Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jakarta Dessert Week Dinobatkan jadi Bagian Kharisma Event Nusantara

        Jakarta Dessert Week Dinobatkan jadi Bagian Kharisma Event Nusantara Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        JDW menginjak tahun ketiganya, dan tetap berjalan di situasi pandemi dengan menggandeng Tokopedia yang menyediakan halaman khusus JDW berisikan pilihan menu dessert dan pastry. Festival berlangsung di 25 Oktober-14 November 2021.

        Di tahun ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia juga menjadikan JDW sebagai bagian dari Kharisma Event Nusantara (KEN) 2021 yang merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia.

        Adanya event parekraf ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

        Bukan sembarang event, Kharisma Event Nusantara 2021 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi dilakukan bertujuan untuk menyaring, dan mendapatkan kegiatan (events) yang berkualitas.

        Sehingga, bentuk pendukungan yang diberikan pada Jakarta Dessert Week pun akan lebih jelas dan terukur.

        Agar event ini dapat memberikan dampak signifkan bagi ekonomi, sosial, budaya, hingga lingkungan, tentunya persiapan dilakukan secara matang.

        Di tahun ini pula Jakarta Dessert Week mencoba menyusun sebuah impact report yang berisi laporan dan rangkuman dampak positif yang dibawa JDW baik ke pelaku sektor maupun ekonomi secara umum.

        JDW adalah festival dessert terbesar di Indonesia yang bertujuan mendukung ekosistem industri dessert dan pastry di Jakarta dengan memberikan ruang kreatif bagi para pelaku bisnis dessert.

        Pemilihan toko kue dan resto berdasarkan proses kuratorial, dengan penilaian mencakup kualitas produk, narasi, dan eksistensinya.

        Sebagai platform ‘bergerak out of the box’, JDW menantang para seniman dapur untuk menampilkan limited edition dessert. Pada sisi konsumen, gerakan serentak hadirnya produk limited secara terbatas mendorong keingintahuan, gairah berbelanja, serta menciptakan perbincangan.

        Ini keunikan yang menjadikan JDW satu-satunya festival yang mengajak semua partisipannya menghadirkan menu baru.

        Tak melulu belanja, JDW juga menampilkan edukasi melalui kanal video streaming Tokopedia Play. Beberapa pelaku industri yang disegani telah tampil berdemo, a.l. Chef Karen Carlotta, Chef Will Goldfarb (World’s Best Pastry Chef 2021 menurut The World’s 50 Best Restaurants), Chef Talita Setyadi, dan Chef Kim Pangestu. Dari jajaran celebrity chef, juga telah hadir a.l. Devina Hermawan, Yuda Bustara, hingga Renatta Moeloek.

        Sejak tahun lalu, partnership bersama Tokopedia mengubah festival yang semula ofine dan Jakarta-sentris menjadi lebih inklusif. Adaptasi ini menyumbang magnitude dan memberi ruang bagi bagi para

        Co-Founders untuk turut memilih toko kue online yang berpotensi. Bagi pemilik resto fsik, terjadinya transaksi secara online membantu menekan laju kurva pandemi dan membantu ketahanan bisnis selama pandemi.

        Melihat dampak positif yang dibawa JDW dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, baik dari sisi kontribusi ke sektor kuliner maupun membangun citra Jakarta sebagai culinary melting pot dan culinary hub, JDW di 2021 dinobatkan sebagai salah satu Kharisma Event Nusantara oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Bagikan Artikel: