Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wujudkan Herd Immunity, Apindo Jabar Gercep Vaksinasi Industri Padat Karya

        Wujudkan Herd Immunity, Apindo Jabar Gercep Vaksinasi Industri Padat Karya Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        DPD Apindo Jawa Barat bersinergi dengan Polda Jawa Barat secara marathon melakukan vaksinasi massal di PT Metro PearI Indonesia, PT Glostar Indonesia 1, PT Pou Yuen Indonesia, dan PT Muara Tunggal.

        Hal ini dilakukan untuk melakukan akselerasi pembentukan kekebalan imunitas (herd immunity) untuk beberapa perusahaan.

        "Sehingga nantinya perusahaan akan siap untuk beroperasi 100% lagi dengan lebih nyaman dan lebih tenang tidak lagi dibayang-bayangin oleh penularan virus Covid-19," kata Ketua DPD Apindo Jabar, Ning Wahyu Astutik saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (17/8/2021).

        Baca Juga: Masyarakat, Tolong Jangan Pilih-pilih Vaksin, Semua Vaksin Sama Baiknya

        Ning mengungkapkan sampai saat ini sudah 650 perusaahan anggota Apindo Jabar sudah melakukan vaksinasi. Bahkan, 350.000 karyawan sudah tervaksin.

        "Jumlah tersebut akan terus bertambah karena kegiatan vaksinasi juga terus dilakukan,"ujarnya

        Vaksinasi massal ini diprioritaskan untuk perusahaan-perusahaan padat karya. Pasalnya, melibatkan puluhan ribu karyawan dalam satu lokasi dengan tingkat risiko penularan yang sangat tinggi. Ia menuturkan dengan mengedapankan padat karya ini diharapkan membantu mempercepat herd immunity masyarakat sehingga kegiatan perusahaan akan terus berjalan dan ekonomi kembali bangkit.

        Meskipun demikian, kata Ning, tidak semua karyawan berani melakukan vaksinasi sehingga hal tersebut menjadi tantangan untuk perusahaan dan memicu perusahan berkreasi untuk melakukan edukasi, promosi, dan kampanye pentingnya melakukan vaksinasi.

        Misalnya, dengan memberikan sosialisasi kepada karyawan melakui ceramah-ceramah di masjid perusahaan, banner, menggunakan speaker di setiap gedung, atribut ajakan vaksin seperti t-shirt, pin, dan lainnya.

        Ada juga perusahaan yang melakukan terobosan luar biasa untuk menarik perhatian karyawan agar mengikuti vaksinasi hingga mengadakan doorprize kepada karyawan berupa iPhone 12, laptop, smart watch, voucer belanja, dan sebagainya.

        "Bahkan saya mendengar langsung dari pimpinan perusaahaan Pou Yuen Indonesia, Pak Hendrick bahwa mereka melakukan program doorprize dengan berbagai macam hadiah. Tidak hanya Pou Yuen Indonesia hal serupa dilakukan oleh PT Glostar Indonesia 1 Sukabumi seperti yang disebutkan Ibu Lisa dan Mr. Chou," jelasnya.

        Selain itu, lanjut Ning, berbagai edukasi ini juga bisa dilihat hasilnya pada perusahaan PT Metro Pearl Indonesia seperti yang disampaikan oleh Direktur Metto Pearl Indonesia, Anto Tsai.

        Baca Juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19 KFC Group, Bamsoet Apresiasi Keterlibatan Swasta

        “Antusias karyawan pada sesi kedua vaksinasi meningkat 30% dari sesi sebelumnya," tambahnya.

        Sedangkan antusiasme mengikuti vaksinasi ini juga ditunjukan karyawan PT Muara Tunggal yang bertempat di Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Mereka proaktif dalam melakukan inisiasi untuk mengadakan kegiatan vaksinasi. Bahkan, para karyawan mampu menjadi sukarelawan panitia pelaksana dan mengatur segala sesuatunya menjadi teratur, tertib dan lancar.

        "Akselerasi vaksinasi ini akan diupayakan dilaksanakan secara maksimal tanpa lelah dan dilakukan secara berkelanjutan di seluruh wilayah Jawa Barat, sehingga target heard immunity tercapai," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: