Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Biden ke Rakyat Amerika: Negara Kita Menang Lawan Covid-19, Pandemi Berakhir!

        Biden ke Rakyat Amerika: Negara Kita Menang Lawan Covid-19, Pandemi Berakhir! Kredit Foto: Instagram/Joe Biden
        Warta Ekonomi, Washington -

        Amerika Serikat menyatakan bahwa pandemi Covid-19 telah berakhir, kata Presiden Joe Biden.

        Biden mengatakan bahwa AS masih menghadapi sejumlah masalah serius termasuk realita jumlah orang yang meninggal karena Covid-19, tetapi situasi terus membaik dengan cepat.

        Baca Juga: Menuju Endemi, Vaksinasi Booster Covid-19 Didorong Terus Digencarkan

        Statistik menunjukkan bahwa rata-rata lebih dari 400 orang Amerika meninggal akibat virus setiap hari.

        Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pekan lalu bahwa akhir pandemi sudah "di depan mata".

        Dalam sebuah wawancara dengan 60 Minutes di CBS, Biden mengatakan bahwa AS masih melakukan "banyak pekerjaan" untuk mengendalikan virus.

        Wawancara --ditayangkan selama akhir pekan-- sebagian difilmkan di lantai Detroit Auto Show, di mana presiden menunjuk ke arah orang banyak. 

        "Kalau diperhatikan, tidak ada yang memakai masker," katanya. "Semua orang tampaknya dalam kondisi yang cukup baik ... saya pikir itu berubah."

        Pada bulan Agustus, pejabat AS memperpanjang keadaan darurat kesehatan masyarakat Covid-19 yang sedang berlangsung, yang telah berlaku sejak Januari 2020, hingga 13 Oktober.

        Hingga saat ini, lebih dari satu juta orang Amerika telah meninggal karena pandemi.

        Data dari Universitas Johns Hopkins menunjukkan bahwa rata-rata tujuh hari kematian saat ini mencapai lebih dari 400, dengan lebih dari 3.000 kematian pada minggu lalu.

        Pada Januari 2021, sebagai perbandingan, lebih dari 23.000 orang dilaporkan meninggal akibat virus selama rentang satu minggu.

        Sekitar 65% dari total populasi AS dianggap telah divaksinasi lengkap.

        Pejabat kesehatan masyarakat telah menyatakan optimisme hati-hati dalam beberapa pekan terakhir bahwa dunia sedang menuju pemulihan pandemi tetapi terus mendesak orang untuk tetap berhati-hati.

        AS baru-baru ini mengesahkan vaksin baru yang cocok dengan versi varian Omicron yang saat ini dominan di negara itu, dengan pejabat kesehatan federal meminta orang Amerika untuk selalu memperbarui vaksin mereka.

        Pada 6 September, koordinator respons Covid-19 Gedung Putih Ashish Jha mengatakan itu menandai "perubahan penting" dalam perang melawan virus tetapi menggarisbawahi perlunya "bersiap untuk tikungan dan belokan yang tidak terduga".

        Pekan lalu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa dunia "tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi".

        "Kita belum sampai di sana," katanya. "Tetapi akhir sudah di depan mata."

        Covid-19 juga terus memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian AS, dengan Biro Riset Ekonomi Nasional melaporkan pekan lalu bahwa penyakit terkait Covid telah memangkas tenaga kerja AS sekitar 500.000 orang.

        Biden mengatakan dia percaya bahwa pandemi memiliki dampak "mendalam" pada jiwa orang Amerika.

        "Itu telah mengubah segalanya ... sikap orang tentang diri mereka sendiri, keluarga mereka, tentang negara bangsa, tentang keadaan komunitas mereka," katanya.

        "Ini adalah masa yang sangat sulit. Sangat sulit." Lebih dari 6,5 juta orang telah meninggal sejak awal pandemi di seluruh dunia. AS memiliki angka kematian tertinggi, diikuti oleh India dan Brasil.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: