Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kerap Bersitegang dengan Volodymyr Zelenskiy, Orang Terkaya Ukraina Akhirnya Pulang Bantu Perang

        Kerap Bersitegang dengan Volodymyr Zelenskiy, Orang Terkaya Ukraina Akhirnya Pulang Bantu Perang Kredit Foto: Wall Street Journal
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ketegangan antara orang terkaya Ukraina, Rinat Akhmetov dan Volodymyr Zelenskiy sang presiden negara itu tampaknya mencapai titik didih hanya beberapa minggu yang lalu. Ini karena sang pemimpin Ukraina mengecam oligarki miliardernya yang melarikan diri menjelang invasi Rusia.

        Sekarang, di tengah perang, orang terkaya Ukraina mengatakan dia kembali ke negara itu dan keduanya berada di tim yang sama. Untungnya, mereka bersedia mengesampingkan kontroversi yang telah mengelilingi satu sama lain selama beberapa dekade.

        Baca Juga: Gak Mau Ketinggalan Oligarki Rusia, Miliarder Termuda Ukraina 'Sembunyi' di Dubai Hindari Perang

        Melansir Bloomberg di Jakarta, Jumat (1/4/22) fokus bersama mereka adalah Mariupol, kota yang hancur di mana System Capital Management Akhmetov memiliki pabrik baja. Kota tersebut kerap mendapatkan serangan tanpa henti dari pasukan Rusia sehingga  menyebabkan sekitar 170.000 warga sipil terjebak tanpa akses ke makanan dan air mengalir.

        “Mereka sekarat karena kehausan dan kedinginan, ini adalah genosida,” kata Akhmetov dalam tanggapan tertulisnya. “Hal yang paling mengerikan adalah kami tidak dapat membawa bantuan kami ke Mariupol dan kami tidak dapat mengevakuasi orang karena pasukan Rusia terus menembaki dan memblokir konvoi bantuan kami.”

        Namun demikian, miliarder berusia 55 tahun ini menolak untuk mengungkap lokasi dirinya berada di Ukraina dengan alasan keamanan. Dia mengatakan dia tidak akan meninggalkan negara itu dan berusaha membantu baik secara finansial maupun dalam perjuangan. 

        Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersihnya sebesar $6 miliar turun lebih dari 45% dari sebelum perang dimulai.

        Dua pabrik baja miliknya di kawasan Mariupol mempekerjakan 40.000 orang. Sementara mereka menangguhkan operasi, Akhmetov mengatakan mereka masih membayar gaji penuh kepada mereka yang terpaksa meninggalkan rumah. Bisnis SCM, yang menyediakan listrik dan energi di seluruh negeri, serta yayasannya membantu evakuasi dan tentara Ukraina.

        Ini adalah penyimpangan yang tajam dari pendiriannya selama beberapa dekade terakhir, ketika dia sering menghindar berkomentar atau mengambil sikap tentang meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

        "Grup SCM pasti akan mengajukan klaim terhadap Federasi Rusia, menuntut untuk mengganti semua kerusakan yang disebabkan oleh agresi militer Rusia," kata Akhmetov. “Saya yakin bahwa Ukraina akan menuntut dan menerima reparasi secara penuh.”

        "Untuk saat ini, semua upaya kami difokuskan pada satu-satunya hal yang penting - untuk membantu Ukraina memenangkan perang ini, membantu Ukraina bertahan hidup, dan mengurangi rasa sakit dan penderitaan mereka," tambahnya.

        Akhmetov tetap menjadi tokoh kontroversial di Ukraina karena kedekatannya dengan penguasa. Usaha bisnis awalnya pada 1990-an terkonsentrasi di kota asalnya Donetsk, di bagian timur negara itu. Dia kemudian berkembang di wilayah tersebut dan membeli aset industri selama gelombang privatisasi.

        Meskipun Ukraina dan Rusia gagal mencapai gencatan senjata dalam pembicaraan yang berakhir di Istanbul pada hari Selasa, Akhmetov mengatakan dia mendukung keberhasilan Zelenskiy dalam mengakhiri perang. Dia menekankan dia tidak memiliki perbedaan pribadi dengan presiden.

        "Zelenskiy menunjukkan semangat dan profesionalisme nyata dalam melaksanakan tugas konstitusionalnya untuk membela Ukraina, kedaulatannya, dan memulihkan integritas teritorialnya,” kata Akhmetov. “Tujuan bersama kami adalah Ukraina yang bebas, mandiri, bersatu, demokratis, dan Eropa.”

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: