Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tingkatkan Gerakan BBI dan UMKM, Menko Luhut Resmikan Bazar Ramadan 2022

        Tingkatkan Gerakan BBI dan UMKM, Menko Luhut Resmikan Bazar Ramadan 2022 Kredit Foto: Antara/Budi Candra Setya
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam rangka meningkatkan gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan meresmikan Bazar Ramadan 2022, peresmian ini dilaksanakan di Gedung Sopo Del, Jakarta Selatan, kemarin.

        Menurut Menteri Luhut, saat ini pemerintah sedang mengupayakan dan menggalakan semua produk dan buatan dalam negeri.

        Baca Juga: Sinyal PDIP Buat Jokowi Makin Kencang, Posisi Opung Luhut Terancam!

        “Mengenai bazar ini pemerintah sedang menggalakan semua buatan dari dalam negeri. Karenanya, tuntun dari bawah untuk ini dengan sejalan pemerintah mengucurkan Rp400 triliun lebih untuk pembelian e-katalog. Sehingga menciptakan lapangan kerja salah satunya (UMKM), karenanya UMKM ini akan menjadi backbone negara,” ujar Menteri Luhut dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/4/2022).

        Mengenai bazar ini, nantinya akan diselenggarakan selama 4x dalam setahun di Sopo Del. Hal ini bertujuan untuk membangun UMKM Indonesia agar lebih semakin kuat.

        “Nanti di sini bersama dengan kolaborasi KAYA.ID akan dibikin sekitar 4x setahun, tujuannya membangunkan UMKM selama dan sekuat mungkin. Apalagi ini sekarang saya kira penanganan lebih terkendali (Covid) sehingga ini bisa meningkatkan pasar. Oleh sebab itu, saya terus mengajak mari kita bangga menggunakan buatan Indonesia,” pungkasnya.

        Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki mengungkapkan bahwa kegiatan bazar seperti ini merupakan upaya yang baik agar UMKM ‘naik kelas’. Karena selain bisa diadakan di Gedung Sopo Del, selanjutnya juga akan diadakan di Sarinah. Hal ini tentu akan menarik pengunjung, karena selama ini pengelola mall berfikir bahwa dengan brand asing akan menarik pengunjung. Namun hal tersebut tidaklah benar.

        “Jadi sebenarnya yang sekarang itu dengan era custom product, itu yang diminati anak muda. Jadi hadirkan produk UMKM artisan dengan kreasi baik, custom yang langka dan unik. Saya kira ini sangat baik sekali. Kami KemenKop UKM siap mendukung, mendorong, dan mengakurasi produk yang dijual di sini,” tambah Menteri Teten.

        Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengungkapkan dengan adanya bazar ini semakin membuktikan bahwa UMKM Indonesia memang berkualitas.

        Baca Juga: Jangan Sat Set Sat Set, PDIP Minta Jokowi Tiru Soeharto dalam Pilih Menterinya

        “Ini luar biasa sekali, karena di sini juga tadi saya lihat ada teman-teman disabilitas yang digandeng dan mereka membuat kue trus dibantu pengembangannya. Kemudian ada produk UMKM dari kerajinan tangan kayu dan semua mulus mulus bagus, dan produk lainnya. Ini membuktikan bahwa memang UMKM kita berkualitas. Kami dari Kemenparekraf sangat mengapresiasi  pelaksanaan di tempat premium ini. Ini menaikkan kelas dari UMKM kita,” pungkas Wamen Angela.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: