Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Soal Pengiriman Terbaik dan Tercepat, Selamat! Tokopedia Juaranya

        Soal Pengiriman Terbaik dan Tercepat, Selamat! Tokopedia Juaranya Kredit Foto: Tokopedia
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Hasil survei Ipsos mengungkapkan bahwa Tokopedia dinilai unggul dengan layanan pengiriman terbaik, tercepat, dan terlengkap di antara e-commerce lainnya yang ada di Indonesia. Di sisi lain, mayoritas konsumen juga menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.

        Adapun layanan pengiriman mencakup durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman. Ketiga hal tersebut sangatlah berkaitan satu sama lain dan penting bagi pengalaman berbelanja serta kepuasan konsumen.

        Dilihat dari durasi pengiriman, mayoritas responden (52%) mengakui Tokopedia sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45%), lalu Lazada 43%, OLX 40%, dan Bukalapak diurutan kelima sebesar 30%.

        Sementara dari variasi layanan pengiriman, sebanyak 33% responden menilai Tokopedia menawarkan pilihan layanan pengiriman lebih banyak. Posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan persentase 28%, kemudian disusul Lazada (26%) di urutan ketiga, Blibli (25%) keempat, dan OLX (20%) kelima. Baca Juga: Simak 5 Kiat Jitu dari Tokopedia Biar Belanja Kebutuhan Ramadan Lebih Ramah di Kantong!

        Sedangkan dari fitur pelacakan/tracking, sebanyak 29% responden menilai Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Pada urutan kedua, Shopee (18%), Lazada 16%, Bukalapak dan Blibli 11%.

        “Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen. Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen. Terlebih lagi ketika layanan pengiriman tersebut baik, cepat, dan mudah dilacak. Dari hasil survei ini, dapat disimpulkan layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lainnya,” ujar Lioni Halim, Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia di Jakarta, Senin (18/4/2022).

        Terkait kualitas produk, dari data yang diperoleh, diketahui bahwa mayoritas konsumen (74%) menilai produk-produk yang tersedia atau dijual di Tokopedia memiliki kualitas yang paling baik. Diikuti oleh Shopee dan Lazada yang memiliki persentase yang sama, yaitu 63%, lalu Bukalapak 50%, dan OLX 40%. 

        Lebih lanjut, pada survei ini juga diketahui media sosial milik Shopee (54%) paling populer di kalangan pengguna e-commerce, popularitas posisi kedua diduduki oleh media sosial Lazada 41%, disusul Tokopedia 40%, Bukalapak 21%, dan Blibli 29%. Baca Juga: Banyak Produk Palsu Berseliweran di E-commerce, Asosiasi Ecommerce Indonesia Siap Perangi

        Adapun survei ini diadakan secara tatap muka, pada bulan Januari 2022, dengan melibatkan 1.051 responden berusia 18 tahun yang tersebar di 15 kota besar di Indonesia. Responden juga pengguna internet secara reguler.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajar Sulaiman
        Editor: Fajar Sulaiman

        Bagikan Artikel: