Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Pandemi Buat Strategi Pemasaran Berubah, Perusahaan-perusahaan Ini jadi yang Paling Inovatif

        Pandemi Buat Strategi Pemasaran Berubah, Perusahaan-perusahaan Ini jadi yang Paling Inovatif Kredit Foto: Ist
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pandemi Covid-19 yang diiringi dengan pembatasan mobilitas mengubah kebiasaan konsumen secara drastis. Perubahan ini membentuk ekspektasi baru dan standar pelayanan yang lebih tinggi. 

        Para pelaku usaha tentu sangat menyadarinya dengan bekerja lebih cerdas untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Berbagai inovasi pun dilakukan khususnya di bidang sales dan marketing. Selain agar kinerja penjualan tetap terjaga dengan baik, juga memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan sehingga tercapai loyalitas. 

        Wakil Rektor I Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Agus W. Soehadi PhD, mengungkapkan, perkembangan teknologi digital saat ini membuat konsumen semakin terkoneksi (hyper connected consumer). Konsumen dapat dengan mudah terhubung dan mengakses media sosial untuk menyebarluaskan pendapat dan pengalaman mereka. Mereka bisa menyuarakan pujian atau bahkan keluhan dari produk dan layanan yang mereka terima. 

        "Maka perusahaan perlu berkolaborasi dengan perusahaan lain agar mampu memberikan pengalaman berharga yang konsumen inginkan, pengalaman yang tidak terlupakan oleh konsumen. Di sektor makanan misalnya, mereka bisa berkolaborasi dengan mitra riders, restoran, hingga mitra pembayaran," jelas Agus, dalam virtual awarding Indonesia Sales & Customer Experience Champions Conference 2022 dengan tema "Winning Customer Hearts in The Fast Changing Era", beberapa waktu lalu. 

        Baca Juga: Maksimalkan Dunia Digital, Gunakan Media Sosial Jadi Personal Branding

        Sebagai wujud apresiasi terhadap perusahaan yang berhasil memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya, penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022, pun digelar. 

        Group Chief Editor SWA Media, Kemal E. Gani, menyampaikan, dua ajang ini telah mampu menunjukkan diferensiasi masing-masing peserta, terutama kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan menghadapi tantangan sales dan marketing di era Covid-19. 

        Kemal pun berharap ajang ini akan menjadi pembelajaran bagi para pebisnis dan mereka yang menekuni bidang pemasaran dan penjualan.

        "Kami berharap akan semakin banyak perusahaan di negeri ini yang berhasil menjalankan program customer experience sehingga hasilnya akan semakin banyak pelanggan yang puas, loyal, bahkan merekomendasikan produknya kepada keluarga, teman, dan jaringan lainnya," ujarnya. 

        Ia juga berharap Indonesia Sales Team Champions 2022 akan menjadi contoh dan penyemangat bagi tim sales perusahaan lain di Indonesia untuk bisa lebih kreatif, inovatif, dan kompak dalam merancang program dan strategi penjualan. "Yang paling penting eksekusinya gemilang sehingga hasilnya berdampak pada peningkatan penjualan yang signifikan," lanjutnya.  

        Berikut adalah daftar penerima penghargaan Indonesia Customer Experience Champions 2022 dengan predikat Best of The Best Customer Experience Team: PT Prodia Widyahusada Tbk., PT Global Loyalty Indonesia (ALFAGIFT), PT Mandiri AXA General Insurance, PT Bank DBS Indonesia, PT Wismilak Inti Makmur, Tbk., PT Great Eastern Life Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional, (BAZNAS), dan Lintasarta. 

        Sementara itu perusahaan dengan tim CX berpredikat Best Customer Experience Team, di antaranya PT HM Sampoerna Tbk., PT Tribun Digital Online, PT Nojorono Tobacco International, PT Link Net Tbk (First Media), PT Polytama Propindo, PT Lippo General Insurance Tbk., PT Multipolar Technology Tbk., PT SiCepat Ekspres Indonesia, serta PT Nusa Selaras Indonesia (Nu Skin). Kemudian perusahaan dengan predikat The Rising Customer Experience Team, di antaranya PT Chubb Life Insurance Indonesia. 

        Adapun deretan peserta yang sukses meraih predikat Best of The Best Sales Team dalam ajang Indonesia Sales Team Champions 2022: PT HM Sampoerna Tbk., PT Mandiri AXA General Insurance, PT SiCepat Ekspres Indonesia, serta PT Fastrata Buana. 

        Untuk predikat Best Sales Team diraih oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dept. Marketing Transportasi PT Elnusa Petrofin, Telkomsel Orbit, PT Link Net Tbk (First Media), Telkomsel Digipos, dan PT Sinarniaga Sejahtera. Lalu ada PT Nusa Selaras Indonesia (Nu Skin) yang meraih predikat The Rising Sales Team.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Annisa Nurfitri
        Editor: Annisa Nurfitri

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: