Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Netanyahu Makin Tertekan, Musuh Politiknya Minta Quick Count untuk Cabut 12 Tahun Kekuasaan

        Netanyahu Makin Tertekan, Musuh Politiknya Minta Quick Count untuk Cabut 12 Tahun Kekuasaan Kredit Foto: AP Photo/Tsafrir Abayov
        Warta Ekonomi, Tel Aviv -

        Lawan politik Perdana Menteri Benjamin Netanyahu pada Kamis (3/6/2021) mendorong pemungutan suara parlemen cepat (quick count) untuk secara resmi mengakhiri kekuasaannya yang panjang. Langkah ini juga sebagai harapan untuk mencegah upaya menit terakhir untuk menggagalkan pemerintah koalisi yang baru diumumkan.

        Manuver politik terbaru dimulai hanya beberapa jam setelah pemimpin oposisi Yair Lapid dan mitra koalisi utamanya, Naftali Bennett, menyatakan mereka telah mencapai kesepakatan untuk membentuk pemerintahan baru dan mengumpulkan mayoritas di 120 anggota Knesset, atau parlemen, seperti dilansir Associated Press, Kamis (3/6/2021).

        Baca Juga: Pentolan Oposisi Lapor ke Presiden Israel: Saya Bentuk Koalisi dengan Bennett

        Koalisi terdiri dari delapan partai dari seluruh spektrum politik dengan sedikit kesamaan kecuali tujuan bersama untuk menggulingkan Netanyahu setelah memecahkan rekor 12 tahun berkuasa. Aliansi itu mencakup kelompok garis keras yang sebelumnya bersekutu dengan Netanyahu, serta partai-partai kiri-tengah dan bahkan faksi Arab —yang pertama dalam politik Israel.

        Netanyahu mengecam musuh-musuhnya pada Kamis (3/6/2021), menandakan bahwa ia akan terus memberikan tekanan pada mantan sekutu yang bergabung dengan koalisi.

        "Semua anggota Knesset yang terpilih dengan suara sayap kanan harus menentang pemerintah kiri yang berbahaya ini," tulisnya di Twitter.

        Drama tersebut memukau warga Israel pada saat keributan belum berakhir: empat pemilihan yang tidak meyakinkan dalam dua tahun diikuti oleh perang 11 hari di Jalur Gaza bulan lalu yang disertai dengan kekerasan massa antara orang Yahudi dan Arab di kota-kota di seluruh negeri. 

        Negara ini juga bangkit dari krisis virus corona yang menyebabkan kerusakan ekonomi yang mendalam dan mengekspos ketegangan antara mayoritas sekuler dan minoritas ultra-Ortodoks.

        Namun debat politik tetap terfokus pada Netanyahu, yang menghadapi tuduhan korupsi—dan apakah dia harus bertahan atau pergi.

        “Kami tidak pernah memiliki koalisi seperti ini,” kata Hillel Bar Sadeh di sebuah kedai kopi di Yerusalem. “Kami ingin memiliki semangat baru, kami ingin memiliki beberapa kesatuan.”

        Pemilik kedai kopi, Yosi Zarifi, mengatakan dia percaya Netanyahu akan kembali berkuasa —dan tidak mempercayai koalisi.

        "Semua orang jelas bahwa trik ini tidak akan bertahan lama, tidak akan ada lem (untuk menyatukannya) di sini," katanya.

        Blok anti-Netanyahu mengumumkan kesepakatan koalisi tepat sebelum batas waktu pada Rabu tengah malam. Perjanjian tersebut memicu proses kompleks yang kemungkinan akan berlangsung selama minggu depan.

        Koalisi memiliki mayoritas tipis dari 61 suara di parlemen. Sekarang pertanyaannya adalah apakah suara kelompok itu akan bersatu untuk menunjuk seorang ketua parlemen baru, yang kemudian akan memimpin pemungutan suara yang diperlukan untuk mengkonfirmasi pemerintahan baru.

        Jika kelompok itu tidak dapat mengaturnya, pembicara saat ini, yang merupakan sekutu Netanyahu, dapat menggunakan posisinya untuk menunda pemungutan suara dan memberi Netanyahu lebih banyak waktu untuk menyabotase koalisi.

        Ketika koalisi bersatu dalam beberapa hari terakhir, Netanyahu dan para pendukungnya meningkatkan kampanye tekanan terhadap mantan sekutu hawkish, termasuk Bennett dan orang nomor 2 di partai Yamina, Ayelet Shaked.

        Netanyahu menuduh mereka mengkhianati nilai-nilai mereka. Pendukungnya meluncurkan kampanye media sosial yang kejam dan melakukan protes ribut di luar rumah Shaked. Partai Likud perdana menteri juga menyerukan demonstrasi Kamis malam di luar rumah anggota parlemen Yamina Nir Orbach, mendesaknya untuk mundur dari koalisi.

        Itu adalah tekanan yang diharapkan dari anggota parlemen di sebelah kanan. Dan beberapa di sebelah kiri sekarang punya waktu untuk memikirkan apakah mereka akan membayar kemitraan ini dalam pemilihan berikutnya.

        “Akan ada banyak tekanan, terutama pada sayap kanan, terutama untuk sayap kanan agama,” kata Gideon Rahat, seorang profesor ilmu politik di Universitas Ibrani. “Mereka akan pergi ke sinagoga dan orang-orang akan menekan mereka. Ini akan menjadi mimpi buruk bagi sebagian dari mereka.”

        Netanyahu dan para pendukungnya mengadakan pertemuan Kamis malam untuk membahas langkah mereka selanjutnya.

        Di bawah perjanjian koalisi, Lapid dan Bennett akan membagi tugas perdana menteri secara bergilir. Bennett, mantan sekutu Netanyahu, akan melayani dua tahun pertama, sementara Lapid akan melayani dua tahun terakhir—meskipun jauh dari kepastian koalisi rapuh mereka akan bertahan selama itu.

        Kesepakatan bersejarah itu juga mencakup sebuah partai Islam kecil, Daftar Arab Bersatu, yang akan menjadikannya partai Arab pertama yang menjadi bagian dari koalisi pemerintahan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: