Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Jelang Pemilu 2024, Pemerintah Siapkan Tim Penangkal Serangan Siber

        Jelang Pemilu 2024, Pemerintah Siapkan Tim Penangkal Serangan Siber Kredit Foto: Reuters/Kacper Pempel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam rangka koordinasi penyelenggaraan Pemilu 2024 di Jakarta, kemarin. Dalam pertemuan itu Menkominfo Johnny G. Plate berdiskusi dengan Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

        Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyatakan audiensi kali ini ditujukan untuk koordinasi dan meminta dukungan kepada Pemerintah berkaitan dengan kepemiluan sesuai dengan bidang tugas kementerian dan lembaga.

        “Kementerian Kominfo memiliki ruang lingkup wilayah tugas dan wewenang di sektor TIK, sehingga kami memohon bantuan agar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang bisa terselenggara dengan baik,” ujarnya.

        Menurut Hasyim, saat ini pihaknya tengah berupaya menjalankan misi untuk meningkatkan layanan kepemiluan dengan teknologi informasi.

        “Kami menyadari tidak bisa bekerja sendirian. Saya kira itu tujuan utama kami untuk sukses menyelenggarakan pemilu, pilkada 2024 dengan peningkatan layanan KPU berbasis teknologi informasi,” ungkapnya.

        Sementara itu Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan pihaknya memberikan dukungan kepada KPU dalam menjaga ruang digital agar pelaksanaan Pemilihan Umum berlangsung dengan baik dan sehat.

        Johnny menyatakan telah menyiapkan dukungan teknologi informasi, tim keamanan siber dan penangkal konten negatif.

        “Kominfo mendukung ruang digital yang sehat. Tidak saja pada saat penyelenggaran Pemilihan Umum, juga seluruh kehidupan di dalam ruang digital setiap saat. Oleh karena itu, Kominfo telah melengkapi peralatan-peralatannya, menambah cyber drone dan mempunyai tim cyber security yang bekerja 24 jam sehari untuk melakukan surveillans terhadap ruang digital dan serangan siber,” jelasnyanya..

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Boyke P. Siregar
        Editor: Boyke P. Siregar

        Bagikan Artikel: