Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Instagram Jadi Media Komunikasi Adaptasi Teknologi BUMN

        Instagram Jadi Media Komunikasi  Adaptasi Teknologi BUMN Kredit Foto: Unsplash/Brett Jordan
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Instagram sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia dimanfaatkan dengan baik sebagai media kehumasan oleh salah satu BUMN terkemuka di Kota Bogor.

        Pemanfaatan media sosial tersebut dilakukan sebagai perwujudan dari salah satu poin pada nilai dasar atau core values AKHLAK BUMN. 

        Berdasarkan hasil penelitian skripsi yang dilakukan mahasiswa Prodi Digital PR Fakultas Komunikasi Bisnis, Telkom University, Janeta Zalsabila menyatakan pemanfaatan Instagram sebagai media kehumasan, salah satu BUMN di Kota Bogor Jawa Barat mengoptimalkan tahapan pembuatan konten-konten informatif untuk meningkatkan kualitas informasi yang disampaikan kepada followersnya. 

        Baca Juga: Gokil! Mark Zuckerberg Umumkan NFT Akan Segera Hadir di Instagram

        "Pengoptimalan tersebut dilakukan dengan melakukan beberapa tahapan sebelum konten tersebut dirilis di Instagram resmi perusahaan," kata Janeta ketika dihubungi melalui telpon selulernya, Sabtu (2/4/2024)

        Mahasiswa angkatan 2018 ini menjelaskan, pada tahapan pertama dalam penyusunan konten, admin atau pihak yang bertugas untuk membuat konten Instagram menentukan topik atau permasalahan yang akan dibahas dalam konten dengan melaksanakan riset terlebih dahulu. 

        Selanjutnya, hasil riset kemudian disusun dalam content planning sebagai acuan untuk pembuatan konten. Setelah konten berhasil diunggah melalui Instagram perusahaan, admin akan melakukan evaluasi terhadap keberhasilan konten dari sisiinsight dan engagement konten.

        "Admin dari akun Instagram salah satu BUMN yang beroperasi di Kota Bogor menyampaikan bahwa pemanfaatan Instagram sebagai media kehumasan perusahaan dapat membangun keterikatan antara perusahaan dengan pelanggannya," jelasnya. 

        Selain itu, lanjut Janeta, dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan media Instagram, juga bisa menjangkau seluruh pelanggan dan bisa membangun keterikatan dengan pelanggan.

        Diketahui, terhitung sejak 1 Juli 2020, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi menetapkan nilai dasar atau core values yang diterapkan kepada BUMN.  

        Penetapan nilai dasar atau core values tersebut dimaksudkan sebagai pedoman bagi BUMN untuk dapat bekerja demi kepentingan bangsa dengan memerhatikan enam (6) unsur penting yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif. 

        "Pemanfaatan Instagram sebagai media kehumasan merupakan salah satu perwujudan dari nilai dasar atau core values AKHLAK pada poin Adaptif," pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: