Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kemenparekraf RI Gandeng Netflix Promosikan Indonesia

        Kemenparekraf RI Gandeng Netflix Promosikan Indonesia Kredit Foto: Tri Nurdianti
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sebagai upaya untuk mendukung kampanye Wonderful Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Kemenparekraf) menjalin kemitraan strategis bersama dengan Netflix yang akan berlangsung selama satu tahun.

        Kemitraan secara resmi diluncurkan pada Selasa (6/9/2022) melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Ni Wayan Giri Adnyani, Plt Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf dan Ruben Hattari selaku Direktu Kebijakan Publik Asia Tenggara Netflix.

        Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bersama dengan Dean Garfield selaku Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix juga turut hadir di dalam acara peresmian.

        Baca Juga: Netflix Tolak Iklan Kripto pada Layanan Berbasis Iklan Terbarunya

        Memberikan antusiasmenya, Sandiaga mengucapkan apreasiasi kepada Netflix atas kerja sama dan dukungan yang telah diberikan selama pandemi melalui kolaborasi yang telah dan akan dibangun selanjutnya. Ia mengaku bahwa peresmian kerja sama ini merupakan langkah yang tepat untuk mempromosikan Indonesia di kancah internasional sehingga dapat memberikan dampak dan dorongan yang besar pada industri kreatif dan pariwisata Indonesia.

        “Melalui Netflix, kita bisa melakukan promosi kepada penonton, yang saat ini Netflix telah memiliki total subscribers mencapai 222 juta dan berada di 190 negara, kita bahkan tidak bisa mencari atau menciptakan kesempatan besar yang dapat menyaingi ini. Kita bisa lakukan promosi, tapi bukan melalui iklan, melainkan dengan konten,” tutur Sandiaga menjelaskan alasan utama memilih Netflix sebagai mitra promosi.

        Sandiaga menilai popularitas yang dibawa konten akan memberikan dampak popularitas pula kepada destinasi pariwisata dan pada produk kreatif yang ada di Indonesia, yang tentu akan mengangkat lebih banyak lagi potensi untuk bertumbuh dan berkembang. Tentunya, ini menjadi suatu program yang bagus dan efektif bagi sektor pariwisata dan industri kreatif di Indonesia.

        Dean Garfield sebagai Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix setuju bahwa Indonesia memiliki potensi yang begitu besar, mulai dari penutur cerita yang luar biasa, topografi, dan kekayaan alam yang indah, kebudayaan beragam, dan masyarakatnya.

        Memberikan dukungan, Dean mengungkapkan, “kami berharap melalui kolaborasi ini dan juga investasi di industri kreatif di sini dapat membantu dalam menyerbarkan pesan kepada dunia mengenai segala keindahan yang ada di Indonesia.”

        Sebagai perwujudan konkrit dari komitmen Netflix dalam mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, Dean menyampaikan,  Netflix kini telah membuka kantornya di Indonesia dan akan melanjutkan pertumbuhan pembangunan di sini. Tidak hanya itu, Netflix sudah mulai menghadirkan show lokal dan ke depannya akan terus mendukung program pemerintah dalam perluasan lapangan kerja di industri kreatif Indonesia.

        “Ini adalah kolaborasi yang win-win. Netflix bisa memberikan dukungan mengenai data-data, terutama di Indonesia, seperti mengenai konten-konten seperti apa yang diinginkan oleh penonton, sehingga bersama-sama kita dapat mengembangkan fokus untuk memperluas jangkauan dari industri ini karena potensinya memang sangat besar,” tambah Sandiaga.

        Melalui kerja sama antara Kemenparekraf RI dengan Netflix ini, Sandiaga berharap tidak hanya Indonesia yang dapat mempromosikan pariwisata dan industri kreatifnya dengan era baru, namun juga dari sisi ekonomi kreatif, dapat juga menyumbangkan lebih banyak lapangan kerja.

        “Dua sektor [pariwisata dan ekonomi kreatif] telah menyumbangkan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan saya berharap ini [kerja sama Kemenparekraf dengan Netflix] akan menjadi momentum kita untuk mempercepat pemulihan dan bangkit lebih kuat. Kita berharap nanti yang bisa kita kolaborasikan ke depannya itu, baik itu kebijakan untuk atau apa pun dapat memberikan kesempatan kepada konten-konten Indonesia supaya dapat ditampilkan dan menjangkau penonton Netflix,” pungkas Sandiaga.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Tri Nurdianti
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: