Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan 30 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di sektor ekonomi kreatif bergabung di toko daring dan e-Katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP).
Sandiaga mengungkapkan pihaknya bersama Kementrian Koperasi dan UKM tengah menggelar showcase dan business matching tahap 2 Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) sebagai bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku UMKM.
“Sesuai dengan arahan Presiden, kami terus mendorong penggunaan produk-produk buatan Indonesia dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan kami juga mengadakan showcase dan business matching. Targetnya dengan Gernas Bangga Buatan Indonesia 30 juta pelaku UMKM akan onboarding sampai akhir tahun 2023,” kata Sandiaga.
Sandiaga menjelaskan, kegiatan showcase dan business matching merupakan upaya percepatan penyerapan produk dalam negeri dan UMKM oleh pemerintah.
“Kami berharap ada peningkatan penggunaan komitmen belanja pemerintah bisa sebesar Rp500 triliun. Naik dari Rp400 triliun, sehingga ini akan menambah 2 juta lapangan kerja baru dan juga menambah pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.
Sandiaga pun mendorong pelaku UMKM di berbagai daerah dapat menghadapi peluang dan tantangan yang ada dengan melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.
Ia juga mengajak pelaku UMKM untuk menerapkan empat etos kerja '4AS’ (kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar
Tag Terkait: