Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ancaman Rusia Ngeri Banget, Jika Amerika Bermanuver di Negara Bekas Uni Soviet Akan...

        Ancaman Rusia Ngeri Banget, Jika Amerika Bermanuver di Negara Bekas Uni Soviet Akan... Kredit Foto: Reuters/Maxim Shemetov
        Warta Ekonomi, Moskow -

        Rusia telah memperingatkan Amerika Serikat (AS) agar tidak mengerahkan pasukannya di negara-negara bekas Uni Soviet di Asia Tengah, menyusul penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov pada Selasa (13/7/2021) mengatakan bahwa Moskow menyampaikan pesan tersebut ke Washington selama pertemuan puncak Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Presiden AS Joe Biden di Jenewa bulan lalu.

        Peringatan itu datang ketika militer AS mengatakan pekan lalu bahwa 90% penarikan pasukan dan peralatan AS dari Afghanistan telah selesai. Biden mengatakan misi militer AS di Afghanistan akan berakhir pada 31 Agustus.

        Baca Juga: Jenderal Top Amerika di Afghanistan Resmi Lepas Jabatan dari Militer, Kenapa?

        “Saya akan menekankan bahwa penempatan kembali kehadiran militer permanen Amerika ke negara-negara tetangga Afghanistan tidak dapat diterima,” kata Ryabkov, dikutip dari Associated Press, Selasa (13/7/2021).

        “Kami memberi tahu Amerika secara langsung dan lugas bahwa itu akan mengubah banyak hal tidak hanya dalam persepsi kami tentang apa yang terjadi di kawasan penting itu, tetapi juga dalam hubungan kami dengan Amerika Serikat,” tambahnya.

        Dia menambahkan bahwa Rusia juga telah mengeluarkan peringatan kepada negara-negara Asia Tengah.

        “Kami memperingatkan mereka terhadap langkah-langkah seperti itu, dan kami juga telah berbicara jujur ??tentang masalah ini dengan sekutu, tetangga, dan teman Asia Tengah kami dan juga negara-negara lain di kawasan yang akan terkena dampak langsung,” kata Ryabkov dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di Majalah Mezhdunarodnaya Zhizn.

        Sebelumnya pada Senin (12/7/2021), Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menekankan bahwa Kazakhstan, Kirgistan, dan Tajikistan adalah semua anggota Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif, dan setiap kehadiran pasukan asing di wilayah mereka harus didukung oleh pakta keamanan. Dia menambahkan bahwa tidak satu pun dari negara-negara itu yang mengangkat masalah ini.

        Tajikistan dan Kirgistan sama-sama menjadi tuan rumah pangkalan militer Rusia. Kirgistan, yang menjadi tuan rumah pangkalan militer AS yang mendukung operasi di Afghanistan, menutupnya pada tahun 2014.

        Uzbekistan, yang juga menjadi tuan rumah pangkalan AS, memerintahkannya untuk ditutup pada 2005 di tengah ketegangan dengan Washington.

        “Saya tidak berpikir bahwa munculnya fasilitas militer baru Amerika di Asia Tengah akan meningkatkan keamanan di kawasan itu,” kata Lavrov.

        Pemerintahan Biden dilaporkan telah mempertimbangkan Uzbekistan dan Tajikistan yang berbatasan dengan Afghanistan, serta Kazakhstan, sebagai area pementasan yang mungkin untuk pemantauan dan dengan cepat menanggapi kemungkinan masalah keamanan yang mungkin terjadi setelah penarikan militer AS dari Afghanistan.

        “Saya tidak berpikir ada orang yang tertarik untuk menjadi sandera kebijakan dan niat AS seperti itu, dan mengundang pembalasan,” kata Lavrov.

        Menteri luar negeri Rusia mempertanyakan hasil apa yang akan dicapai dengan kehadiran kecil AS di luar Afghanistan ketika 100.000 pasukan NATO di dalam negeri “gagal melakukan apa pun.”

        “Kemungkinan besar, mereka hanya ingin memastikan kehadiran militer mereka di Asia Tengah dan dapat mempengaruhi situasi di kawasan ini.”

        Ketika pasukan Amerika dan NATO dengan cepat menarik diri, Taliban telah membuat keuntungan cepat di seluruh negeri. Mereka mengklaim pada hari Jumat bahwa mereka sekarang menguasai 85% wilayah Afghanistan.

        Para pejabat Rusia telah menyatakan keprihatinan bahwa gelombang Taliban dapat mengacaukan Asia Tengah.

        Kemajuan Taliban telah memaksa ratusan tentara Afghanistan melarikan diri melintasi perbatasan ke Tajikistan yang memanggil 20.000 tentara cadangan untuk memperkuat perbatasan selatannya dengan Afghanistan.

        Pekan lalu, delegasi senior Taliban mengunjungi Moskow untuk menawarkan jaminan bahwa kemajuan pemberontak di Afghanistan tidak mengancam Rusia atau sekutunya di Asia Tengah.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: