Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jangan Surut di Tengah Pandemi, Institut Teknologi PLN Gelar Kegiatan Pameran Inovasi

        Jangan Surut di Tengah Pandemi, Institut Teknologi PLN Gelar Kegiatan Pameran Inovasi Kredit Foto: Ferry Hidayat
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Institut Teknologi PLN menyelenggarakan Pameran Inovasi Virtual yang akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Agustus 2021 melalui website inikami.itpln.ac.id.

        Acara ini mengambil tema “Youth Innovation for Nation Development”, kegiatan ini digelar oleh Institut Teknologi PLN melalui Bagian Kegiatan Mahasiswa dan Konseling (BKMK).

        Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam mengembangkan karya inovasinya dan juga sebagai wadah serta apresiasi dari lingkup terdekatnya. 

        Rektor Institut Teknologi PLN, Prof. Dr. Ir. Iwa Garniwa M.K, M.T mengatakan meski di tengah pandemi COVID-19 tidak bisa menyurutkan minat dan kreativitas mahasiswa dalam berkreasi untuk melahirkan sebuah inovasi.

        "Pameran Inovasi Virtual (PIV) ini diharapkan dapat menjadi salah satu ajang pertemuan innovator-inovator muda dalam bertukar ide, riset, dan sebagai media kolaborasi. Dengan menghadirkan stakeholder, diharapkan para innovator mendapatkan masukan untuk pengembangan produk inovasi guna memenuhi kebutuhan riset yang lebih aplikatif," kata Prof Iwa dalam keterangan persnya, Sabtu (14/08/2021).

        Pameran ini diikuti oleh peserta dari luar ITPLN seperti Politeknik Negeri Semarang, Universitas Teknologi Sumbawa, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia, Politeknik Pos Indonesia, BRI Institute, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas Tama Jagakarsa.

        Ada pula partisipan dari PT PLN (Persero), PT Pembangkitan Jawa Bali, PT PLN Pusat Sertifikasi, dan lain sebagainya.

        Institut Teknologi PLN juga berharap agar PIV dapat membuka wawasan dan memberikan inspirasi bagi calon-calon mahasiswa untuk terus berkarya guna meningkatkan daya saing serta menyelesaikan berbagai permasalahan di kalangan masyarakat.

        Dalam kegiatan Pameran ini disajikan beberapa acara yag dapat diikuti oleh pelajar dan mahasiswa seluruh Indonesia antara lain :

        1. Seminar Inovasi dengan tema: Inovasi sebagai Katalisator Kemajuan Bangsa pada Kamis, 12 Agustus 2021 pukul 13.00-16.00 WIB dengan pembicara Dr. Ir. Syarif Hidayat, M.T yang merupakan Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, pencipta lebih dari 30 alat proteksi petir dan pemegang 12 Paten dan 4 Hak Cipta. Lalu ada Dr. ing. Andika W. Pramono, M.Sc, Dosen Institut Teknologi PLN dan juga professor riset/penelitian ahli utama bidang Teknik material.
        2. Bincang Inovasi dengan tema: Innovation 101 pada Jumat, 13 Agustus 2021 pukul 09.00-11.15 WIB dengan pembicara alumni Institut Teknologi PLN yang berprestasi dalam bidang inovasi Irfan Zidny, SPV perencanaan system PLN UPS Pemantangsiantar, Wakil Presiden Mahasiswa STTPLN periode 2015-2016, dan Rezha Bayu Oktavian A, Senior Associate at Pearl Consulting, Co-Founder at Policylab.
        3. Mini Webinar ini merupakan rangkaian acara yang menyajikan ragam inovasi dan dapat berbicang langsung dengan para inovator yang dibawakan oleh Cendekia Luthfieta N, mahasiswi berprestasi ITPLN dan Fadma Ayu Abella, mahasiswi dari Fakultas Telematika Energi ITPLN.
        4. Virtual Exhibition adalah acara yang menampilkan ragam inovasi mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Bagikan Artikel: