Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wajib Tahu! Ini Manfaat Belajar Bahasa Jerman yang Tidak Boleh Dilewatkan

        Wajib Tahu! Ini Manfaat Belajar Bahasa Jerman yang Tidak Boleh Dilewatkan Kredit Foto: Unsplash/Mimi Thian
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Mempelajari bahasa asing kini sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern untuk mendapatkan masa depan yang lebih terjamin. Bukan bahasa Inggris saja yang perlu dikuasai tetapi juga bahasa tambahan lain seperti bahasa Jerman. 

        Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mempelajari bahasa Jerman sejak di bangku SMA, bahkan sebagian besar juga mengikuti kursus. Sebagian besar alasan belajar bahasa ini tidak lain karena ingin melanjutkan studi di Jerman. 

        Mempelajari bahasa Jerman di Indonesia memang membutuhkan kursus tambahan. Jika kamu yang duduk di bangku SMA hanya mengandalkan pelajaran di sekolah, perlu waktu lama untuk menguasainya. 

        Baca Juga: Siapkan Skenario Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun, Kemenkes: Akan Dilakukan di Sekolah

        WestWork menjadi tempat kursus yang bisa kamu jadikan pilihan utama. Di Westwork kamu bisa mengetahui bahasa Jerman dari dasar. Kelas diadakan dengan murid yang terbatas supaya pelajaran jadi lebih berkualitas. 

        Baca Juga: Apa Itu Bahasa Pemrograman Julia?

        Alasan mengapa mempelajari bahasa Jerman sejak dini bukan hanya untuk mencapai cita-cita sekolah atau kerja di Jerman. Belajar bahasa ini bisa memberikan beberapa keuntungan lainnya seperti dirangkum berikut ini:

        1. Bahasa yang Banyak Digunakan di Wilayah Uni Eropa

        Kamu mungkin tidak berencana untuk kuliah di Jerman, tapi jika kamu ingin belajar di Swiss, Austria atau Luxemburg yang tergabung di negara Uni Eropa maka wajib menguasai bahasa Jerman. 

        Hampir semua negara Uni Eropa menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa resminya. Oleh karena itulah mata kuliah yang diampu akan menggunakan bahasa ini. Persyaratan untuk masuk universitas pun setidaknya menguasai bahasa Jerman. 

        2. Bahasa Ilmiah yang Banyak Digunakan 

        Bukan hanya bahasa sehari-hari namun dalam beberapa ilmu bahasa Jerman lah yang digunakan. Contohnya saja untuk ilmu kedokteran, apoteker, bahan seni, sastra dan filsafat. 

        Apabila kamu ingin mempelajari ilmu-ilmu tersebut maka menguasai bahasa Jerman adalah hal yang penting. Kamu akan belajar dari buku-buku bahasa Jerman yang mungkin saja belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

        3. Nyaman Traveling ke Eropa

        Berencana untuk jalan-jalan ke Eropa? Bukan hanya bahasa Inggris yang jadi bekal penting untuk keliling negara lain. Terutama jika kamu ingin berkeliling Eropa. Seperti yang sudah dikatakan bahwa negara Uni Eropa kebanyakan mengampu bahasa Jerman. 

        Jika kamu lancar berbahasa Jerman, setidaknya kegiatan traveling jadi lebih nyaman. Kamu pun bisa merasa lebih aman dan nyaman ketika berbelanja di pasar atau bertanya arah tertentu. 

        4. Mempelajari Budaya Eropa 

        Secara tidak langsung ketika kamu belajar bahasa Jerman, ada banyak kebudayaan yang dipelajari. Bahkan ketika kamu sedang menghafalkan kosakata. Kamu jadi lebih mengenal bagaimana budaya orang Jerman dan bisa mencontoh hal baik yang mereka miliki. 

        Misalnya saja dalam soal kedisiplinan waktu, pada saat kursus kamu bisa belajar agar tidak terlambat untuk datang ke kelas. Mempelajari budaya ini juga akan memperluas pengetahuan akan budaya asing. 

        5. Bisa Lebih Percaya Diri

        Bahasa Jerman memiliki pelafalan yang cukup sulit, jika kamu bisa menguasainya maka kepercayaan diri bisa bertambah. Awalnya mungkin kamu akan merasa malu atau canggung untuk mengucapkan sebuah kata. 

        Layaknya bahasa Jerman yang cukup sulit untuk dilafalkan. Tapi karena kebutuhan yang mendesak dan keinginan belajar, lama kelamaan kamu jadi lebih percaya diri dalam mengucapkan bahasa Jerman. Otomatis kepercayaan diri kamu dalam mengungkapkan pendapat juga meningkat. 

        6. Peluang Kerja Tinggi

        Memiliki sertifikat dari Goethe Institut dengan peringkat yang bagus akan meningkatkan kesempatan kamu bisa bekerja ke luar negeri. Khususnya untuk perusahaan-perusahaan Jerman yang kini tersebar di berbagai negara. 

        Kamu memiliki kesempatan besar untuk diterima di perusahaan-perusahaan tersebut karena orang yang fasih berbahasa Jerman sangat dibutuhkan. Baik itu di negara sendiri maupun di negara lain bahkan di Jerman sendiri.

        7. Kesempatan untuk Meneliti

        Apakah kamu suka dengan dunia sains dan penelitian? Jerman adalah negara yang cukup berperan besar dalam mendanai berbagai jenis penelitian khususnya dunia sains. Kamu yang mungkin saja berkeinginan untuk meneliti bisa mencari sponsor dari Jerman. 

        Inilah kesempatan yang bisa kamu dapatkan jika mempelajari bahasa Jerman dari sekarang.

        Kamu bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki saat ini untuk mempelajarinya, karena sampai ke tahapan fasih butuh waktu yang tidak sebentar. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: