Di tengah pandemi Covid-19, banyak pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) susah payah menghadapi bisnisnya, bahkan tak sediki ada yang harus gulung tikar.
Namun, pertumbuhan bisnis kuliner makanan dan minuman sehat penjualannya terus naik karena kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat.
Salah satunya, Summer Minibar yang didirikan September 2019, dan hingga kini sudah memiliki 20 cabang dalam kurun waktu 30 bulan. Baca Juga: Gandeng Enesis Group, CFO Club Indonesia Ajak Pelaku UMKM Sukseskan Vaksinasi
Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/7/2021), Owner Summer Minibar Richard Theodere mengatakan di tengah pandemi penjualan online dan offline Summer Minibar malah mengalami peningkatan.
Bukan tanpa sebab, concern dan awareness masyarakat terhadap minuman maupun makanan sehat itu terus meningkat. Baca Juga: Dear Pebisnis Kuliner, Kini Hadir Freezer Jumbo dan Hemat Energi Lho!
“Dari awal kami berdiri sampai sekarang tidak ada store Summer Minibar pun yang tutup dan selama 1 tahun Covid dan PPKM kami terus ekspansi buka cabang-cabang baru,” katanya.
Lebih lanjut, ia menungkapkan strategi bisnisnya untuk mempertahankan usaha makanan minuman sehat di era pandemi, yakni dengan memanfaatkan peluang di dalam ekosistem digital
“Banyak masyarakat yang penasaran dengan produk Summer Minibar setelah mengetahui informasi dari sosial media dan rekomendasi dari teman temannya. Semenjak viral melalui media social & mouth to mouth, produk Summer Minibar semakin banyak diketahui oleh masyarakat dan mampu bertahan hingga saat ini di masa pandemi,” jelasnya.
Usaha yang didirikan bersama dua sahabatnya yakni Renaldo Akhira dan Muh Faraz Nazari, ia menceritakan pada awal membangun usaha ini sangat tidak mudah, salah satunya yaitu mengedukasi dan membangun awareness produk kepada konsumen di market yang belum paham tentang low calory & healthy produk.
“Usaha UMKM masih survive di masa pandemi karena memang dari awal kami sudah setting untuk bisnis yang profitable karena opex dan labor-nya rendah, produk yang bisa repeat order karena based on healty food and drinks dan concept grab and go yang makin trend setiap tahun bertahan lebih lama dan menjadi salah satu UMKM yang sukses di Indonesia,” paparnya.
Melalui Summer Minibar, Richard ingin memperkenalkan brandnya yang menyajikan minuman dan makanan rendah kalori serta bisa mejadi pilihan utama bagi konsumen yang ingin makan sehat, low calory dan affordable. Summer Minibar menawarkan minuman dan makanan sehat kekinian berkalori rendah berbeda dengan kopi dan minuman boba yang tinggi kalori.
“Salah satu menu minuman yang paling lawas tentunya smoothies dan shirataki, minuman sehat bahan fresh fruit dan 100% buah asli di tambah menu shirataki burger kami adalah menu pertama di Indonesia mungkin hanya Summer Minibar yang menjual menu shirataki burger di Indonesia,” terangnya.
“Fokus bisnis kami adalah konsep layanan grab and go, kami membutuhkan partner untuk bisa menjangkau customer kami seperti Grab, Gojek, Traveleats dan Shopee Food. Summer Minibar juga merupakan merchant pilihan salah satu merchant dengan TRX yang besar di semua aplikasi tersebut dengan rating 4.8-5.0,” tambahnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: