Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Anies Baswedan-AHY Bersatu, Parpol Ini yang Bakal Ketiban Durian Runtuh

        Anies Baswedan-AHY Bersatu, Parpol Ini yang Bakal Ketiban Durian Runtuh Kredit Foto: Okezone
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        NasDem diyakini bakal "ketiban durian runtuh" jika mencalonkan Anies Baswedan sebagai capres 2024. Elektabilitas partai yang dipimpin Surya Paloh itu juga akan makin naik jika memasangkan Anies dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Praktis, NasDem juga akan berkoalisi dengan Partai Demokrat.

        Analisis tersebut didapatkan dari hasil survei Lembaga Survei Independen. Menurut Direktur Riset Lembaga Survei Independen, Fathur Rahman, elektabilitas Partai NasDem terjadi usai mengumumkan calon presidennya, yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa melalui ajang Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

        Baca Juga: NasDem Berikan Harapan Palsu, Loyalis Anies Baswedan Langsung Ngomong Begini

        Selain itu, jelas Fathur, isu yang makin menguatkan adalah "pemasangan" Anies Baswedan bersama Agus Harimurti Yudhoyono yang diusung oleh Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

        "Kenaikan Elektabilitas Partai NasDem usai diumumkannya calon Presiden Anies Baswedan dan menguatnya koalisi Partai Nasdem, PKS dan Demokrat yang mengusung pasangan Anies dan AHY," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, belum lama ini.

        Diketahui, hasil survei elektabilitas partai politik pada posisi pertama masih ditempati PDI Perjuangan dengan 18,8 persen, kedua Partai Gerindra 11,9 persen, ketiga Partai Demokrat 11,8 persen, keempat NasDem 8,7 persen, kelima PKS 7,2 persen, keenam Partai Golkar 7,0 persen, ketujuh PKB 5,9 persen, kedelapan PAN 2,7 persen, dan kesembilan PPP 2,4 persen.

        Survei Lembaga Survei Independen dilakukan pada 8-20 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.500 responden warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih di 34 provinsi. Metode survei tersebut dilakukan dengan wawancara melalui jaringan selular dengan margin of error 3,05 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

        Baca Juga: Pembantu Jokowi Masih Paling Top di Survei Elektabilitas, Nasib Mas Anies Baswedan Bagaimana?

        Sementara, partai nonparlemen hanya mendapat 0 sampai 1 persen suara, dan yang belum menentukan pilihan 19,1 persen suara. Survei simulasi pasangan Anies-AHY memiliki elektabilitas yang lebih kuat dibandingkan pasangan lainnya.

        Pada simulasi tiga pasangan capres-cawapres, Anies-AHY masih memiliki keunggulan dengan elektabilitas 35,9 persen, sedangkan di urutan kedua ada Prabowo Subianto-Puan Maharani sebanyak 27,6 persen, dan Ganjar Pranowo-Erick Thohir sebesar 16,4 persen.

        Dalam simulasi dua pasangan, Anies-AHY meraih 39,8 persen dan unggul di atas Prabowo Subianto-Puan Maharani yang mendapatkan 31,4 persen.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: