Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Satu Dekade, Indah Logistik Cargo Ekspansi Pasar Luar Negeri

        Satu Dekade, Indah Logistik Cargo Ekspansi Pasar Luar Negeri Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pada hari Kamis (23/12/2021) kemarin, perusahaan layanan pengiriman Indah Logistik Cargo merayakan hari jadinya yang ke-10 tahun. Ini menjadi tanda satu dekade hadirnya perusahaan kargo logistik ini sejak pertama kali melayani konsumennya dari Pekanbaru, Riau.

        Pada kesempatan yang berbahagia itu, H. Arisal Aziz, CEO Indah Logistik Cargo mengisahkan bahwa secara pribadi, ia sangat bergembira dan berbahagia karena perusahaan jasa paket dan kargo yang dibangunnya dulu, kini sudah berusia 10 tahun.

        Indah Logistik Cargo pertama kali didirikan di Pekanbaru, sebagai lanjutan usaha angkutan umum, Indah Travel, yang sudah lebih dulu didirikan Arisal. Pada tahun 2013, ia kemudian melirik potensi lain yaitu jasa pengiriman paket, hingga berdirilah Indah Logistik Cargo.

        Dengan bermodal banyak kantor cabang, perwakilan dan agen di seluruh penjuru Indonesia itulah, Indah Logistik Cargo yang sudah dikenal sebagai perusahaan kargo dalam pengiriman partai besar, kini telah berani melayani paket kecil, hingga satu kilogram. Itu tentu untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumennya, yang kini melakukan pemesanan direct, langsung dari produsen, secara online.

        “Konsumen kita dulunya berbelanja di mall atau grosir, yang berhubungan dengan home industry. Pengrajin di Tasik misalnya, dulu harus menaruh barang terlebih dahulu di Tanah Abang, toko atau mall, baru dijual. Sekarang, sudah tidak lagi. Dari Tasik, langsung ke pembeli,” jelasnya.

        Melihat perubahan pola konsumen dan pasar itulah, Indah Logistik Cargo dikatakannya membuka diri, merespon perubahan ini dengan mulai melayani paket kecil, dari sekilo.

        Pada usia satu dekade ini pula, Indah Logistik Cargo juga mulai melakukan ekspansi pasar ke luar negeri. Bermodal kantor cabang yang dimiliki mereka di Malaysia saat ini, Arisal Aziz akan mengomandoi timnya untuk melebarkan sayap di pasar Asia Tenggara hingga Timut Tengah.

        “Kita akan menjajaki Arab, Singapura, China, sampai Eropa. Kita sudah dapat chanel dari luar, untuk melayani kiraman dari Indonesia ke luar negeri, dan sebaliknya. Kita sudah didukung izin dan surat menyurat, dengan kata lain bisa melayani ekspor dan impor,” bebernya

        Pada hari jadinya yang ke-10 ini juga, Arisal Aziz mempertegas posisi Indah Logistik Cargo yang sudah setara dengan perusahaan jasa pengiriman paket dan kargo besar lainnya di Indonesia, dalam hal jaringan, layanan, kecepatan, pemenuhan kebutuhan konsumen, hingga penggunaan teknologi yang ramah dengan pengguna jasanya, salah satunya adalah menyediakan layanan Cash on Delivery (COD).

        Indah Logistik Cargo dalam mensejajarkan diri dengan kompetitor dari sisi menggarap peluang dengan pemanfaatan teknologi adalah mereka sedang mempersiapkan aplikasi dan armada ojek online sendiri. Rencana itu akan direalisasikan pada Februari 2022.

        “Kita akan melayani city kurir, paket dalam hitungan jam, makanan, dan sekalian dengan ojeknya juga. Dalam aplikasi, kita juga bisa melayani apabila pelanggan butuh mobil seperti taxi. Teknologi kita sudah siap 90 persen, akan kita luncurkan Februari,” jelas Arisal Aziz.

        Arisal menyadari bahwa kini pangsa pemakai jasa pengiriman paket sudah bergeser dari pabrik atau industry ke rumah-rumah UMKM atau home industry, maka perusahaannya tak mau ketinggalan ikut mengambil peluang ini.

        “Kita juga sedang membangun ekosistem di mall dunia maya. Jika kita mau bertahan di perusahaan ekspedisi paket ini, kita harus kuasai arus keluar masuk barang. Dan itu ada di mall dunia maya,” sambungnya.

        Hj. Putri Lenggogeni, Komisaris Indah Logistik, pada kesempatan yang sama, memastikan bahwa Indah Logistik Cargo tetap survive dengan jalur dan filosofi bisnisnya, dengan modal perjalanan pajang mereka selama 10 tahun dan sekitar 30 tahun berkecimpung di usaha angkutan umum.

        “Kita bisa berkembang se-Indonesia sampai negara tetangga (Malaysia, sekarang), karena costumer kita sendiri yang minta sama kita untuk hadir di sana,” katanya, bangga.

        Putri Lenggogeni juga menekankan bahwa memang persepsi masyarakat sudah jauh tertanam soal Indah Logistik adalah perusahaan ekpedisi dalam jumlah besar, dan lebih banyak melayani rute Sumatera. Tapi, ia menekankan kembali bahwa kini mereka sudah hadir lengkap di seluruh penjuru negeri sebagai perusahaan anak negeri, yang sudah ekspansi ke pasar luar negeri.

        “Selama ini memang Indah Logistik itu partai besar. Dan satu kilo ini sebenarnya kita sudah mulai dari lima tahun lalu. Tapi merubah mindset orang soal satu brand itu butuh waktu. Maka kedepannya, kami harus lebih dekat dengan costumer. Karena tanpa mereka, kita bukan apa-apa, apalagi hingga 10 tahun ini,” tutupnya.

        Perayaan hari jadi Indah Logistik Cargo pun digelar meriah di kantor pusatnya di Jalan Raya Mabes Hankam, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Arizal Azis pun begitu sumringah menyambut para awak media, rekanan bisnis, para agen, dan stakeholder perusahaannya, dalam sesi ramah tamah yang mengangkat tema perayaan Terus Melaju, Tumbuh Bersama Indah Logistik.

        Dalam kesempatan itu juga, Arisal Azis dan Putri Lenggogeni memberikan penghargaan kepada para customer setianya berupa pembagian hadiah doorprize. Sebut saja ada sepeda motor, sepeda listrik, sepeda gunung, TV, puluhan handphone android, kulkas, dan lain-lain.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: