Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Aktivitas CSR Tatap Muka Pasca-Covid-19 Ditingkatkan Lagi Oleh KT&G

        Aktivitas CSR Tatap Muka Pasca-Covid-19 Ditingkatkan Lagi Oleh KT&G Kredit Foto: KT&G
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan global KT&G berkolaborasi dengan dua sarana tanggung jawab perusahaannya (CSR), Sangsang Univ Indonesia dan pusat pelatihan kerja, untuk menawarkan beragam program pelatihan dan kesempatan menjadi relawan lingkungan hidup bagi generasi muda Indonesia.

        Setelah situasi pandemi Covid-19 membaik, program CSR KT&G pun kembali “normal”. 

        Sebagai langkah pertama, KT&G Sangsang Univ menawarkan program pengembangan karier dan pelatihan kerja secara tatap muka di “Univ Zone” sejak April lalu.

        “Univ Zone” merupakan sebuah fasilitas bagi mahasiswa yang didirikan Sangsang Univ di Universitas Negeri Jakarta. Pada 1 April lalu, KT&G Sangsang Univ meresmikan “Univ Zone” di Universitas Negeri Jakarta. Luas “Univ Zone” mencapai sekitar 90m persegi dan berdekatan dengan Fakultas Teknik. Lokasi ini dapat menampung 50 orang secara sekaligus. 

        KT&G Sangsang Univ menjalankan program pengembangan karier selama empat hari, “Career School Season 2”. Program ini diikuti sekitar 100 mahasiswa mulai 11 April di “Univ Zone”.

        Praktik wawancara kerja, menulis surat lamaran kerja, dan bimbingan dari beragam praktisi termasuk dalam program ini. Sangsang Univ terus mendukung pengembangan karier generasi muda Indonesia lewat pelatihan kerja. 

        Sangsang Univ juga menawarkan kesempatan menjadi relawan bagi generasi muda Indonesia lewat program “Sangsang Sharing”. Pada 20 Maret, 11 mahasiswa yang menjadi anggota KT&G Sangsang Univ membersihkan Sungai Ciliwung secara sukarela. 

        Sangsang Univ turut menggelar beragam program di Jakarta Creative Hub. Pada Januari lalu, Sangsang Univ menawarkan kursus pemasaran digital dan pembuatan video digital. Pada Maret, pelatihan barista juga diadakan Sangsang Univ.

        Lewat pelatihan ini, generasi muda yang berminat menggeluti bisnis kopi bergabung dalam kursus tersebut dan mempelajari teknik pembuatan minuman kopi, cara menggunakan mesin espreso, dan latte art. 

        KT&G Sangsang Univ Indonesia merupakan sarana CSR yang dikelola KT&G. Tujuannya adalah membantu pengembangan karier dan keahlian mahasiswa.

        Sejak 2015, KT&G telah mengelola “Sangsang Univ” di Jakarta dan Surabaya agar generasi muda Indonesia mempelajari kebudayaan dan mengembangkan karier. 

        Bagi generasi muda yang ingin mengikuti kegiatan dan kursus Sangsang Univ Indonesia, informasi terbaru tentang program ini tersedia di Instagram (sangsangunivid), Facebook (sangsang univ indonesia), dan YouTube (sangsang univ. indonesia).

        Pusat pelatihan kerja di Universitas Kristen Cipta Wacana (UKCW) juga menjalankan beragam kegiatan. Maret lalu, “KT&G Indonesia Vocational Training Center” yang baru berdiri di UKCW, Malang, mulai mengadakan kursus secara gratis. 

        Fasilitas ini menawarkan kursus menjahit bagi remaja yang kurang beruntung dan yatim piatu di komunitas setempat. 

        Covid-19 telah mengakibatkan pengangguran berskala luas dan meningkatkan angka kemiskinan. Maka, KT&G menjalankan pusat pelatihan kerja demi membantu orang-orang yang kurang beruntung untuk menguasai keahlian teknis, tanpa membebani kondisi keuangan mereka. Setelah mengikuti kursus, peserta mulai merintis karier dan mandiri secara finansial. 

        Sejalan dengan pulihnya rutinitas kehidupan, masyarakat semakin meminati pusat pelatihan kerja. Jumlah pendaftar pada pusat pelatihan kerja pada tahun ini bahkan meningkat menjadi hampir 500 orang.

        Hal tersebut membuktikan popularitas program pelatihan kerja di tengah komunitas lokal. Peserta kursus mempelajari beragam teknik menjahit, serta membuat masker dan alat-alat penting lainnya yang berguna dalam penanganan Covid-19. 

        Peserta kursus menjahit sangat puas dengan keahlian yang diperoleh. Salah satu peserta berkata, “Meski bersifat gratis, kursus ini menawarkan program pendidikan yang sangat profesional. Kursus ini membantu saya mendapatkan pekerjaan.” Salah satu peserta lainnya berkata, “Saya membuka tempat menjahit pakaian setelah menyelesaikan kursus.” 

        Jaeyoung Cho, Chief Global Headquarter KT&G mengatakan, “Kami aktif membantu generasi muda dan pencari kerja di Indonesia, serta meningkatkan potensi karier mereka lewat Sangsang Univ dan Vocational Training Center.” Dia juga menambahkan, “Kami akan selalu mengembangkan dan menawarkan program pelatihan bagi generasi muda Indonesia.”

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: