Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kemenparekraf Dukung Pemulihan Industri Retail: HIPPINDO Harus Jadi Pemacu dan Pemicu Kemajuan

        Kemenparekraf Dukung Pemulihan Industri Retail: HIPPINDO Harus Jadi Pemacu dan Pemicu Kemajuan Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) melakukan konferensi pers tiga rangkaian acara sekaligus di Auditorium Kemendag pada Kamis (14/7/2022).

        Acara tersebut adalah Indonesia Retail Summit 2022, Hari Belanja Diskon Indonesia, dan Hari Retail Modern Indonesia yang rencananya akan digelar di Hotel Sarinah pada 15-29 Agustus 2022 mendatang.

        Baca Juga: Kemenparekraf Targetkan 70% Peserta ICEFF 2022 Jalin Kemitraan dengan Investor

        Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky Manurung menyebut bahwa Hari Belanja Diskon Indonesia yang nantinya akan digelar mesti mampu mendongkrak perekonomian Indonesia di sektor retail.

        Henky juga meminta para pelaku usaha retail mampu memberikan opsi baru dengan beragam fokus ekonomi kreatif. Selain itu, Henky juga meminta dalam pelaksanaannya, Hari Belanjaan Diskon Indonesia tidak hanya menawarkan diskon pada produk tertentu, tetapi juga disertai kualitas yang baik.

        "Serta dengan menawarkan quality, tourism, dan pariwisata berkelanjutan. Jadi hal inilah yang harus kita kedepankan lagi, dan kami menyambut baik asosiasi HIPPINDO," kata Henky, Kamis (14/7/2022).

        Selain itu, Henky juga meminta agar ke depan HIPPINDO bisa melibatkan kota lainnya. Dia berharap agar Hari Belanja Diskon Indonesia juga dilaksanakan di 10 kota besar lainnya di Indonesia.

        Lebih lanjut, Henky berharap HIPPINDO bisa menjadi pemicu dan pemacu peningkatan kualitas produk di bidang retail dan mampu mendorong sesama anggota untuk bisa makin maju dalam kegiatan-kegiatan kedepannya.

        "Kami harapkan HIPPINDO dapat terus berkembang dan maju menjadi pemicu dan pemacu meningkatkan kualitas dan mengayomi anggota menjadi makin maju dan sukses dalam kegiatannya terutama dalam mendukung pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif secara nasional," katanya.

        Sementara itu, Ketua Indonesia Retail Summit 2022 Anne Patricia Susanto memaparkan bahwa kegiatan yang nantinya akan dia lakukan berkaitan dengan pemulihan ekonomi melalui sektor retail Indonesia.

        Selain itu, dia juga memaparkan bahwa pelaku usaha retail dituntut untuk bisa berimprovisasi untuk menjaga eksistensinya, mengingat platform perbelanjaan menunjukkan kemajuannya seiring dengan teknologi modern yang sangat beragam. Hal tersebut, kata Anne, menjadi tantangan baru industri retail di Indonesia maupun di dunia.

        Baca Juga: Selesai Akhir Tahun, IDD Jadi Proyek Retail Semi Outdoor Pertama yang Dukung Penurunan Emisi Karbon

        "Dibutuhkan praktik retail modern baru untuk mengakomodasi situasi yang terjadi, baik melalui cara offline, online, maupun omichannel," kata Anne.

        Berdasarkan tantangan tersebut, Anne mengatakan bahwa pihaknya berinisiatif menyelenggarakan sebuah event tahunan yang mampu menghimpun para pelaku usaha retail untuk saling berkomunikasi terkait permasalahan yang dihadapi.

        "Kami (HIPPINDO) juga mengundang para pemangku kebijakan dari para duta besar dari para negara untuk dapat mendapatkan kesepakatan kerja sama, peluang bisnis dan investasi antarnegara. Keharmonisan dari berbagai pihak terkait industri retail dituangkan dalam sebuah event ekosistem bernama Indonesia Retail Summit," kata Anne.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Andi Hidayat
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: