Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa yang Perlu Diketahui Soal Sanksi Ekonomi dan Bagaimana Dampaknya Terhadap Rusia?

        Apa yang Perlu Diketahui Soal Sanksi Ekonomi dan Bagaimana Dampaknya Terhadap Rusia? Kredit Foto: AP Photo/Evan Vucci
        Warta Ekonomi, Canberra, Australia -

        Presiden Joe Biden mengumumkan sanksi terhadap Rusia dalam upaya untuk mencegahnya meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina. Ini menanggapi keputusan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengakui wilayah Donetsk dan Luhansk yang dikuasai separatis di Ukraina sebagai negara "merdeka".

        Biden pada Selasa (22/2/2022) menyebut keputusan Putin sebagai "awal dari invasi Rusia ke Ukraina" dan memperingatkan bahwa sanksi dapat tumbuh lebih parah.

        Baca Juga: Joe Biden Kirim Pasukan ke Negara-negara Baltik, Kaki-kaki Militer Amerika Menguat

        "Ketika Rusia merenungkan langkah selanjutnya, kami juga menyiapkan langkah selanjutnya," kata Biden, dikutip laman ABC News.

        "Rusia akan membayar harga yang lebih mahal jika melanjutkan agresinya, termasuk sanksi tambahan," tambah Biden.

        Menteri luar negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan kepada TV pemerintah Rusia bahwa Rusia sudah "terbiasa" dengan sanksi dan mereka yakin lebih banyak sanksi akan dikenakan pada Moskow terlepas dari apa yang dilakukannya.

        "Bahwa rekan-rekan (Barat) kami mencoba untuk menyalahkan Rusia atas kegagalan perjanjian Minsk, kami juga mengerti," katanya, merujuk pada gencatan senjata yang ditandatangani Ukraina dan separatis pada tahun 2014.

        "Rekan-rekan Eropa, Amerika, Inggris kami. tidak akan berhenti dan tidak akan tenang selama mereka tidak menghabiskan kemungkinan mereka untuk apa yang disebut hukuman Rusia."

        Apa itu sanksi ekonomi?

        Sanksi ekonomi didefinisikan oleh Dewan Hubungan Luar Negeri sebagai penarikan perdagangan adat dan hubungan keuangan untuk tujuan kebijakan luar negeri dan keamanan. Sanksi dapat bersifat komprehensif, yang melarang kegiatan ekonomi dengan seluruh negara, atau menargetkan, yang memblokir transaksi oleh dan dengan individu, bisnis, atau kelompok tertentu.

        Pembatasan ini ditempatkan pada individu atau entitas dan mencegah mereka melakukan bisnis dengan negara yang memberlakukan sanksi tersebut. Sanksi yang diberlakukan oleh pemerintah AS memutuskan individu atau entitas dari sistem keuangan Amerika, yang berarti mereka tidak dapat lagi melakukan bisnis di AS dan semua aset mereka di bawah yurisdiksi A.S. dibekukan.

        Orang Amerika dan bisnis Amerika juga dilarang berbisnis dengan lembaga-lembaga ini, kecuali diizinkan oleh Kantor Pengawasan Aset Asing Departemen Keuangan AS.

        Sanksi bertujuan untuk mengganggu kemampuan orang atau badan agar tidak dapat menjalankan fungsi dasar dalam sistem keuangan internasional. Mereka digunakan oleh pemerintah AS tergantung pada kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional.

        Sanksi apa yang dijatuhkan AS terhadap Rusia?

        Sanksi ditempatkan pada dua lembaga keuangan milik negara Rusia dan lima elit yang terhubung dengan Kremlin.

        Lembaga keuangan yang dibidik adalah Bank Pembangunan dan Urusan Ekonomi Luar Negeri yang dikenal dengan Vnesheconombank (VEB), dan Promsvyazbank Public Joint Stock Company (PSB), beserta 42 anak perusahaannya.

        Menurut Departemen Keuangan AS, VEB sangat penting untuk kemampuan Rusia untuk mengumpulkan dana, dan PSB sangat penting untuk sektor pertahanan Rusia. Kedua institusi dan anak perusahaan mereka memiliki aset gabungan senilai puluhan miliar dolar.

        “Tindakan hari ini membatasi kemampuan Rusia untuk membiayai kontrak terkait pertahanan dan mengumpulkan dana baru untuk membiayai kampanyenya melawan Ukraina,” kata Departemen Keuangan dalam sebuah pernyataan Selasa.

        VEB memiliki portofolio aset sebesar $53 miliar, menjadikannya salah satu dari lima lembaga keuangan teratas Rusia, menurut Departemen Keuangan. Beberapa anak perusahaan yang terkena sanksi VEB termasuk bank dan perusahaan keuangan lainnya, produsen komponen elektronik dan kelompok pertambangan batubara di Rusia dan tiga negara lainnya.

        Ini adalah penyedia utang negara Rusia, pemodal untuk ekspor dan sumber pendanaan untuk proyek-proyek investasi dengan portofolio pinjaman lebih dari $20 miliar.

        VEB membiayai pembangunan ekonomi nasional Rusia, termasuk proyek skala besar untuk mengembangkan infrastruktur dalam negeri dan industri lain yang penting bagi pendapatan Rusia.

        PSB, bank terbesar kedelapan Rusia, ditunjuk oleh pemerintah untuk membiayai Kementerian Pertahanan dan sektor pertahanan Rusia, menurut Departemen Keuangan AS. Ini melayani hampir 70% dari kontrak pertahanan Rusia dan menyediakan perbankan dan keuangan pribadi untuk personel militer Rusia.

        Tujuh belas anak perusahaan PSB juga dikenai sanksi, termasuk entitas yang terkait dengan keuangan, teknologi, dan real estat.

        Orang-orang Rusia yang berpengaruh dan anggota keluarga mereka yang berada di lingkaran dalam Putin dan diyakini berpartisipasi dalam "kleptokrasi" rezim Rusia - termasuk ketua dan CEO PSB - juga dikenai sanksi, kata Departemen Keuangan.

        "Tindakan hari ini, diambil dalam koordinasi dengan mitra dan sekutu kami, memulai proses pembongkaran jaringan keuangan Kremlin dan kemampuannya untuk mendanai aktivitas destabilisasi di Ukraina dan di seluruh dunia," kata Menteri Keuangan Janet Yellen.

        "Kami terus memantau tindakan Rusia dan jika lebih lanjut menyerang Ukraina, Amerika Serikat akan segera menjatuhkan sanksi ekonomi yang luas yang akan berdampak parah dan bertahan lama pada ekonomi Rusia," katanya.

        Apakah sanksi akan berpengaruh?

        Sanksi yang diberlakukan bukanlah opsi terberat yang tersedia. Mereka menargetkan institusi khusus untuk penggalangan dana dan sektor pertahanan Rusia, bukan institusi yang biasa digunakan orang Rusia.

        "Langkah-langkah hari ini akan memiliki dampak terukur pada sistem keuangan Rusia. VEB adalah bank yang signifikan, tetapi bukan bank yang menampung orang Rusia sehari-hari. Ini sedikit lebih ceruk," kata Julia Friedlander, mantan pejabat Departemen Keuangan yang bekerja di kebijakan sanksi.

        Dia mengatakan tidak menerapkan sanksi paling berat segera berfungsi sebagai taktik.

        "Idenya adalah Anda tidak dapat meledakkan semua pilihan Anda sekaligus," kata Friedlander, yang sekarang menjadi rekan di Dewan Atlantik. "Jika Anda meledakkan semua api Anda sekarang, lalu apa insentif Rusia untuk menahan diri?"

        Sanksi yang paling berdampak akan menargetkan bank-bank terbesar Rusia -- seperti bank-bank milik negara yang mencakup lebih dari setengah sistem keuangan Rusia -- dan sektor energi, Maria Shagina, pakar sanksi yang mengkhususkan diri di Rusia dan Eropa Timur. , kepada ABC News.

        Sanksi pada bank-bank besar dapat berdampak pada warga Rusia biasa, kata Shagina. Sanksi pada produksi minyak dan gas saat ini juga dapat berdampak, tetapi AS dan Eropa juga dapat melihat lonjakan harga. Jika produksi di masa depan disetujui, dampaknya akan berkurang, kata Shagina.

        Pejabat Gedung Putih mengatakan mereka sedang mempertimbangkan untuk menargetkan bank-bank terbesar Rusia. Para ahli mengatakan kepada ABC News bahwa memukul bank-bank besar milik negara - Sberbank, VTB, Gazprombank dan Rosselkhozbank - akan menandai eskalasi besar dalam tanggapan Amerika Serikat.

        “Ada lebih banyak bank di luar sana yang memiliki peran yang jauh lebih besar dalam perekonomian,” kata Andrew Lohsen, mantan pejabat di Misi Pemantauan Khusus Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) ke Ukraina.

        Rusia telah mempersiapkan sanksi, katanya. Sberbank dilaporkan telah menguji kemampuannya untuk bertahan hidup tanpa akses ke perangkat lunak Barat. Ia juga memiliki ratusan miliar cadangan mata uang asing dan dana kekayaan nasional.

        "Ekonomi Rusia telah bekerja untuk membuktikan sanksi itu sendiri sejak 2014," Lohsen, seorang rekan di Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan kepada ABC News.

        "Tetapi pada akhirnya, kekhawatiran saya adalah bahwa Rusia hanya akan memaksa warganya untuk mengencangkan ikat pinggangnya dan hanya akan melanjutkan proyek pembangunan kerajaan yang telah ditetapkan untuk dirinya sendiri di Ukraina."

        Dia mempertanyakan apakah sanksi yang diberlakukan akan cukup untuk menghalangi Rusia.

        "Adakah yang bisa menghalangi Putin," katanya, "kekurangan tembakan balasan?"

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: