Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Inilah Gilanya China! Kapal Berteknologi Maju dan Berkemampuan Tinggi Ada di Pakistan, Kini India...

        Inilah Gilanya China! Kapal Berteknologi Maju dan Berkemampuan Tinggi Ada di Pakistan, Kini India... Kredit Foto: Twitter/PSFAERO
        Warta Ekonomi, Islamabad -

        China telah mengirimkan kapal perang terbesar dan tercanggihnya ke Pakistan karena berusaha untuk memperkuat angkatan laut sekutunya di segala cuaca di Laut Arab dan Samudra Hindia.

        Dirancang dan dibangun oleh China State Shipbuilding Corporation Limited (CSSC), fregat dikirim ke Angkatan Laut Pakistan dalam upacara commissioning di Shanghai, CSSC mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada Senin (8/11/2021).

        Baca Juga: India Waswas, Kapal Perang Terbesar dan Tercanggih Milik China Akhirnya Tiba di Pakistan

        Fregat Type 054A/P dinamai PNS Tughril, Global Times yang dikelola pemerintah melaporkan pada Selasa (9/11/2021).

        Duta Besar Pakistan untuk China Moin ul Haque mengatakan bahwa penugasan PNS Tughril memastikan keseimbangan kekuatan di Samudra Hindia.

        Dalam konteks paradigma keamanan keseluruhan kawasan, fregat kelas Tughril akan memperkuat kemampuan Angkatan Laut Pakistan untuk menanggapi tantangan maritim guna memastikan pertahanan ke arah laut, menjaga perdamaian, stabilitas, dan keseimbangan kekuatan di kawasan Samudra Hindia, katanya, menurut laporan Global Times.

        PNS Tughril adalah lambung pertama dari empat frigat Tipe 054 yang sedang dibangun untuk Angkatan Laut Pakistan dan kapal tersebut merupakan platform berteknologi maju dan berkemampuan tinggi dengan daya tembak permukaan-ke-permukaan, permukaan-ke-udara dan bawah air yang sangat besar, selain potensi pengawasan yang luas. , harian itu mengutip pernyataan Angkatan Laut Pakistan.

        Dilengkapi dengan manajemen tempur canggih dan sistem peperangan elektronik bersama dengan kemampuan pertahanan diri modern, fregat Type 054A/P dapat secara bersamaan menjalankan sejumlah misi perang angkatan laut di lingkungan multi-ancaman yang sangat intens, dikatakan.

        Fregat adalah kapal perang terbesar dan tercanggih yang pernah diekspor China, kata CSSC, tulis Indian Express.

        China yang berbagi hubungan strategis segala cuaca dengan Pakistan telah muncul sebagai pemasok senjata terbesar bagi militer Pakistan. Selain kapal angkatan laut canggih, China juga bermitra dengan Angkatan Udara Pakistan untuk membangun pesawat tempur JF-17 Thunder.

        Para pengamat mengatakan kerja sama militer dalam beberapa tahun terakhir lebih terfokus pada saat China secara bertahap meningkatkan kehadiran angkatan lautnya di halaman belakang India, Samudera Hindia.

        Baca Juga: Menakar Kekuatan Kapal Perang Baru China Jika Dihadapkan dengan Angkatan Laut India

        Selain membangun pangkalan militer pertamanya di Djibouti di Tanduk Afrika di Samudera Hindia, China telah mengakuisisi pelabuhan Gwadar Pakistan di Laut Arab yang menghubungkan dengan provinsi Xinjiang China melalui darat di Koridor Ekonomi China Pakistan (CPEC) senilai USD 60 miliar.

        Dilansir Indian Express, China juga mengembangkan pelabuhan Hambantota di Sri Lanka setelah mengakuisisinya dengan sewa 99 tahun.

        Modernisasi Angkatan Laut Pakistan ditambah dengan akuisisi pangkalan angkatan laut diharapkan dapat menopang kehadiran Angkatan Laut China di Samudra Hindia dan Laut Arab.

        Selain memperoleh empat fregat angkatan laut modern dari China, Pakistan juga akan mendapatkan delapan kapal selam China sebagai bagian dari modernisasi Angkatan Laut Pakistan, kata Kepala Laksamana M Amjad Khan Niazi kepada harian itu pada Februari tahun ini.

        Angkatan Laut Pakistan telah mengontrak pembangunan empat fregat Tipe 054A/P dari China sejak 2017.

        Kepala Misi Angkatan Laut Pakistan yang mengawasi pembangunan fregat 054A/P, Komodor Rashid Mehmood Sheikh, mengatakan bahwa PNS Tughril, sebagai fregat yang mampu multi-misi, akan menjadi andalan armada Angkatan Laut Pakistan sekaligus memperkuat maritim Angkatan Laut Pakistan. kemampuan pertahanan.

        Zhang Junshe, seorang peneliti senior di PLA Naval Research Academy, mengatakan kepada Global Times sebelumnya bahwa Type 054A, yang menjadi basis Type 054A/P, adalah fregat paling canggih di China.

        Dibandingkan dengan fregat China sebelumnya, kapal baru ini memiliki kemampuan pertahanan udara yang lebih baik, karena dilengkapi dengan sistem radar yang ditingkatkan dan jumlah rudal yang lebih banyak dengan jangkauan yang lebih jauh, kata Zhang, mencatat bahwa fregat Type 054A juga memiliki kemampuan siluman kelas dunia. kemampuan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: