Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        W20 Progresif Danau Toba 2022, Ruang bagi Pelaku UMKM Promosikan Karya Kreatif

        W20 Progresif Danau Toba 2022, Ruang bagi Pelaku UMKM Promosikan Karya Kreatif Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Parapat -

        Kegiatan Promosi Gerakan Bersama Ekonomi kreatif atau W20 Progresif Danau Toba 2022, akan menjadi ruang bagi pelaku ekonomi kreatif khususnya UMKM, untuk dapat mempromosikan berbagai karya kreatif yang dihasilkan oleh pelaku usaha di kawasan pariwisata Danau Toba.

        Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Warsono mengatakan hal itu pada pembukaan W20 Progresif Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Simalungun Jumat (15/7/2022) sore. Kegiatan Progresif Danau Toba yang berlangsung 15-24 Juli 2022 itu merupakan rangkaian kegiatan Women 20 Summit Lake Toba 18-21 Juli 2022 di Parapat, Toba Caldera Resort, Toba Huta Siallagan dan Samosir. Delegasi 20 negara G20 akan hadir di kawasan Danau Toba.

        Baca Juga: Rest Area KM 260B Banjaratma: Bangunan Tua yang Bermanfaat Bagi UMKM

        "Kegiatan ini juga diharapkan dapat mendorong dan mempromosikan gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Program berwisata di Indoensia aja, sebagai upaya dukungan pecepatan pemulihan ekonomi nasional," katanya, Jumat (15/7/2022).

        Dengan UMKM yang semakin kreatif dan kualitas UMKM Perempuan yang semakin tangguh, tentunya akan mendorong tumbuhnya transaksi keuangan dan penciptaan lapangan kerja baru yang memberikan dampak secara langsung pada pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

        "BI apresiasi kepada Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) selaku satker dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemeritah Daerah di 8 Kabupaten kawasan Danau Toba, Kementerian/ Lembaga, Dekranasda, Rumah Karya Indonesia, serta stakeholder 

        Dikatakannya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dan strategis dalam struktur perekonomian Indonesia. Sebesar 99%l persen dari pelaku usaha di Indonesia merupakan UMKM, dengan penyerapan tenaga kerja hingga mencapai 97 persen dan berkontribusi 62 persen terhadap PDB Nasional. 

        "Saat ini kita juga turut berbangga telah banyak pelaku ekonomi kreatif yang melahirkan berbagai karya dari ide dan gagasannya," ungkapnya.

        Lahirnya karya-karya kreatif tersebut tentunya sejalan dengan peningkatan kesetaraan gender, yang mendorong kaum wanita semakin aktif dan kreatif dalam menjalankan usaha, sehingga turut mendorong peningkatan daya saing UMKM dam mampu bersiang tidak hanya di ranah lokal namun juga di tingkat global.

        "Kami meyakini, melalui pengembangan ekonomi kreatif, dapat menjadi peluang baru bagi masyarakat dan pemerintah sebagai salah satu upaya mendorong peningkatan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan," katanya.

        Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Wahyu Dito Galih Indharto mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi kreatif di 8 kabupaten kawasan Danau Toba. 

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Khairunnisak Lubis
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: