Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Penggunaan Senjata Kimia dari Perang Suriah Picu Ketakutan Ukraina Usai Pakar Beberkan...

        Penggunaan Senjata Kimia dari Perang Suriah Picu Ketakutan Ukraina Usai Pakar Beberkan... Kredit Foto: IHA Photo/Ismail Coskun
        Warta Ekonomi, Beirut -

        Adegan mengerikan datang dari Suriah ketika korban kejang-kejang dan terengah-engah setelah silinder klorin dijatuhkan dari helikopter di kota-kota dan desa-desa disiarkan berulang-ulang selama perang saudara di negara itu.

        Tabu hukum dan moral dihancurkan. Ratusan orang tewas, termasuk banyak anak-anak, dalam lusinan serangan gas beracun yang secara luas dipersalahkan pada pasukan Presiden Bashar Assad di bawah perlindungan sekutu utamanya, Presiden Rusia Vladimir Putin.

        Baca Juga: Terkuak Loyalitas Tentara Bayaran Suriah, Libya hingga Serbia pada Rusia, Besaran Gajinya Fantastis!

        Beberapa tahun kemudian, muncul kekhawatiran bahwa senjata semacam itu dapat digunakan di Ukraina, di mana pasukan Rusia telah melancarkan perang yang menghancurkan selama berminggu-minggu.

        Saat konflik berlarut-larut, para pejabat Barat dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah memperingatkan bahwa Putin dapat menggunakan bahan kimia.

        “Dunia harus bereaksi sekarang,” kata Zelenskyy, dikutip laman Associated Press, Kamis (14/4/2022).

        Para pejabat mengatakan mereka sedang menyelidiki klaim yang belum dikonfirmasi oleh resimen sayap kanan Ukraina bahwa zat beracun dijatuhkan di kota Mariupol yang terkepung minggu ini.  Klaim itu tidak dapat dikonfirmasi oleh sumber-sumber independen.

        Sementara, pejabat Ukraina mengatakan itu bisa jadi amunisi fosfor --yang menyebabkan luka bakar yang mengerikan tetapi tidak diklasifikasikan sebagai senjata kimia.

        Menurunkan ambang batas

        Putin telah mengancam akan memperluas perang Ukraina menjadi konflik nuklir, tetapi tidak jelas apakah bahan kimia akan digunakan untuk mendukung operasi militernya.

        Analis mengatakan perang Suriah menjadi preseden yang mengerikan dalam hal penyebaran klorin, belerang dan sarin agen saraf, sama sekali mengabaikan norma-norma internasional dan tanpa akuntabilitas.

        “Dari apa yang kita lihat sekarang, tampaknya Rusia telah menarik kesimpulan bahwa aman untuk melanjutkan modus operandi ini dari Suriah dalam konteks Ukraina juga,” kata Aida Samani, penasihat hukum Civil Rights Defenders, sebuah organisasi berbasis di Swedia.

        “Tentu saja, itu merusak peraturan internasional yang kami miliki dan menurunkan ambang batas penggunaan senjata semacam itu,” tambah Samani.

        Dia telah bergabung dengan organisasi non-pemerintah lainnya untuk mengajukan pengaduan pidana atas nama sekelompok warga Suriah yang tinggal di Swedia terhadap pemerintah Suriah untuk kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan terkait dengan penggunaan senjata kimia.

        Para pejabat Barat mengatakan Rusia mungkin ingin meminjam dari buku pedoman Suriah, di mana pasukan Assad menguji tekad masyarakat internasional dengan secara bertahap meningkatkan kebrutalan serangan dan metode.

        Bagian dari persamaan di Suriah adalah sulitnya membuktikan apa pun setelah serangan semacam itu, sebagian besar karena kurangnya akses langsung. Assad, dengan dukungan Rusia, secara konsisten menimbulkan kebingungan, menuduh pihak oposisi memalsukan bukti atau menyebarkan gas beracun sendiri untuk mencoba menjebaknya.

        Mekanisme investigasi yang dibentuk oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia menyalahkan pasukan pemerintah Suriah atas beberapa serangan kimia di Suriah, termasuk penggunaan klorin dan sarin dalam serangan di kota Khan Sheikhoun pada April 2017 yang menewaskan sekitar 100 orang.

        Setidaknya satu serangan gas mustard disalahkan pada kelompok Negara Islam, yang menguasai wilayah di Suriah dan Irak selama beberapa tahun selama perang yang menewaskan setengah juta orang.

        Dalam komentar yang mengingatkan pada Suriah, Rusia menuduh Ukraina menjalankan laboratorium kimia dan biologi dengan dukungan AS, yang mengarah ke tuduhan bahwa Moskow berusaha untuk melakukan insiden bendera palsu.

        Ukraina memang memiliki jaringan laboratorium biologi yang mendapat pendanaan dan dukungan penelitian dari AS — tetapi mereka adalah bagian dari program yang berupaya mengurangi kemungkinan wabah mematikan oleh patogen, baik alami maupun buatan manusia.

        Upaya AS dimulai pada 1990-an untuk membongkar program senjata pemusnah massal bekas Uni Soviet.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: