Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tak Bisa Dibendung, Perkembangan Media Sosial di Era Digital

        Tak Bisa Dibendung, Perkembangan Media Sosial di Era Digital Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Separuh lebih dari populasi Indonesia sudah terkoneksi dengan internet dan sekitar 68 persen sudah aktif di media sosial. Indeks literasi digital Indonesia tahun 2021 menunjukkan skor terendah meliputi sisi keamanan digital dan yang tertinggi adalah budaya digital. 

        Sementara itu riset lebih lanjut dari Kata Data menyebut pengguna media digital saat ini paling percaya pada televisi sebagai sumber informasi, sebesar 49,5 persen, sementara media sosial menempati posisi kedua sebesar 20,3 persen. 

        Baca Juga: OJK dan BNI Siap Dorong Ekonomi Digital Sumbar Melalui UMKM

        "Artinya potensi perkembangan media sosial semakin dahsyat dan ini akan menjadi sebuah medium yang baru ketika masyarakat bermigrasi dari analog ke digital akan semakin banyak bertumbuh," ujar Jurnalis TEMPO dan Pemeriksa Fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Eko Widianto, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Selasa (13/9/2022). 

        Hal ini diikuti kondisi pandemi yang hampir 3 tahun berlangsung, di mana masyarakat dipaksa untuk beralih menggunakan internet dan teknologi digital untuk bersekolah, bekerja dan aktivitas lainnya. Kecakapan digital menjadi keharusan bagi masyarakat di era serba teknologi, selain itu kemampuan tersebut harus terus diperbarui sebab teknologi pun nantinya akan berubah dan makin mutakhir. Diharapkan masyarakat juga terus beradaptasi dengan perubahan yang kian cepat dari digitalisasi. 

        Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi

        Baca Juga: Terus Bantu UMKM, PNM Sabet Penghargaan TOP Digital Corporate Brand Award 2022

        Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Jurnalis TEMPO dan Pemeriksa Fakta Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), Eko Widianto, Kabid Humas RTIK Blitar, Dian Triwiyono dan Founder Jalanyuk Isna Noviningtyas. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Aldi Ginastiar

        Bagikan Artikel: