Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bantuan Langsung Hingga Trauma Healing dari Bumame Untuk Korban Erupsi Semeru

        Bantuan Langsung Hingga Trauma Healing dari Bumame Untuk Korban Erupsi Semeru Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Selasa lalu, 4 Desember 2021 yang berdampak pada lebih dari 9.000 jiwa dan membawa kesedihan yang luar biasa bagi masyarakat di sekitar gunung tersebut, khususnya kabupaten Lumajang.

        Bumame Farmasi bekerja sama dengan Mahasiswa Pecinta Alam Aranyacala Trisakti bergerak cepat mempersiapkan bantuan langsung untuk korban-korban bencana Semeru.

        Penyaluran bantuan yang diwakilkan oleh tim ‘MPA’ yang berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan DIMPA (Divisi Mahasiswa Pencinta Alam) Universitas Muhammadiyah Malang, yang juga turut serta membantu dalam memaksimalkan penyaluran cepat bantuan bagi korban-korban Gunung Semeru.

        Penyerahan bantuan ini meliputi bantuan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat seperti: baju hangat layak pakai, pakaian anak, pakaian dalam dan tentunya makanan, kebutuhan dapur dan bumbu-bumbu dapur yang masih sangat minim ketersediaannya untuk kebutuhan dapur umum di posko-posko bencana.

        Tidak hanya kekurangan bahan dan pakaian layak pakai, kendala yang dialami disana sebelum tim ‘MPA’ Aranyacala Trisakti tiba di lokasi pada tanggal 10 Desember 2021 lalu, adalah kurangnya sumber daya manusia atau relawan yang dapat membantu mengalokasikan pendistribusian bantuan yang sudah diberikan oleh para donatur.

        Melihat keadaan tersebut, kami dari Bumame Farmasi dan ‘MPA’ Aranyacala Trisakti memberangkatkan relawan-relawan untuk bisa memaksimalkan dan mempercepat pendistribusian bantuan langsung pada para korban hingga ke zona merah bencana yang radiusnya hanya 7 KM dari Gunung Semeru.

        “Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari CSR yang dilakukan oleh Bumame Farmasi untuk membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru. Bantuan yang disalurkan pun merupakan bantuan pokok yang memang saat ini sangat dibutuhkan, salah satunya adalah baju hangat layak pakai yang diserahkan pada tiga posko, yaitu Kecamatan Pronojiwo, Desa Oro-oro Ombo, & Supiturang yang letaknya dekat dengan zona berbahaya.” ungkap Edho selaku Ketua ‘MPA’ Aranyacala Trisakti.

        Selain memberikan bantuan berupa kebutuhan bahan pokok dan mengirim relawan, Bumame Farmasi bersama ‘MPA’ Aranyacala Trisakti juga mengadakan program Trauma Healing yang dikhususkan bagi anak-anak korban bencana erupsi Gunung Semeru. James Wihardja selaku direksi utama Bumame Farmasi mengatakan

        “Kami berharap dengan bantuan yang disalurkan atas kerja sama Bumame Farmasi dengan ‘MPA’ Aranyacala Trisakti dapat dialokasikan dengan maksimal dan cepat agar bantuan untuk para korban erupsi Gunung Semeru ini bisa segera dimanfaatkan bagi masyarakat yang terkena dampaknya.

        "Kami juga fokus pada program Trauma Healing untuk anak-anak korban bencana, karena kami paham betul bahwa anak-anak ini harus dibantu agar tidak mengalami trauma pasca bencana yang berkepanjangan kedepannya.”

        Yudi selaku anggota BPBD yang bertugas mengungkapkan “Program Trauma Healing sangat dibutuhkan, terutama bagi anak-anak korban bencana. Salah satu pemicu trauma yaitu akibat pengalaman yang tidak menyenangkan yang disebabkan ketidaksiapan menghadapi peristiwa tertentu, dalam hal ini adalah bencana erupsi yang datang tanpa adanya peringatan dini,".

        "Melalui terapi Trauma Healing diharapkan korban bisa benar-benar sembuh dari perasaan takut, perasaan cemas hingga perasaan trauma terhadap bencana yang telah terjadi dan dapat menjalani kehidupannya sebagaimana sebelum bencana terjadi. Pada anak-anak trauma terhadap bencana alam dapat merenggut keceriaan anak.”

        Bumame Farmasi juga memberikan bantuan 5.000 pcs Rapid Test yang dialokasikan pada Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan di area bencana, untuk memantau dan meminimalisir penularan Covid-19, karena kondisi posko yang menampung korban bencana cukup banyak, yang berakibat pada kurangnya penerapan social distancing dan protokol kesehatan yang tidak maksimal.

        Melalui bantuan ini, Bumame Farmasi berkomitmen untuk terus mendampingi kepada para korban bencana Gunung Semeru melalui Trauma Healing yang lebih menyeluruh dan mendalam, agar anak-anak yang terkena dampak bencana, dapat pulih dari rasa takut yang dialami saat bencana dan pasca bencana.

        Pada kesempatan ini, Bumame ingin mengajak teman-teman untuk menjadi relawan dalam program Trauma Healing yang akan dilakukan sebagai salah satu rangkaian CSR Bumame Farmasi untuk korban erupsi Gunung Semeru.

        Bagi teman-teman yang ingin menjadi bagian dari program ini, bisa menghubungi Bumame Farmasi melalui email info@bumame-farmasi.com dengan subject Relawan Trauma Healing Semeru.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: