Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Dicatat! Ini Sejumlah Agenda Erdogan yang Bakal Berkunjung ke Indonesia

        Dicatat! Ini Sejumlah Agenda Erdogan yang Bakal Berkunjung ke Indonesia Kredit Foto: Twitter/Jokowi
        Warta Ekonomi, Roma, Italia -

        Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela rangkaian acara KTT G20 yang digelar di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).

        Keduanya membahas sejumlah hal, termasuk rencana kunjungan Erdogan ke Indonesia. Kabar rencana kunjungan ini sebelumnya telah dilaporkan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi usai lawatan resminya ke Turki.

        Baca Juga: Pangeran Charles Doakan Jokowi Sukses, Ini Pesan-pesan Hangatnya

        "Saya menantikan kunjungan Yang Mulia ke Indonesia sekitar bulan Januari atau Februari 2022. Saya yakin kunjungan Yang Mulia akan makin mempererat hubungan Indonesia-Turki. Kita tugaskan Menteri Luar Negeri kedua negara untuk mempersiapkan kunjungan dengan baik," ungkap Jokowi, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI.

        Selain mempersiapkan kunjungan, kedua menlu juga ditugaskan untuk mempersiapkan peluncuran mekanisme strategis tingkat tinggi (high level strategic mechanism).

        Kedua presiden pun membahas rencana pembentukan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif antara Indonesia dan Turki atau IT-CEPA. Jokowi yakin IT-CEPA akan lebih memperkokoh kerja sama ekonomi kedua negara.

        "Saya sarankan agar kita menugaskan Menteri Perdagangan masing-masing untuk segera mempercepat perundingannya. Tentu akan sangat baik jika IT-CEPA menjadi salah satu deliverable dari kunjungan Bapak Presiden tahun depan," ujarnya.

        Dalam pertemuan bilateral itu, orang nomor satu di Indonesia ini didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menlu Retno Marsudi.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: