. Dan itulah yang akan kami lakukan."

        “Bisakah kita berbicara tentang Amerika tanpa menyebut [Penduduk Asli Amerika]? Ini adalah momen yang memalukan dalam sejarah AS," lanjut Erdogan.

        Namun, beranikah Erdogan mendeklarasikan genosida penduduk asli Amerika termasuk suku Indian oleh migran Eropa yang sekarang berkuasa di Amerika Serikat?

        Sekadar diketahui, orang Amerika pada abad ke-19 tidak malu dengan keyakinan mereka atau melakukan diskriminasi dalam taktik mereka untuk menaklukkan berbagai suku di tanah yang diklaim AS sebagai miliknya.

        Kurang dari 20 tahun setelah Trail of Tears menewaskan 4.000 orang Cherokee dalam perjalanan mereka ke barat, Peter Burnett, gubernur pertama California, mengatakan kepada anggota parlemen bahwa "perang pemusnahan" yang akan "terus dilancarkan antara dua ras sampai ras Indian menjadi punah harus diharapkan."

        Beberapa orang mencoba untuk berpendapat bahwa apa yang terjadi di AS seharusnya tidak memenuhi syarat sebagai genosida, mengingat penduduk asli benua Amerika masih tinggal di sana.

        Lagi pula, pada sensus 2010, 5,2 juta orang yang diidentifikasi sebagai Indian Amerika dan Penduduk Asli Alaska tinggal di AS, baik sendiri atau dalam kombinasi dengan satu atau lebih ras lain. Itu lebih banyak daripada orang yang tinggal di Irlandia atau Selandia Baru.

        Tetapi Raphael Lemkin, yang menciptakan kata "genosida", sudah jelas sejak awal bahwa suatu bangsa tidak perlu dimusnahkan sepenuhnya agar kata "genosida" dapat diterapkan.

        "Butuh berabad-abad, jika tidak ribuan tahun, untuk menciptakan budaya nasional, tetapi genosida dapat menghancurkan budaya secara instan, seperti api dapat menghancurkan sebuah bangunan dalam satu jam," tulis Lemkin dalam sebuah artikel.

        Orang kulit putih Amerika adalah api yang diperingatkan Lemkin, menerobos lusinan budaya pribumi benua Amerika sampai hanya struktur yang paling tangguh yang tersisa, dikelilingi di semua sisi oleh abu dan bingkai yang terbakar.

        Dari beberapa dekade pemindahan paksa hingga sejumlah perjanjian yang dibuat dan dipatahkan, sejarah Amerika dikotori dengan upaya untuk memberantas kelompok pribumi dari perbatasan Amerika, kebijakan pembersihan etnis dan amnesia budaya paksa yang berlangsung hingga abad ke-20.

        Mantan Senator Rick Santorum, secara tidak sengaja membuat kebijakan penghapusan yang sangat jelas pada hari Jumat dalam pidatonya tentang kebebasan beragama di forum Young America's Foundation.

        Santorum, membandingkan AS dengan negara-negara yang lebih tua seperti Italia dan China, mengeklaim bahwa Amerika berbeda karena budaya mereka berkembang perlahan dari waktu ke waktu. Sebaliknya, orang Amerika "melahirkan bangsa dari ketiadaan."

        "Maksud saya, tidak ada apa-apa di sini," katanya. "Maksud saya, ya kami memiliki penduduk asli Amerika, tetapi sejujurnya, tidak banyak budaya pribumi Amerika dalam budaya Amerika," kata Santorum dalam forum tersebut.

        Tanggapan dari Kongres Nasional Indian Amerika memang sangat melepuh, terutama terhadap CNN, di mana Santorum adalah komentator berbayar.

        "Tentukan pilihan Anda," tulis dia dalam pernyataannya kepada HuffPost.

        "Apakah Anda mendukung Supremasi Kulit Putih yang membenarkan genosida penduduk asli Amerika, atau apakah Anda mendukung penduduk asli Amerika?"

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: