Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sindir Kunjungan Anies Baswedan ke Tiga Negara Eropa, Gembong PDIP: Jalan-jalan Saja, Refreshing!

        Sindir Kunjungan Anies Baswedan ke Tiga Negara Eropa, Gembong PDIP: Jalan-jalan Saja, Refreshing! Kredit Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Ketua Fraksi PDIP DPRD Jakarta, Gembong Warsono mengritik Gubernur Anies Baswedan yang melakukan perjalanan keliling tiga negara Eropa. Gembong menyebut kegiatan itu hanyalah jalan-jalan di akhir jabatan.

        Gembong menilai Anies hanya jalan-jalan karena tidak tahu secara rinci apa saja kegiatan Anies selama di luar negeri. Namun, dari informasi yang ia dapat, tidak ada hal mendesak yang perlu dilakukan hingga perjalanan ini perlu dilakukan.

        Baca Juga: Sebut Kunjungan Anies ke Eropa Buang-buang Waktu, PSI: Kami Yakin Rapor Kerja Pak Anies Merah

        "Mengakhiri masa jabatannya jalan-jalan kan nggak papa toh? Iya kan. Kan kita enggak tahu agendanya, artinya ke Eropa itu agenda pembahasan masalah apa kan kita enggak tau, maka kesimpulan saya di akhir masa jabatan ya jalan-jalan saja gitu, untuk refreshing," ujar Gembong saat dikonfirmasi, Rabu (11/5/2022).

        Anies diketahui berencana membahas soal Moda Raya Terpadu (MRT) dalam perjalanannya. Gembong juga menilai tidak ada hal yang perlu dibahas lebih lanjut mengenai proyek ini sampai ke luar negeri.

        "Apa yang mau dibahas? Kan MRT sudah jalan. Mau kerja sama apa lagi tentang MRT kan," tuturnya.

        Baca Juga: Siapa 3 Nama Calon Pengganti Anies Baswedan untuk Pj Gubernur DKI Jakarta?

        Sementara itu, dua agenda lainnya memenuhi undangan bidang transportasi dan sister city juga dianggapnya tidak jelas. Ia menganggap pembahasan MRT hanya sekadar alasan untuk bisa jalan-jalan.

        "Kedua agenda berikutnya kita nggak tahu, karena tidak tahu agenda lain kecuali MRT kan kesimpulannya jalan-jalan aja. MRT itu sebagai agenda seolah-olah ada hal urgen yang harus dibahas antar negara-negara sahabat," pungkasnya.

        Anies ke Luar Negeri

        Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan untuk melakukan perjalanan luar negeri hari ini, Selasa (10/5/2022). Rencananya, ada tiga negara yang dikunjungi Anies.

        Hal ini dikatakan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Riza menyebut Anies akan berada di luar negeri selama delapan hari.

        "Rencananya besok malam (Anies memang mau ada agenda ke Eropa, ke beberapa negara, di antaranya London (Inggris), Berlin (Jerman), dan Paris (Perancis). Sementara itu," ujar Riza di Balai Kota DKI, Senin (10/5/2022).

        Baca Juga: Ruhut Serang Anies Diduga Pakai Foto Editan, Tokoh NU: Kebenciannya Sampai Sebar Hoax, Menjijikan!

        Politisi Gerindra itu menyebut Anies akan melakukan tiga agenda. Agenda pertama adalah membahas soal proyek Moda Raya Terpadu (MRT) di ibu kota yang masih berjalan saat ini.

        "Pertama, menindaklanjuti kerja sama transportasi termasuk pembiayaan MRT dan juga transportasi lainnya," jelasnya.

        Selanjutnya, Anies juga akan menghadiri kegiatan terkait transportasi di salah satu negara. "Yang ketiga, terkait dengan Sister City, Smart City, dan sebagainya," pungkasnya.

        Baca Juga: Ruhut Ketar-ketir, Majelis Rakyat Papua Marah Besar Gegara Ada Foto Anies Pakai Koteka

        Terakhir kali Anies melakukan perjalanan ke luar negeri di tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19. Ia sempat menjadi keynote speaker The Pyramid's Annual Post-AGM Gala Dinner yang dilaksanakan di Singapura pada 3 Mei 2019.

        Selanjutnya, ia menghadiri pertemuan Urban 20 (U20) Mayor Summit Agenda di Jepang pada 20-21 Mei 2019. Terakhir, Anies pertama kalinya membahas soal Formula E di Amerika Serikat dan menghadiri The World Cities Summit Mayors Forum 2019.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ayu Almas

        Bagikan Artikel: