Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Deretan Aplikasi Karyawan Secara Online Terbaik unuk Perusahaan

        Deretan Aplikasi Karyawan Secara Online Terbaik unuk Perusahaan Kredit Foto: Agus Aryanto
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Aplikasi absen karyawan secara online saat ini menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan. Terlebih lagi di era serba digital seperti sekarang ini akan lebih efisien dan dapat dipantau lebih mudah dengan adanya aplikasi absensi karyawan.

        Tujuan penggunaan aplikasi absen karyawan secara online khususnya di era pandemi seperti sekarang ini adalah untuk mengontrol karyawan yang mengharuskan untuk Work From Home. Karena bagaimanapun tim HR perlu mengawasi absensi karyawan.

        Tidak sedikit perusahaan yang masih menganggap absensi karyawan sebagai hal yang kurang diperhatikan. Bahkan beberapa perusahaan masih memanfaatkan cara manual dalam mencatat absensi karyawan. Hal ini juga berlaku saat karyawan mengajukan cuti. Padahal cara manual seperti itu memiliki risiko yang cukup besar.Baca Juga: Gaet Apindo Jabar, PT MPI Vaksinasi Gratis 3.200 Karyawan dan Masyarakat

        Sudah saatnya perusahaan Anda menggunakan aplikasi absen karyawan secara online untuk memberikan efek baik terhadap karyawan yang turut mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Lantas, apa sajakah aplikasi absen karyawan secara online yang paling recommended untuk di gunakan?Baca Juga: Hebat!, Fitur Baru Pada Aplikasi Laut Nusantara, Nelayan Bisa Deteksi Lokasi Tuna

        Sebelum membahas aplikasi absensi karyawan terbaik, berikut berbagai keunggulan jika perusahaan menggunakan sistem absensi online, seperti dirangkum, Senin (19/7/2021).

        Keunggulan Menggunakan Aplikasi Absen Karyawan Secara Online

        Mudah Diakses

        Aplikasi absensi online sama seperti aplikasi pada umumnya, cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu Anda tinggal mendownloadnya melalui Play Store maupun App Store secara gratis sesuai petunjuk dari perusahaan.

        Teknologi yang digunakan kini sangat canggih dan sangat memudahkan bagi karyawan. Aplikasi absensi online ini juga sudah terintegrasi dengan layanan berbasis cloud, bukan hanya berbasis web hal itu akan lebih memudahkan pengguna.

        Contohnya saja beberapa aplikasi absensi karyawan saat ini, selain memenuhi fitur basic yang diperlukan karyawan, di dalamnya juga terdapat opsi untuk menautkan dengan dompet digital yang juga bisa dimanfaatkan bagi pengguna.

        Efektif dan Efisien

        Sudah pasti penggunaan teknologi saat ini lebih efektif dan efisien digunakan. Selain untuk kebutuhan absen, aplikasi absensi online ini juga dilengkapi dengan beberapa fungsi lainnya. Karyawan bisa memanfaatkan aplikasinya untuk melakukan cek gaji, melihat kalender kerja, memantau status mutasi, dan berbagai fungsi lainnya.

        Beberapa fungsi lainnya bahkan bisa digunakan untuk proses pengajuan izin atau cuti, sehingga karyawan tidak perlu lagi menulis surat untuk mengajukan izin atau cuti, karena akan lebih mudah dilakukan lewat aplikasi, sehingga sangat efektif dan efisien bagi karyawan.

        Sulit di Manipulasi

        Aplikasi absen online dibuat dengan teknologi yang canggih dalam meminimalisir adanya kecurangan. Untuk itu sulit untuk di manipulasi. Berbeda dengan absensi manual jaman dulu yang menggunakan kartu nama manual atau pemindai sidik jari. Dalam aplikasi absen online, terdapat elemen data yang dikumpulkan seperti lokasi tag GPS, foto selfie, dan waktu. Data tersebut akan sulit di manipulasi oleh pengguna.

        Biaya Lebih Terjangkau

        Layanan absensi online berbasis aplikasi akan lebih efisien digunakan perusahaan. Perusahaan tidak perlu menyiapkan hardware khusus seperti halnya alat fingerprint scanner atau buku untuk menulis daftar hadir. Karena karyawan hanya perlu mendownload aplikasinya di smartphone masing-masing, kemudian mengaktifkan fitur GPS serta kamera untuk melakukan foto dalam registrasi aplikasi. Alhasil, tidak membutuhkan biaya yang banyak, mengingat aplikasi absensi ini bisa diakses secara gratis.

        Setelah membahas keunggulan aplikasi absen karyawan secara online. Langsung saja kita bahas satu per satu rekomendasi aplikasi absensi online terbaik yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda gunakan.

        Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik

        Selain daftar aplikasi di bawah ini, sebenarnya masih terdapat beberapa aplikasi yang tersedia di pasaran. Mulai dari aplikasi yang global sampai aplikasi absensi buatan pengembang di Indonesia. Namun, berikut ini beberapa aplikasi rekomendasi dari kami.

        1. Talenta by Mekari

        Talenta by Mekari merupakan salah satu aplikasi absensi online yang menyediakan beragam fitur untuk memudahkan karyawan. Seperti manajemen database karyawan, fitur GPS, payroll, hingga keperluan administrasi karyawan. Tampilan aplikasi Talenta by Mekari ini juga keren dan user friendly. Sebagai HRD atau Manager, Anda bisa mengecek segala aktivitas karyawan disini, dan Anda berhak menerima atau menolak pengajuan cuti karyawan secara real time berkat database yang terintegrasi.

        2. PHP Timeclock

        PHP Timeclock merupakan aplikasi yang sudah ada sejak tahun 2006. Kendati sudah cukup lama, aplikasi ini sangat efektif untuk digunakan. Tidak hanya untuk mendata karyawan, aplikasi ini juga dapat membantu tim HRD dalam melacak waktu kerja karyawan. Jadi memang aplikasi ini dibuat untuk mengawasi kerja karyawan.

        PHP Timeclock juga memiliki fitur reporting yang dapat membantu HRD dalam menggolongkan karyawan berdasarkan divisi atau departemen tertentu sehingga akan lebih rapi. Tidak hanya bermanfaat bagi HRD, aplikasi Timeclock juga bermanfaat bagi karyawan, hal itu bisa dilihat dari beberapa fitur seperti fitur durasi pekerjaan, jam datang dan pulang kantor, sampai sistem pengajuan cuti.

        3. CKZ Time Clock

        CKZ sebelumnya merupakan aplikasi time tracking, namun aplikasi CKZ ini juga cocok digunakan sebagai aplikasi absensi karyawan. Kendati demikian, CKZ Time Clock memiliki sejumlah fitur, diantaranya real-time monitoring karyawan, laporan penggajian, hingga penyimpanan data kehadiran karyawan.

        Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis hanya dapat digunakan maksimal tiga karyawan saja. Adapun yang berbayar bisa untuk menangani semua karyawan dengan biaya penggunaan aplikasi 499.99 dollar. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mengunjungi web ckzinc.com.

        4. GreatDay HR

        Aplikasi absensi karyawan GreatDay HR memiliki fitur yang dapat dikatakan sangat lengkap. Pada aplikasi ini perekaman kehadiran juga dapat dilakukan dengan mudah. Caranya yaitu karyawan hanya perlu melakukan selfie dengan teknologi pengenalan wajah (facial recognition), kemudian sistem akan membandingkan foto yang diambil dengan rekaman kehadiran.

        Fitur unggulan dari aplikasi GreatDay HR ini adalah dapat memberikan informasi lokasi karyawan dengan akurat. Sehingga hal tersebut dapat membantu perusahaan dalam memantau setiap karyawan yang bekerja dari rumah atau tempat yang seharusnya.

        Selain merekam kehadiran yang mudah,  GreatDay HR ini juga mendukung tim HR Perusahaan dalam melakukan pekerjaannya dengan mudah dan lancar. Salah satunya adalah dalam aplikasi ini terdapat penjadwalan shift kerja yang fleksibel dan mudah untuk di informasikan dan di aplikasikan kepada karyawan. Bahkan di luar shift kerja, HR bisa mengumumkan kebijakan perusahaan seperti sebuah informasi dan hal terkait pengajuan lembur, izin, atau cuti dalam satu aplikasi.

        5. TimeTac

        Selanjutnya ada aplikasi bernama TimeTac yang mudah untuk digunakan oleh para karyawan. Selain itu aplikasi ini cukup mudah dalam melacak waktu dan kehadiran para karyawan, terlepas karyawan sedang bekerja dari rumah, sedang istirahat, atau dalam perjalanan bisnis.

        Dengan aplikasi TimeTac akan memudahkan karyawan dalam absen. Karena data ini akan secara otomatis sinkron dengan sistem cloud. Fitur utama TimeTac yaitu terletak pada pemantauan kehadiran, pelacakan waktu, serta persetujuan cuti yang mudah hanya lewat aplikasi, sehingga lebih memudahkan karyawan tanpa perlu mengurus cara-cara administratif konvensional lainnya.

        6. Engage Holidays

        Engage Holidays merupakan aplikasi absen karyawan yang memungkinkan karyawan dalam mengisi absen serta mengajukan permintaan cuti atau tanggal alternatif. Semua komunikasi dilakukan dalam aplikasi dan kalender secara otomatis. Dengan menggabungkan dua modul perangkat lunak ketidakhadiran dan manajemen liburan dari Engage, maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai ketidakhadiran, apakah karena cuti, atau karena sakit.

        7. My HR Toolkit

        My HR Toolkit adalah sebuah sistem informasi sumber daya manusia yang bagus untk menyimpan seluruh data administrasi karyawan dengan mudah. Di dalam satu tempat, HR bisa mencatat dan mengelola ketidakhadiran karyawan serta membuat laporan. Aplikasi My HR Toolkit ini sangat mudah digunakan dan tidak membutuhkan waktu lama. HR bisa dengan mudah mengakses semua file karyawan yang dapat dijangkau dimanapun dan kapanpun asalkan tetap terhubung dengan jaringan internet.

        8. Appogee Leave

        Appogee Leave adalah aplikasi absensi online yang dapat melacak ketidakhadiran dan cuti. Aplikasi yang sudah berbasis cloud ini dapat diakses di perangkat manapun, smartphone atau laptop. Banyak keuntungan dalam menggunakan Appogee Leave, seperti terdapat fitur pelaporan ketidakhadiran, lacak dan pantau semua jenis ketidakhadiran karyawan. Baik itu caranya dengan menghitung cuti tahunan, bekerja wfh dari rumah, cuti sakit, dan lainnya. HR atau atasan Anda dapat mengatur semuanya di appogee leave hanya dengan beberapa klik.

        9. TeamSeer aCloud

        TeamSeer adalah aplikasi untuk mencatat ketidakhadiran karyawan dengan menggunakan tampilan kalender yang informatif. Termasuk dalam pengajuan cuti karyawan yang dapat mudah dilakukan hanya dalam hitungan detik. Tampilan kalender ini dibuat secara terperinci dan mudah untuk melihat siapa saja yang tidak hadir ataupun yang cuti. TeamSeer aCloud dapat digunakan di perangkat manapun. Dengan transparansi proses yang mudah. Anda dapat mengajukan sebuah perencanaan bisnis juga lewat aplikasi ini serta mendapat persetujuan langsung. Dalam aplikasi ini juga dapat melihat data tentang waktu cuti yang masih ada, sehingga dapat memberikan informasi yang akan bermanfaat bagi karyawan.

        10. E-Days

        E-Days menawarkan prosedur manajemen absensi dan cuti dengan mudah dan cepat untuk para karyawan perusahaan. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi cuti yang tidak terjadwal, dan manajer juga dapat melihat grafik dari ketidakhadiran karyawan lewat aplikasi ini. Software ini akan sangat membantu dalam melakukan perencanaan di masa yang akan datang, menangani ketidakhadiran dan kehadiran karyawan serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan teratur.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: