Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sebut Tinjauan Jokowi ke Formula E Cuma Formalitas, PDIP: Kalau Gagal Bisa Memalukan Negara!

        Sebut Tinjauan Jokowi ke Formula E Cuma Formalitas, PDIP: Kalau Gagal Bisa Memalukan Negara! Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak menilai kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke sirkuit Formula E bukanlah bentuk dukungan. Ia menyebut Jokowi hanya melakukan tindakan formalitas saja.

        Gilbert mengatakan, ajang balap mobil listrik itu telah mendapatkan pro dan kontra dari publik. Karena itu, Jokowi hanya datang untuk memastikan tidak ada masalah dalam pembuatan sirkuitnya.

        Baca Juga: Jokowi Tinjau Formula E Bareng Anies Baswedan, Nasdem: Dia Ingin Memberi Sinyal Buat...

        Apalagi, acara ini merupakan ajang internasional yang disiarkan di belahan negara lain.

        "Itu kewajiban presiden karena masalah ini sudah sangat menyita perhatian. Kunjungan Presiden Jokowi kemarin itu formalitas saja, jangan diinterpretasikan berlebihan," ujar Gilbert saat dikonfirmasi, Selasa (26/4/2022).

        Menurut Gilbert, jika pengerjaan sirkuit dilakukan secara sembarangan dan menghasilkan lintasan tak berkualitas akan membahayakan pembalap. Acara ini akan membuat citra Indonesia di mata dunia jatuh jika terjadi yang tidak diinginkan.

        "Kalau gagal kan memalukan negara, karena nego ulang atau MoU terbaru juga sudah mempermalukan Indonesia," jelasnya.

        Bahkan, kata Gilbert, selama ini Jokowi tidak pernah mengeluarkan pernyataan mendukung Formula E.

        Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Naik, Puan Maharani Malah Jeblok!

        "Oke jelas ya, kata-kata pak Jokowi juga tidak ada yang memuji, datar-datar saja yang saya baca di media," katanya.

        Sebelumnya, Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni mengemukakan, jika kedatangan Presiden Jokowi yang ditemani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam rangka meninjau sirkuit Formula E di Ancol.

        Sahroni menyampaikan, kehadiran Jokowi ke sirkuit adalah untuk melihat secara langsung persiapan untuk ajang Formula E.

        Baca Juga: Jokowi Tinjau Formula E, Wakilnya Anies Baswedan Langsung Bilang Begini

        "Alhamdulilah pak presiden sangat antusias karena sudah rampung 100 persen sirkuitnya. Tinggal tribun juga grandstand untuk para penonton," kata Sahroni kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

        Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR dari Fraksi NasDem ini, kehadiran Jokowi itu juga sebagai bentuk perhatian presiden terhadap ajang balap berskala internasional tersebut.

        "Bentuk pemimpin negara yang sangat perhatian ke daerahnya dalam program apapun. Presiden sangat luar biasa melakukan pemulihan ekonomi dengan sangat masif dan itu terbukti bahwa ekonomi kita sangat baik," tutur Sahroni.

        Diketahui, Jokowi meninjau sirkuit Formula E di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022). Ia sempat berkeliling didampingi oleh Gubernur Anies Baswedan.

        Berdasarkan informasi dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro), keduanya hadir sekitar pukul 15.12 WIB. Setelah itu, Jokowi langsung menaiki mobil golf yang disediakan untuk berkeliling.

        Mobil itu hanya dinaiki oleh Anies dan Jokowi. Anies sendiri yang menyetir untuk membawa Jokowi bekeliling.

        Setelah berkeliling, Jokowi dan Anies menemui awak media yang sudah menunggu. Jokowi mengatakan kedatangannya kali ini ingin melihat pengerjaan sirkuit untuk menjalankan ajang balap mobil listrik itu.

        "Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan untuk trek balapannya sudah siap," ujar Jokowi di lokasi, Senin (25/4/2022).

        Baca Juga: Soroti Dekatnya Anies Baswedan dan Jokowi, Pakar: Ingin Berkuasa, Sekarang Dia Kepepet...

        Anies mengatakan, saat ini kondisi sirkuit Formula E masih dalam tahap pengerjaan. Namun, untuk bagian lintasan sudah selesai sepenuhnya dan bisa digunakan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: