Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dialog Alot! Buntunya Jalan Damai Ciptakan Atmosfer yang Semakin Panas antara China dan India

        Dialog Alot! Buntunya Jalan Damai Ciptakan Atmosfer yang Semakin Panas antara China dan India Kredit Foto: Reuters/Danish Ismail
        Warta Ekonomi, London -

        Pertemuan tingkat tinggi pertama dalam beberapa bulan antara menteri luar negeri India dan China untuk mengatasi agresi perbatasan telah dilakukan. Namun dialog yang sedang berlangsung dikhawatirkan telah mendorong kedua negara bersenjata nuklir ke ambang perang. 

        Akan tetapi, mereka yang berharap pertemuan pada Rabu akan membantu memecahkan kebuntuan selama setahun. Di sisi lain, sekitar 200.000 tentara yang telah dikerahkan di masing-masing kedua sisi perbatasan Himalaya dibiarkan tidak puas.

        Baca Juga: Lihat Baik-baik! Begini Aksi Nyata China buat Mendamaikan Israel dan Palestina

        Namun, ada satu titik kesepakatan. Seperti yang dicatat Wang Yi, menteri luar negeri China, “hubungan antara India dan China masih berada di titik rendah”.

        Pada Juni tahun lalu, menyusul beberapa bulan meningkatnya ketegangan di sepanjang perbatasan India-China di wilayah Himalaya di Ladakh. Sekitar 20 tentara India dan dilaporkan empat tentara China tewas dalam bentrokan paling mematikan antara kedua negara dalam lebih dari 50 tahun.

        Dilarang menembakkan senjata, kedua belah pihak malah bertempur di tebing gunung es di lembah Galwan dengan gaya abad pertengahan. Pasukan dari keduanya menggunakan tongkat berduri dan terlibat dalam pertempuran tangan kosong, dengan beberapa tentara tewas.

        Bentrokan itu tidak menghasilkan deklarasi perang habis-habisan, tetapi janji de-eskalasi dan beberapa putaran pembicaraan militer yang gagal malah dibayangi oleh satu tahun penumpukan pasukan, artileri dan infrastruktur di kedua sisi perbatasan 2.100 mil tidak seperti pada waktu lain dalam sejarah, termasuk ketika China menginvasi India pada tahun 1962.

        Pejabat militer India menuduh Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menjadi lebih agresif dari hari ke hari. Meskipun pertempuran baru-baru ini antara kedua belah pihak telah dibantah oleh pemerintah India, pejabat militer mengatakan kepada TheGuardian bahwa situasi di daerah Ladakh timur termasuk lembah Galwan dan Sumber Air Panas tetap sangat tegang.

        “Setiap bulan ada dua sampai tiga bentrokan di daerah-daerah ini,” kata seorang perwira tentara lain yang ditempatkan di daerah itu, informasi yang dikuatkan oleh polisi dan petugas intelijen setempat.

        "Untuk menghindari eskalasi lebih lanjut, kami mulai memagari beberapa daerah di sekitar Galwan tetapi orang Cina keberatan dan kami harus memindahkannya," kata petugas lain.

        Kementerian pertahanan dan militer tidak menanggapi permintaan komentar.

        Perwira tentara India menggambarkan penumpukan militer di perbatasan di Ladakh sebagai "tidak seperti sebelumnya". Sumber-sumber pemerintah menguatkan laporan bahwa tambahan 50.000 tentara, serta artileri dan pesawat tempur, termasuk MiG-21 buatan Rusia, telah dikerahkan.

        Sebagai tanda pergeseran prioritas militer India, beberapa pasukan tambahan di perbatasan China, termasuk Ladakh dan negara bagian Sikkim dan Arunachal Pradesh, telah datang dari perbatasan dengan Pakistan, yang selama beberapa dekade merupakan perbatasan paling bergejolak di India.

        Baca Juga: Taliban Makin Kuat, India Pulangkan Puluhan Diplomat dari Afghanistan

        Ujian terbesar bagi kedua belah pihak adalah selamat dari musim dingin yang tidak bersahabat, di mana suhu turun hingga di bawah 40 derajat. Namun para perwira India dengan bangga mengatakan bahwa mereka tetap berada di jalur, bahkan ketika cuaca menjadi sangat dingin sehingga bahan bakar di dalam tangki membeku. Meskipun suhu glasial, para prajurit harus tinggal di tenda yang dapat dipindahkan dengan cepat.

        “Kita seharusnya memiliki ruang hidup prefabrikasi mengingat cuaca buruk,” kata seorang komandan tentara India yang ditempatkan di wilayah tersebut.

        “Tetapi karena pergerakan Tiongkok yang tidak dapat diprediksi, kami mengandalkan tenda karena mereka dapat dipindahkan dengan cepat kapan pun dibutuhkan,” tambahnya, seperti dikutip laman The Guardian.

        Sementara perwira militer India mengatakan bahwa mereka tidak dapat menandingi infrastruktur Cina berteknologi tinggi, mereka terkadang mengaku meniru cara hidup mereka.

        “Misalnya, kami melihat orang China menggali parit dan kemudian memasang tenda di dalamnya,” kata seorang perwira militer. “Kami menyadari itu membantu menghangatkan kanopi dan sejak itu kami telah melakukannya.”

        Bagi penduduk setempat di negara bagian Ladakh, India, yang telah menghabiskan satu tahun menyaksikan tentara, tank, helikopter, dan artileri berat dibawa di sepanjang perbatasan, ketakutan tetap terasa.

        “Saya berharap perang tidak pernah pecah di sini,” kata Dolma Dorjay, yang dibesarkan di desa Chushul dekat pangkalan militer yang luas di sepanjang garis kendali aktual [LAC], perbatasan sengketa tak bertanda antara India dan China. “Tapi persiapannya sepertinya sedang terjadi untuk perang.”

        Sebelum bentrokan di Galwan, Dorjay dan sebagian besar penduduk desa, yang merupakan penggembala ternak dari suku Changpa, akan membawa ternak mereka ke lembah yang luas dan menyapu tanpa memikirkan perbatasan lagi dan akan bebas berbaur dengan para penggembala dari pihak Cina.

        “Kami akan berdagang ternak dan karpet dan lebih banyak lagi dengan orang-orang dari sisi lain,” katanya.

        Sonam Tsering, penduduk lain dan mantan anggota dewan lokal Chushul, mengatakan situasi di sepanjang perbatasan adalah yang paling termiliterisasi yang dapat diingat oleh siapa pun di desa itu, dengan dua tentara tampaknya siap untuk menyerang, terutama di daerah Ladakh timur.

        “Para tetua kami mengatakan bahwa pria dan mesin tidak dikerahkan seperti ini bahkan dalam perang tahun 1962,” katanya.

        “Pangkalan tentara di Chushul telah berkembang beberapa kali. Sekarang orang tidak diizinkan pergi ke dekat perbatasan dan turis dilarang berkunjung,” imbuh Sonam.

        Durbuk adalah pangkalan militer strategis lainnya di Ladakh timur yang telah berkembang pesat. Penduduk setempat mengatakan bahwa ratusan tenda baru telah didirikan dalam beberapa bulan terakhir untuk menampung semakin banyak tentara yang datang, sementara struktur baru telah dipasang untuk melindungi tank dan kendaraan yang lebih besar.

        Deldan, yang mengoperasikan wisma di desa Durbuk, menggambarkan bagaimana “pada malam hari, kami melihat konvoi besar truk dan tank tentara menuju perbatasan”.

        Di beberapa daerah yang paling tegang, zona penyangga telah disepakati antara pasukan India dan Cina untuk mencegah pasukan datang ke pukulan, dan menurut menteri luar negeri Cina pasukan garis depan telah "melepaskan diri di Lembah Galwan dan daerah Danau Pangong". Tetapi penduduk setempat mengatakan ini tidak mencerminkan kenyataan di lapangan dan menolak pembicaraan tentang de-eskalasi.

        Di danau Pangong, penduduk setempat mengatakan India belum mendapatkan kembali wilayah di mana Cina dirambah.

        “Tanah milik kami sekarang menjadi zona penyangga,” kata Padma Yangdog, warga Meerak, sebuah desa di seberang wilayah perambahan Cina. “Bagaimana mereka [pasukan China] mundur?”

        Seperti yang dijelaskan ketika Jaishankar dan Wang bertemu di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri di Tajikistan pada hari Rabu, India dan China masih memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang situasi perbatasan.

        Jaishankar mengatakan hanya dengan de-eskalasi dan pelepasan China dari perbatasan, hubungan bilateral yang sebelumnya baik dapat dilanjutkan. Wang, bagaimanapun, mengatakan bahwa "tanggung jawab tidak terletak pada China" untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan tampaknya meminta India untuk menerima status quo saat ini demi kepentingan hubungan baik. Menurut Wang, terlepas dari kehadiran pasukan yang besar, “situasi di daerah perbatasan China-India secara umum telah mereda”.

        Brahma Chellaney, seorang profesor studi strategis di Pusat Penelitian Kebijakan di Delhi, mengatakan jelas bahwa India dan China “sekarang terkunci dalam kebuntuan militer yang tidak nyaman, dan seluruh perbatasan telah menjadi perbatasan panas”.

        “China mencoba untuk menangkal India melalui penumpukan militer yang hiruk pikuk tetapi orang India menolak untuk menyerah,” katanya. “Fakta bahwa orang India berhasil bertahan melalui musim dingin Himalaya yang keras membuat kemungkinan besar krisis ini tidak akan berakhir dalam waktu dekat.”

        Menurut Chellaney, “satu-satunya cara untuk memecahkan kebuntuan adalah jika Cina memutuskan untuk memulai perang. Tapi, seperti yang disadari orang China, bahkan konflik habis-habisan kemungkinan masih akan berakhir dengan jalan buntu lainnya.”

        “Dengan India yang menolak untuk mundur, pilihan bagi China adalah dengan diam-diam menghentikan intrusinya di daerah-daerah di mana kebuntuan terbesar sedang terjadi,” katanya, “atau membiarkan kebuntuan ini berlanjut.”

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: