Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Anies Baswedan 'Pamer' Kesuksesan Ubah Transportasi di Hadapan Direktur IMF

        Anies Baswedan 'Pamer' Kesuksesan Ubah Transportasi di Hadapan Direktur IMF Kredit Foto: Twitter/Anies Baswedan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali pamer keberhasilan menata transportasi di Jakarta pada forum internasional. Kali ini, keberhasilan disampaikan Anies saat tampil menjadi pemateri dalam forum diskusi internasional bertajuk Transforming Transportation Conference: Climate-Centered Mobility for A Sustainable Recovery, Kamis (17/2/2022).

        Forum diskusi itu juga dihadiri Direktur Pelaksana World Bank, Mari Elka Pangestu dan President of the Federated States of Micronesia, David W. Panuelo. Dalam pemaparannya, Anies memaparkan visi Jakarta dalam menjadikan transportasi umum sebagai bagian dari upaya membentuk kota yang berketahanan.

        “Kami memiliki visi untuk mengubah Jakarta dari kota yang didominasi lalu lintas, padat, dan berpolusi menjadi pemimpin dunia dalam transportasi publik dan berkelanjutan. Di mana penduduk dan pengunjung merasa bahwa menggunakan transportasi umum aman, nyaman, dan berkelanjutan," ujar Anies.

        Baca Juga: Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Makin Akrab, Pengamat Blak-blakan Sampai Sebut Partai NasDem

        Selain mengubah manajemen angkutan umum di jalanan Ibukota, Anies juga mengungkap upayanya mengubah paradigma pembangunan dalam sektor transportasi. Perubahan paradigma itu dengan menempatkan pejalan kaki dan pesepeda pada urutan pertama, transportasi umum massal di tempat kedua, kendaraan bebas emisi di tempat ketiga dan terakhir kendaraan pribadi.

        "Perubahan paradigma ini berdampak pada prioritas pembangunan fasilitas penunjang transportasi dan peningkatan pelayanan, khususnya transportasi umum," ujarnya.

        Anies mengungkapkan, keseriusannya membenahi transportasi umum massal membuahkan hasil. Selain dapat membangun kepercayaan publik untuk mengunakan jasa tarnsportasi umum, Jakarta telah menerima penghargaan Sustainable Transportation Award pada tahun 2021. Pada saat yang sama, Jakarta juga telah menggandakan cakupan angkutan umum dari 42 % pada tahun 2017 menjadi 82%.

        Baca Juga: Pecah!!! Jokowi Restui Soal JHT, Omongan Rocky Gerung Lebih Tajam dari Silet: Doyan Ngumpulin Duit!

        "Dengan demikian Jakarta telah berada di jalur yang tepat untuk menyediakan angkutan umum dalam jarak 500 meter dari 95% rumah penduduk pada tahun 2022. Selain itu Jakarta juga menargetkan 14.000 bus listrik beroperasi bersama dengan pangsa moda transportasi umum sebesar 60% pada tahun 2030," katanya.[]

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: