Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Anies Baswedan Pamerkan Rumah DP 0 Rupiah: Laris Manis!

        Anies Baswedan Pamerkan Rumah DP 0 Rupiah: Laris Manis! Kredit Foto: Pemprov DKI Jakarta
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Program rumah dengan uang muka (downpayment/DP) Rp0 diakui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sangat diminati masyarakat. Anies menyebut, tingkat keterisiannya sudah mencapai 95 persen.

        "Bahkan, angka keterisian huniannya sudah 95 persen dan ini lebih tinggi dari apartemen yang baru 70 persen. Artinya, kita memiliki demand yang tinggi," kata Anies dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (10/9/2022).

        Baca Juga: Siapkan Nama Pengganti Anies Baswedan, DPRD DKI: Dipilih atau Nggak, Terserah Pak Jokowi

        Anies menambahkan, tentunya hal ini menjadi skema yang menarik bagi pihak swasta dan berharap ke depannya eskalasi makin banyak. Menurutnya, DP Rp0 itu unik lantaran termasuk dalam mekanisme pasar yang terdapat peran pemerintah dengan intervensi uang muka (down payment) sehingga bisa berjalan baik.

        Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Sarjoko menerangkan, pendaftaran hunian DP Rp0 dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Sistem Informasi Perumahan Permukiman (SIRUKIM).

        "Pendaftaran dapat diakses melalui aplikasi SIRUKIM yang juga terkoneksi dengan aplikasi sistem kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta dan aplikasi sistem perpajakan yang dikelola oleh Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta," katanya.

        Menurut Sarjoko, aplikasi bisa memudahkan dan mempercepat petugas dalam memverifikasi atas valid atau tidaknya administrasi kependudukan serta kepemilikan aset rumah dari para calon penerima manfaat.

        Selain itu, masyarakat juga bisa melihat tampilan unit serta mendapat layanan informasi terkait ketersediaan unit DP Rp0 hingga pendaftaran dengan mengunjungi Galeri Huni JAKHABITAT di Taman Martha Tiahahu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

        Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan 1.348 unit hunian JAKHABITAT DP Rp0 di Menara Kanaya Nuansa Cilangkap dan Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa, Jakarta Timur pada Rabu (7/9).

        Baca Juga: Buzzer yang Serang Rumah DP Rp0 Dapat Ucapan Terima Kasih dari Anies Baswedan, Nih! Selamat, Yaa

        JAKHABITAT memberikan hunian berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan Perumda Sarana Jaya.

        Sebanyak 1.348 unit yang diresmikan terdiri atas 480 unit hunian Menara Swasana Nuansa Pondok Kelapa (236 unit tipe studio dan 244 unit tipe 2 kamar tidur) dan 868 unit hunian Menara Kanaya Nuansa Cilangkap (538 unit tipe studio dan 330 unit tipe 2 kamar). Pembangunan dua menara hunian DP nol rupiah itu dilaksanakan oleh BUMD DKI, Perumda Sarana Jaya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: