Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Suara Lantang PKS Minta Museum Holocaust di Minahasa Ditutup: Kita Sejak Dulu Tidak Mengakui Israel!

        Suara Lantang PKS Minta Museum Holocaust di Minahasa Ditutup: Kita Sejak Dulu Tidak Mengakui Israel! Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS, Sukamta meminta Museum Holocaust yang dibangun dan baru diresmikan di Minahasa Sulawesi Utara, harus ditutup. Selain tak mengakui negara Israel, Sukamta menyebut hingga saat ini Israel masih melakukan kekejaman pada Palestina.

        "Museum Holocaust di Tondano harus ditutup. Museum ini tujuannya dibangun untuk mengingat kekejaman Nazi Jerman. Tapi pembuat museum (Bangsa Yahudi Israel) saat ini sedang melakukan kekejaman-kekejaman kepada rakyat Palestina setiap hari," kata Sukamta dalam keterangannya, Jumat 4 Februari 2022.

        "Indonesia sejak dulu tidak mengakui Israel karena kelakuannya yang terus menjajah tanah Palestina. Israel telah melakukan aneksasi terhadap wilayah Palestina hingga sekarang," sambung Sukamta.

        Baca Juga: Komunitas Yahudi di Minahasa Bangun Museum, Anwar Abbas Sampaikan Sikap Tegas dan Tajam!

        Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri ini menegaskan, pendirian Museum Holocaust di Indonesia juga tak sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi. 

        "Presiden Jokowi beberapa waktu lalu pernah menyatakan boikot terhadap produk-produk Israel," tutur Sukamta.

        Kemenlu Perlu Klarifikasi ke Dubes Jerman

        Dia menambahkan selain meminta Museum Holocaust ditutup, Sukamta juga meminta agar pemerintah memanggil Dubes Jerman yang hadir dalam peresmian Museum Holocaust di Tondano itu.

        "Pemerintah dalam hal ini Menteri Luar Negeri perlu memanggil Dubes Jerman untuk Indonesia guna meminta penjelasan atas kehadirannya dalam peresmian Museum Holocaust di Tondano," papar Sukamta.

        Anggota DPR RI dari Dapil DIY ini mengingatkan bahwa Indonesia tidak akan mengakui Israel selama masih melakukan penjajahan kepada Palestina. Sukamta menjabarkan bahwa hal ini termuat dalam Pembukaan UUD 1945.

        "Indonesia akan terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina demi mewujudkan cita-cita pendiri bangsa Indonesia dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk membebaskan dunia dari penjajahan. Indonesia tidak akan mengakui Negara Israel selama masih menjajah Palestina," jelas Sukamta.

        Baca Juga: Sikap "Bodo Amat" Anies Baswedan Dinilai Sebagai Modal Kuat Maju di Pilpres 2024: Gak Mudah...

        Diketahui beberapa waktu lalu dilakukan peresmian Museum Holocaust di Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut). Peresmian museum itu dihadiri oleh Duta Besar Jerman untuk Indonesia Ina Lepel. 

        "Suatu kehormatan berada di Minahasa dan berpidato di pembukaan Museum Holocaust. Museum sejenis ini dibuka untuk pertama kalinya di Asia Tenggara atas inisiatif komunitas Yahudi di sini," kata Ina Lepel diunggah dalam akun Twitter.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: