Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kalau Joe Biden Takut Perang dengan China, Bisa Kok Lindungi Tsai Ing-wen Tanpa Adu Otot

        Kalau Joe Biden Takut Perang dengan China, Bisa Kok Lindungi Tsai Ing-wen Tanpa Adu Otot Kredit Foto: Reuters/Leah Millis
        Warta Ekonomi, Washington -

        Salah satu tantangan keamanan nasional terbesar yang mengancam Amerika Serikat adalah bahaya perang dengan China atas Taiwan.

        Setelah keputusan Presiden Joe Biden kepada Taliban di Afghanistan, pentingnya mendukung kemerdekaan Taiwan lebih besar dari sebelumnya. Kegagalan AS untuk menjaga komitmen publik 42 tahun ke Taiwan akan menghancurkan reputasi AS sebagai negara yang dapat diandalkan. Pada gilirannya, negara-negara di seluruh dunia akan menjadi lebih mungkin untuk mengakomodasi China

        Baca Juga: Gawat! Jika Perang Amerika vs China Pecah, Pakar Khawatir Peristiwa Tahun 1996 di Taiwan Bisa...

        Seluruh sistem aliansi global kita akan runtuh. Newt Gingrich, menuliskan opininya dalam kolom di Fox News, Kamis (14/10/2021). Pergeseran ke sistem internasional komunis yang didominasi China akan segera terjadi.

        Komentar Mao Zedong tahun 1956 bahwa AS adalah, "macan kertas. Secara lahiriah harimau, terbuat dari kertas, tidak mampu menahan angin dan hujan" akan terbukti sebagai ramalan. Mustahil untuk menyatukan koalisi global jika kekuatan pusat adalah macan kertas.

        Ancaman terhadap Taiwan itu nyata dan bisa datang lebih cepat dari yang diperkirakan orang. Para pemimpin Partai Komunis China (PKC) telah menghasilkan gelombang artikel dan pidato yang mengancam tentang merebut kembali Taiwan.

        Hampir 150 pesawat militer yang terbang di dekat wilayah udara Taiwan bulan ini adalah tanda-tanda meningkatnya keputusasaan Beijing untuk menaklukkan apa yang dianggapnya sebagai provinsi yang memisahkan diri.

        Dukungan AS untuk Taiwan telah terus mengganggu kediktatoran komunis. Dari sudut pandangnya, Taiwan adalah provinsi ke-19 di China. Para pemimpinnya berusaha untuk "menyatukan kembali" negara itu.

        Seperti yang dikatakan Sekretaris Jenderal Xi Jinping pada hari ulang tahun ke-100 PKC, "memecahkan masalah Taiwan dan mewujudkan reunifikasi penuh tanah air adalah tugas sejarah yang teguh dari PKC dan aspirasi bersama semua orang China."

        Terlepas dari kata-kata Xi, Taiwan melihat dirinya semakin berbeda dari China daratan, meskipun sebagian besar (sekitar 26 persen) perdagangan Taiwan adalah dengan daratan.

        Selanjutnya, sekitar 2,7 juta orang China daratan mengunjungi Taiwan setahun sebelum wabah COVID-19. Orang-orang Taiwan memiliki ekonomi yang berkembang, demokrasi yang kuat, kebebasan pers, dan tidak ada keinginan untuk mengikuti Hong Kong ke dalam kediktatoran totaliter komunis.

        Hubungan ekonomi yang saling menguntungkan antara Taiwan dan China menghadapi dua bahaya jangka pendek.

        Pertama, ketika ekonomi komunis China meluruh di bawah tindakan keras totaliter Xi, Xi dapat didorong untuk memutuskan menaklukkan Taiwan akan memberi makan kebanggaan nasionalis dan memperkuat kediktatoran.

        Kedua, penyelidikan China yang terus-menerus dan agresif terhadap Taiwan dapat menyebabkan kesalahan atau reaksi berlebihan yang hanya meningkat menjadi perang besar.

        Baca Juga: Dahsyat! Pakar Militer Tahu Taiwan Tidak Bisa Berbuat Apa-apa atas China, Bahayanya Adalah...

        Adalah kepentingan vital AS untuk menghindari perang di Selat Taiwan sambil memastikan kemerdekaan Taiwan.

        Dalam setiap permainan perang besar baru-baru ini yang melibatkan China, AS akhirnya kalah atau harus menggunakan senjata nuklir. Laksamana senior telah berbicara berulang kali tentang ketidakmampuan kami untuk mengalahkan China dengan struktur kekuatan saat ini.

        Untuk menghindari perang, kita harus mempersiapkannya dengan rajin dan menyeluruh. Seperti yang dikatakan Presiden George Washington dalam pidato tahunan pertamanya di depan Kongres pada 8 Januari 1790: "Bersiap untuk perang adalah salah satu cara paling efektif untuk memelihara perdamaian." Washington menggemakan Jenderal Romawi Vegetius, yang mengatakan pada abad keempat "Jika Anda menginginkan perdamaian, bersiaplah untuk perang."

        Kuncinya adalah mengembangkan Taiwan yang kuat dan siap sepenuhnya yang begitu tangguh sehingga tidak ada harapan bagi China untuk mencoba menaklukkannya. Laksamana James Stavridis menggambarkan ini sebagai mengubah Taiwan menjadi landak.

        Secara khusus, mantan Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien dan Alex Gray baru-baru ini menulis untuk The Wall Street Journal, sekutu AS dan Eropa harus memberi Taiwan senjata anti-kapal, ranjau laut yang dijatuhkan dari udara, dan peluncur rudal yang ditembakkan dari bahu.

        Jika Taiwan yang bersenjata lengkap diintegrasikan ke dalam kemampuan militer Jepang, AS, dan Australia, menyeberangi Selat Taiwan sepanjang 140 mil akan menjadi sangat mahal bagi China.

        Ingat, bahkan di puncak kekuasaannya, Adolph Hitler tidak berusaha menyeberangi Selat Inggris selebar 20 mil. Selat Taiwan adalah penghalang yang jauh lebih tangguh.

        Baca Juga: Pakar Pertahanan: Amerika Sangat Mungkin Terpancing Aksi Militer China

        Taiwan mungkin dapat mempertahankan diri terhadap invasi, tetapi membutuhkan sistem pertahanan terpadu dengan sekutu utamanya untuk menghentikan upaya pemaksaan. Sebagai sebuah pulau, Taiwan akan rentan terhadap ancaman China terhadap lalu lintas lintas laut dengan membangun zona uji coba rudal atau mengumumkan larangan kapal selam.

        Taiwan bergantung pada lalu lintas laut untuk menjaga ekonominya tetap makmur. Dengan ancaman-ancaman itu, tidak ada perusahaan yang akan mengasuransikan kapal-kapal yang melakukan perjalanan ke dalam ketidakpastian seperti itu.

        Angkatan Laut AS, Jepang, dan Australia dapat memberikan ancaman balasan terhadap intimidasi China. Jepang, khususnya, paling dekat dengan Taiwan dan memiliki kepentingan langsung untuk memastikan Taiwan tidak terintimidasi.

        Latihan angkatan laut baru-baru ini yang mencakup AS, Inggris Raya, Jepang, Kanada, Selandia Baru, dan Belanda adalah contoh yang baik dari tekanan penyeimbang yang dapat dilakukan.

        Akhirnya, Taiwan dapat bekerja dengan Komando Luar Angkasa AS untuk mengembangkan kesadaran situasional 100 persen dari setiap tindakan China. Kendaraan tak berawak yang panjang dan gigih dapat mengorbit selama 40 jam dengan jangkauan dari satelit bumi rendah.

        Pusat informasi pertempuran baru dapat mengintegrasikan dan memproses data dalam jumlah besar dan mengirimkannya dengan laser secara real-time. Taiwan dapat memiliki pengetahuan yang sangat rinci tentang apa yang sebenarnya dilakukan oleh komunis China.

        Pusat pengawasan dan analisis gabungan Asia ini dapat merevolusi kemampuan kita untuk memahami rencana dan persiapan komunis China dan mencegahnya untuk menghindari daripada mengobarkan perang.

        “Tujuan yang diinginkan, sejujurnya, bukanlah untuk melawan China. Tidak ada yang ingin terlibat dalam konflik ... Adalah tanggung jawab utama kami untuk menghalangi mereka dari apa yang mereka coba capai, termasuk mengambil alih Taiwan. Jadi ini sangat penting… bahwa kami melakukan investasi sekarang, tahun ini, sebagaimana diperlukan untuk benar-benar dapat lebih fokus pada China dan banyak ancaman lain yang terkadang kami hadapi di seluruh dunia," seperti yang dikatakan Sekretaris Angkatan Laut Carlos Del Toro.

        Mudah-mudahan, Biden akan menerima saran Toro.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: