Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jokowi Bikin Ritual di IKN, Rocky Gerung Singgung Mobil Esemka: Itu 300 Tahun yang Lalu, Lupain Aja!

        Jokowi Bikin Ritual di IKN, Rocky Gerung Singgung Mobil Esemka: Itu 300 Tahun yang Lalu, Lupain Aja! Kredit Foto: Antara/Dhoni Setiawan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan memasuki babak baru. Ibu kota yang baru bernama Nusantara ini dalam tahap pembangunan.

        Setelah resmi menunjuk kepala otoria IKN, kini pemerintah beransgsur-angsur melakukan agenda dalam rangkaian untuk menyukseskan pembangunan mega proyek tersebut.

        Terbaru, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkumpul bersama para Gubernur se Indonesia di IKN pada Senin (14/2/22).

        Bukan hanya sekadar datang dan bertemu presiden di IKN, para gubernur ditugaskan untuk membawa tanah dan air dari daerah masing-masing. Direncanakan tanah dan air tersebut akan disatukan dalam kendi nusantara dan disimpan di titik Nol IKN.

        Baca Juga: Kali Ini Haji Giring Ganesha Nggak Senggol Anies, Menterinya Jokowi Jadi Sasaran Soal Minyak Goreng!

        Prosesi ritual tanah dan air inilah yang banyak dipertanyakan oleh publik khususnya warganet di media sosial.

        Tak sedikit yang mengaitkan ritual di ibu kota negara baru yang bernama Nusantara ini berbuah unsur ke musyrikan.

        Rocky Gerung, seorang akademisi dan pengamat politik yang kerap kali melontarkan kritik terhadap pemerintah juga ikut bersuara.

        Lewat video akun youtube miliknya (Rocky Gerung Official) yang juga bersama oleh Hersubeno Arief dari Forum News Network (FNN), Rocky mengungkapkan bahwa ritual yang Jokowi lakukan di IKN adalah hal yang biasa.

        “Ok itu semacam pertanda biasa saja, dalam antropologi bangsa ini selalu ada hal yang sifatnya mistik dalam pengertian tidak bisa dicerna akal tapi mungkin energinya begitu,” ucap Rocky dalam video di akun Youtube miliknya, dikutip Senin (14/3/22).

        Namun bukan Rocky Gerung namanya kalau tidak memberikan catatan kritis pada apa yang dia rasa perlu dikritisi.

        Ali-alih mempermasalahkan ritual yang Jokowi lakukan, Rocky justru memberikan satire menyinggung soal mobil “sakti” Esemka yang sangat lekat dengan sosok Jokowi.

        Baca Juga: Hasil Survei di Sumatera Barat: Anies Tak Kuasa Melawan Kandidat Capres 2024 "Anak Buahnya" Jokowi!

        Hal ini karena Jokowi dulu saat menjabat sebagai walikota Solo diketahui juga melakukan hal serupa berupa ritual dengan memandikan atau menyiram mobil Esemka dengan air kembang.

        “Sama dulu seperti saat mobil Esemka diruat dan dipecahkan air dalam kendi oleh Jokowi, itu berlangsung 300 tahun lalu jadi kita lupain aja,” tambah Rocky.

        Mengenai ritual tanah dan air ini, Jokowi dalam pidatonya mengeaskan bahwa apa yang dilakukan adalah bagian dari wujud atau simbolisasi kebhinekaan dan persatuan.

        “Kita tahu baru saja tadi, tanah dan air yang dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan di tempat yang akan menjadi lokasi Ibu Kota Nusantara dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para gubernur. Ini merupakan bentuk dari kebhinekaan kita dan persatuan yang kuat diantara kita dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," kata Jokowi di Kalimantan Timur, Senin (14/3/22).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Bayu Muhardianto
        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: