Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        5 Rekomendasi Platform E-Commerce di Indonesia

        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perkembangan teknologi memungkinkan para seller untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih optimal. Melalui platform e-commerce, peluang menjual secara online telah membantu banyak bisnis untuk tumbuh dan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak lagi. 

        E-commerce adalah media untuk transaksi pembelian dan penjualan barang secara elektronik atau online. Ada banyak pilihan platform e-commerce untuk para seller, tapi mana yang terbaik bagi pertumbuhan bisnis? 

        Rekomendasi Platform E-Commerce di Indonesia

        Saat ini pemilik usaha kecil dan menengah harus mempertimbangkan untuk menerapkan teknologi dan berbagai pendekatan strategi pemasaran digital untuk integrasi yang efisien dan memberikan ruang untuk ekspansi di masa depan. 

        Beberapa platform e-commerce memberikan fasilitas untuk menunjang proses bisnis online para seller, di antaranya: 

        1. SIRCLO 

        SIRCLO adalah sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang solusi e-commerce untuk membantu merek kecil, menengah, dan perusahaan untuk menjual produk dan layanannya secara online.

        SIRCLO menawarkan 2 kategori jualan online, yaitu solusi Entrepreneur (wirausaha) dan Enterprise (perusahaan). Kategori Entrepreneur adalah toko online UMKM untuk berjualan di beberapa platform seperti website, marketplace, dan chat commerce.

        Sedangkan kategori Enterprise adalah layanan e-commerce enabler melalui SIRCLO Commerce dan solusi pengembangan teknologi omnichannel melalui ICUBE by SIRCLO.

        Berdiri sejak tahun 2013, SIRCLO telah melayani lebih dari 100.000 brands untuk mengembangkan bisnis online mereka. 

        2. GoStore

        GoStore adalah platform e-commerce dari GoJek yang didukung oleh Moka yang berdiri sejak 2020. GoStore menyediakan layanan dan fasilitas untuk membuat situs jualan online pribadi yang terhubung dengan jutaan pengguna media sosial. 

        Seller juga bisa memantau seluruh aktivitas bisnis harian yang terekam secara otomatis dan dapat diakses melalui melalui Back Office Moka, seperti cek laporan penjualan, ketersediaan stok, data pelanggan, hingga mengatur promosi toko sendiri.

        Salah satu tujuan GoStore adalah untuk memudahkan pebisnis berbagai skala untuk membuat website toko online dan memungkinkan pelanggan untuk checkout transaksi dari berbagai channel penjualan online melalui GoStore. 

        3. Shopify

        Shopify Inc. adalah perusahaan e-commerce multinasional asal Kanada yang sudah digunakan di 175 negara dan telah menghasilkan lebih dari $496 miliar USD dalam penjualan menggunakan Shopify. 

        Shopify Indonesia resmi rilis pada 2013, memberikan layanan pembuatan toko online yang mudah dan lengkap. 

        Di Shopify, seller tidak perlu mengurus hal teknis seperti setting website atau mengurus kecepatan server karena sudah menggunakan built-in website builder siap pakai.  

        Harga membuat website toko online di Shopify mulai dari $29 atau sekitar Rp430 ribu rupiah per bulan dalam paket Basic Shopify. 

        4. Ecwid

        Ecwid adalah platform e-commerce yang menyediakan fasilitas untuk membuat toko online yang profesional tanpa programmer dan desainer. 

        Seller juga bisa mengintegrasikan website bisnis dan aplikasi yang sudah ada dengan Ecwid untuk mempromosikan bisnis dengan lebih optimal lagi. 

        Menawarkan pengelolaan situs toko online yang mudah dan sederhana. Dengan satu dasbor terpusat untuk mengatur manajemen pesanan, katalog produk, penetapan harga, laporan penjualan, dan banyak lagi. 

        Ecwid merupakan perusahan yang berdiri di Rusia, namun sedang dalam proses akuisisi oleh Canadian Lightspeed. Saat ini Ecwid Indonesia juga sudah tersedia dengan fitur jualan online yang lengkap. 

        5. TokoTalk 

        TokoTalk adalah platform solusi e-commerce paling lengkap dan canggih di Indonesia. TokoTalk berkomitmen untuk mendukung kesuksesan seller dari berbagai skala bisnis dalam menjalani kegiatan jualan online end-to-end. 

        TokoTalk terus mengembangkan layanan dan fasilitas bisnis online terbaik untuk para seller, termasuk menyediakan koneksi yang seamless ke semua kebutuhan seller dalam berjualan online. 

        Adapun beberapa keunggulan TokoTalk yang menonjol dibandingkan dengan platform e-commerce di Indonesia antara lain; Menyediakan aplikasi toko online di Android. Beragam metode pembayaran (payment gateway) untuk memudahkan pelanggan menyelesaikan pembayarannya.

        Menyediakan fitur Cash On Delivery (COD). Fasilitas untuk beriklan di Facebook dan Google untuk mengoptimalkan pemasaran dan promosi.

        Memungkinkan seller berjualan melalui IG Shopping. Menyediakan fitur SEO untuk memaksimalkan performa toko online serta meningkatkan jangkauan traffic dan penjualan. Fitur WhatsApp Order, seller bisa mengubah chat customer menjadi orderan secara otomatis.

        Cashless shipping, di mana pelanggan dapat bayar ongkir dengan Poin TokoTalk. Integrasi dengan logistik. Manajemen order yang komprehensif. Perangkat digital marketing. Pilihan 100++ template website premium yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan brand identity toko. Bebas pilih domain sendiri untuk branding tokomu.

        Cek performa penjualan secara real-time. Memiliki fitur StoreLinks, halaman web yang bisa dipersonalisasi untuk mencantumkan lebih dari satu tautan penting dari merchant.

        Menyediakan fasilitas belajar bisnis dan manajemen keuangan di TokoTalk Business Academy bersama para ahli yang kompeten. 

        Selain itu, seller bisa mulai toko online di TokoTalk secara gratis. Tanpa coding atau pengaturan website yang rumit, toko online bisa dioperasikan dengan mudah dan simpel. 

        Dibandingkan Shopify dan Ecwid, TokoTalk merupakan produk lokal dengan tim Customer Support yang siap membantu setiap saat. Terutama bagi seller dan audiens yang tidak berbahasa Inggris, Shopify dan Ecwid mungkin akan menyulitkan karena tidak berbasis di Indonesia.

        TokoTalk juga lebih mudah dioperasikan dan dioptimalkan untuk menyasar target konsumen lokal. Sehingga seller juga bisa menyesuaikan pendekatan dan strategi konsumen sesuai dengan targetnya. 

        Hingga saat ini, TokoTalk yang didukung oleh perusahaan teknologi asal Korea Selatan–Codebrick telah mendukung lebih dari 700.000 seller di platformnya sejak Maret 2018. Bagi yang sedang mempertimbangkan untuk membuat toko online sendiri demi kemajuan bisnis, TokoTalk adalah pilihan yang menguntungkan.

        Memahami 5 platform e-commerce di Indonesia di atas dapat memberi wawasan untuk memiliki e-commerce terbaik untuk bisnis online.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: