Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Cerdas Membangun Value Creation Agar Bisnis Terus Profit dan Cuan

        Cara Cerdas Membangun Value Creation Agar Bisnis Terus Profit dan Cuan Kredit Foto: Unsplash/Prostock-Studio
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Membangun sebuah bisnis tak hanya sekadar berjualan. Bisnis yang berkelanjutan sangat diperlukan memiliki value atau nilai-nilai yang berharga. 

        Dalam video YouTube bertajuk "VALUE CREATION FOR PROFITABLE BUSINESS" bersama Baskorohadi Sukatmo, dikatakan bahwa value creation berguna untuk mengoptimalkan value dari bisnis yang dimiliki guna membuat Strong Belief System atau sistem kepercayaan terhadap produk yang kita jual kepada customer.

        Baca Juga: Apa Itu Value Creation?

        Adapun keuntungan dari value creation sendiri adalah yang pertama melakukan redefinisi kategori baru. Yang kedua adalah bisnis yang unik dan relevan. Lalu yang ketiga adalah menetapkan range harga yang optimal, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Karena akan percuma ketika perusahaan memberikan harga murah tetapi customer tidak tahu value produknya. Kemudian yang terakhir adalah menjaga keberlangsungan dan pertumbuhan profit bisnis.

        Selain keuntungan yang sudah disebutkan, ternyata masih ada keuntungan yang lebih besar lagi yaitu:

        1. Menjadi panduan dalam membuat ide produk baru dan menumbuhkan aktivitas pemasaran
        2. Menjadi fondasi strategi pertumbuhan bisnis
        3. Menjadi basis kolaborasi dengan penelitian dan pengembangan
        4. Menjadi panduan dalam merger dan akuisisi
        5. Menjadi poin penjualan dalam fund-raising

        Lebih lanjut, value creation yang terdapat dalam produk atau service akan menumbuhkan value perusahaan. Creating value juga bisa melalui Feature and Benefit. Adapun Product Feature seperti Fact & Description (bahan, ukuran, berat, dll) dan Fungsi produk tersebut. Lalu Product Benefit yaitu "Apa yang dilakukan fitur terhadap customer" dan "Pemenuhan Kebutuhan & Keinginan customer".

        Sebagai contoh produk sepatu memiliki fitur teknologi bosa sehingga benefitnya yaitu si pemakai akan merasakan nyaman saat berjalan.

        Lebih lanjut, setelah Feature & Benefit terbentuk untuk value, maka akan lebih baik memiliki Factor X sehingga menjadikan Total Value lebih tinggi daripada sekadar memiliki Feature & Benefit.

        Oleh karena itu, kita harus bisa membandingkan setiap Feature & Benefit ke pesaing. Adapun Feature & Benefit yang kita miliki harus difokuskan, ditingkatkan atau bahkan dihindari untuk membangun value.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: