Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tekan Mobilitas Masyarakat, PT KAI Dukung Transisi PPKM Darurat ke PPKM Level 4

        Tekan Mobilitas Masyarakat, PT KAI Dukung Transisi PPKM Darurat ke PPKM Level 4 Kredit Foto: Antara/Moch Asim
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat mayoritas calon pelanggan yang ditolak berangkat karena tidak memiliki kartu vaksin sebanyak 10.865 calon pelanggan, lalu tidak membawa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau sejenisnya sebanyak 6.408 calon pelanggan, dan tidak membawa hasil negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen sebanyak 3.663 calon pelanggan.

        Sejumlah angka tersebut dilakukan selama pelaksanaan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 sejak 3 sampai 25 Juli 2021. "KAI secara tegas menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah selama masa PPKM Darurat dan PPKM Level 4," ujar VP Public Relations Joni Martinus, Rabu (28/7/2021).

        Baca Juga: Perdana, KAI Gelar Anugerah Jurnalistik Sambut HUT ke-76

        Untuk membatasi mobilitas, KAI mengurangi jumlah perjalanan KA sebanyak 40 persen. Dari rata-rata 348 perjalanan KA Jarak Jauh dan Lokal di bulan Juni 2021 menjadi sebanyak 208 KA per hari pada periode 3 sampai 25 Juli 2021.

        Selama periode tersebut, pelanggan Kereta Api Indonesia mengalami penurunan sebesar 79 persen dibanding bulan Juni 2021. Pada 3 sampai 25 Juli 2021, rata-rata pelanggan KA Jarak Jauh dan KA Lokal adalah 18.423 pelanggan per hari, turun dibanding bulan Juni 2021 sebanyak 86.514 pelanggan.

        "KAI mendukung pembatasan mobilitas di masyarakat melalui transportasi kereta api untuk meminimalisasi penyebaran Covid-19 yang kasusnya tengah menanjak," ujarnya.

        Dalam mengoperasikan Kereta Api di masa PPKM Darurat dan PPKM Level 4 tersebut, KAI tetap mengacu pada ketentuan pemerintah, yaitu SE Kemenhub No 42 Tahun 2021, SE Kemenhub No 50 Tahun 2021, dan SE Kemenhub No 54 Tahun 2021. Seluruh proses verifikasi dokumen yang menjadi persyaratan untuk bepergian menggunakan Kereta Api selalu diperiksa secara teliti dan cermat oleh petugas di stasiun.

        "Kami berterima kasih atas kerja sama seluruh pelanggan KAI yang telah mematuhi berbagai persyaratan naik Kereta Api pada masa PPKM Darurat dan PPKM Level 4," ujar Joni.

        Pada momentum PPKM darurat pula, KAI menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pelanggan KA Jarak Jauh di 13 stasiun, yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, dan Jember.

        Sejak 3 s.d. 25 Juli 2021, KAI telah melakukan vaksinasi Covid-19 gratis kepada 16.213 peserta di 13 stasiun. Kegiatan vaksinasi gratis di stasiun ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam rangka mempercepat tercapainya herd immunity di masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 di Indonesia dapat lebih terkendali.

        KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kelancaran proses vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat dan PPKM Level 4 ini sehingga seluruh pelayanan dapat berjalan dengan lancar.

        "KAI terus berkomitmen untuk mendukung berbagai kebijakan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bethriq Kindy Arrazy
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: